Bisnis Artis Bangkrut

Banyak artis yang juga melakukan bisnis, seperti beberapa waktu yang lalu di mana bisnis kuliner sedang tren di kalangan artis. Sadar tidak, kalau sekarang bisnis kuliner artis ini sudah jarang terdengar gaungnya. Ada yang penasaran, apakah bisnis mereka masih jalan atau sudah tidak lagi?

Ternyata, meski sudah menggunakan nama mereka yang tenar dan melakukan promosi jor-joran, bisnis mereka tetap bangkrut. Sebut saja Semarang WifeCake milik Chealsea Olivia yang mengumumkan bahwa mereka menutup toko mereka sejak awal Januari 2019 lalu.

Masih ada beberapa bisnis kue artis yang juga sudah tidak beroperasi lagi. Mulai dari Princess Cake milik Syahrini, Roti Mama Nia milik Nia Ramadhani, sampai Kuenya Ayu milik Ayu Ting Ting.

Bahkan, pasangan artis kaya raya yang juga dikenal sebagai pebisnis, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, juga punya bisnis yang bangkrut. Ialah kuliner Bakmi RN atau Raja Nikmat yang sudah tidak lagi berjalan. Kalau melihat postingan terakhir di Instagramnya adalah pada April 2019 silam.

Ilustrasi menggunakan aplikasi kasir (sumber gambar)
Ilustrasi menggunakan aplikasi kasir (sumber gambar)

Kalau kamu punya bisnis serupa dengan para artis di atas, jangan khawatir. Untuk menghindari kebangkrutan, kamu bisa melakukan beberapa hal agar mempertahankan bisnismu di tengah suasana yang serba tidak pasti ini.

Kamu harus pintar dalam mengelola keuangan, mulai dari modal, pemasukan, pengeluaran, dan utang. Jangan sampai modal sudah terpakai semua, tapi kebutuhan masih belum terpenuhi. Utang menumpuk, tapi pemasukan tidak bisa menutupinya. Gunakan aplikasi kasir untuk bisnis kuliner, agar bisa mengakses laporan keuangan tanpa perlu membuat manual. Selain itu, bisa juga mendapatkan laporan keuntungan yang bisa dilihat hanya dengan aplikasi di HP.

Nah, lakukan hal tersebut agar bisnismu tetap berjalan lancar dan bisa makin maju. Semoga sukses!