Entertainment

Pengen Punya Anak So Sweet nan Cerdas Seperti Kirana? Ini Rahasianya

Oleh -

Foto atau video baby adalah salah satu hiburan sederhana yang bisa membawa angin segar ditengah penatnya jadwal pekerjaan. Jadi nggak heran kalau akun baby yang lucu-lucu di instagram jadi banjir follower.

Salah satunya baby Kirana, balita yang belum genap berusia 3 tahun ini memang memiliki tingkah yang lucu dan gemesin banget. Berbeda dari anak seleb kebanyakan yang sejak lahir sudah tenar lantaran ketenaran sang orang tua, Kirana punya sisi berbeda yang nggak dimiliki oleh anak selebgram lainnya. Dia lebih jujur, cerdas dan sangat peka untuk ukuran anak-anak. Ternyata ini rahasia Ibok Retno mendidik Kirana menjadi anak gemesin nan peka.

1. Belajar berempati

Empati adalah sikap yang harusnya sudah ditanamkan sejak dini oleh orang tua pada anak. Dengan memiliki empati yang tinggi bisa membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang tidak egois.

Kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih” adalah kata-kata wajib dalam keluarga Kirana. Ketiga kata tersebut adalah kata-kata sederhana yang dapat membantu menumbuhkan empati pada anak. Lihat saja Kirana, ia tidak pernah marah atau berteriak saat meminta sesuatu, semua harus diawali dengan kata “tolong”, “maaf” dan diakhiri dengan ucapan “terima kasih”.

2. Tidak membiasakan Kirana bermain dengan gadget

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Gadget sudah jadi makanan sehari-hari bagi balita masa kini di Indonesia. Gadget juga membantu meringankan beban orang tua untuk mengasuh anak. Sayang, fasilitas gadget tidak berlaku bagi Ibu Retno untuk Kirana. Untuk membunuh waktu atau mengalihkan perhatian Kirana, Ibu Retno lebih memilih memberikan peralatan lain yang mampu melatih imajinasi Kirana, seperti rok dan ember dalam video ini.

3. Belajar mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Berbeda dengan orang tua kebanyakan yang selalu membandingkan anaknya dengan anak orang lain. Ibu Retno berusaha menerapkan pada Kirana bahwa ia harus mencintai dirinya sendiri dan percaya diri, mau rambutnya seperti jamur, hidungnya pesek atau pipinya chubby. “Gak papa, it’s OK. I like my self” adalah kata-kata andalan Kirana ketika ada orang lain yang menanyakan tentang penampilan dirinya.

4. Memberi pancingan pada Kirana agar dia mau belajar menjelaskan

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Biasanya ketika seorang anak menemui kesulitan, orang tua akan langsung mendeskripsikan pada sang anak bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Berbeda dengan Ibok Retno yang malah memberikan pancingan agar Kirana mau belajar untuk mencari penyelesaian masalah sendiri.

5. Kirana bisa mencoba banyak hal di rumah tanpa takut kotor atau terluka

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Biasanya orang tua akan heboh kalau tau anaknya akan melakukan hal-hal yang dapat membuat rumah berantakan. Ibok Retno malah memberikan kebebasan pada KIrana untuk mencoba banyak hal. Seperti belajar membuat adonan dengan mixer atau memecah telur.

6. Melatih Kirana menjadi anak yang sabar

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Dibandingkan melarang, Ibok Retno lebih suka mengajarkan Kirana belajar bersabar terhadap apa yang ia inginkan. Jika memang hal tersebut belum pantas untuk didapatkan Kirana, Ibok Retno akan meminta Kirana bersabar, nggak perlu nangis atau marah-marah. Seperti saat Kirana ingin menoba permen karet, Ibok menjelaskan bahwa Kirana belum boleh memakannya. Kirana cuma boleh lihat, nggak boleh dimakan.

7. Melatih mandiri sejak kecil

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Kemandirian harus dilatih sejak dini, inilah yang berusaha diterapkan Ibok Retno pada Kirana. Seperti dalam video diatas, Kirana ingin mencoba menyikat giginya sendiri. Ia menolak bantuan dari Ibunya. Bukannya berteriak ketakutan atau mencegah Kirana melakukannya sendiri, ia malah memberikan pertanyaan “Emang Kirana bisa sendiri? Bener nggak perlu dibantuin?”

Cara ini bisa membantu Kirana untuk berpikir tentang sejauh mana dirinya mampu. Kirana diajak untuk menganalisa apa yang bisa ia lakukan dan tidak sebelum meminta bantuan pada orang lain.

Parenting dan mendidik anak adalah tugas yang berat bagi seorang ibu, itulah kenapa Ibok Retno bisa menjadi salah satu inspirasi dalam mendidik anak bagi kita semua. Dan karena kecintaan banyak orang pada Kirana dan tingkah kirana yang menggemaskan. Kini sudah tersedia sticker LINE khusus Baby Kinana yang super cute, cek aja di line sticker store! Next

Apakah Kamu Setuju?

next page