Sudah bekerja dan gajian tapi kenapa kadang sering kepepet soal uang ya? Rasanya banyak orang yang mengalami hal tersebut dan berusaha menjawab. Tapi ujung-ujungnya uang gajian lenyap lagi lenyap lagi. Kira-kira kamu juga mengalami hal ini?

Sebenarnya jawaban dari masalah klise ini salah satunya adalah gara-gara kita kurang cakap mengelola gaji. Meskipun tidak terlalu besar, gaji yang diatur sedemikian rupa ternyata bisa membuat kita punya tabungan. Lalu seperti apa caranya? Simak ulasan menariknya berikut.

Tabung sejak awal gajian

Jika kamu mengalami masalah gajian sering lenyap, maka saatnya kamu langsung menyisihkannya saat pertama menerima. Jumlahnya bisa berkisar sampai 30 persen dari total gajian. Transfer antar bank lebih baik agar uang tabunganmu tidak terusik. Sarannya memang selalu bedakan mana rekening tabungan dan juga operasional.

Buat catatan keuangan

Catatan keuangan penting untuk mengetahui ke mana saja uang dibelanjakan. Semakin rapi dan detail makan makin bagus. Adanya catatan keuangan ini juga mempermudah kita untuk melempar uang ke pos-pos yang kita miliki, misalnya pulsa, bensin, tabungan, dan lain sebagainya.

Cukupi kebutuhan dengan 30 persen gaji

Para penasihat keuangan umumnya tidak menyarankan gaji untuk dipakai semuanya guna mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebaiknya maksimal 30 persen saja dari gaji. Pasalnya kita butuh beberapa persen lain untuk ditabung, jadi modal bisnis, dan lain sebagainya.

Dana darurat penting pula

Dana darurat ini sama halnya seperti menabung, hanya saja jumlahnya tidak terlalu besar. Misalnya jika gajimu empat jutaan, uang darurat bisa berkisar antara Rp200 ribu – Rp300 ribu. Uang ini penting sebagai tumbal ketika terjadi hal-hal yang mendadak. Misalnya tiba-tiba servis motor, tambal ban, dan lain sebagainya.

Penting untuk bisa mengatur gaji agar kita tak hanya mendapatkan lelah saja saat bekerja, tapi juga pundi-pundi untuk menyenangkan diri sendiri. Kalau kamu mengalami masalah gaji yang lewat begitu saja, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa hal di atas.