Ria Ricis kembali menyita perhatian publik karena tetap melakukan syuting untuk video YouTube-nya di tengah wabah virus corona yang merebak. Di saat semua orang khawatir akan ikut tertular, Ricis dan team-nya melakukan syuting dengan mengumpulkan banyak orang. Kegiatannya ini membuat ia disemprot tetangganya. Bahkan, beberapa publik figure memberikan teguran kepada Ricis.

Netizen juga mengharapkan, Ricis seharusnya memberikan contoh yang baik dengan mengimbau social distancing, tidak pergi ke keramaian. Karena, dengan jumlah subscriber yang lebih dari 19 juta dan follower 18 juta, sudah barang tentu dirinya masuk dalam jajaran publik figure yang akan didengar dan dicontoh.

Diamuk oleh tetangga di sekitar kompleknya

Karena dianggap mengganggu ketentraman warga di tengah wabah corona yang sedang marak, Ria Ricis ditegur oleh tetangganya. Diketahui, perempuan 24 tahun itu membuat video di sekitaran komplek tempat ia tinggal. Melalui unggahan Twitter, tetangganya tersebut memposting sebuah status yang menandai Lambe Turah juga. “Tolong ya kalau ada yang kenal @Lambe_Turah ataupun @makLambeTurah ataupun kepolisian sekalian. Ini si RIA RICIS udah kelewatan. Berkali2 ditegur warga komplek utk jangan mengundang keramaian, masih juga dia shooting pake banyak crew tanpa ijin warga& sudah mengganggu kami!” tulisnya.

Pemilik akun @HennyMyranda ini mengatakan kalau Ricis membuat video tanpa izin. Bahkan, Ricis dan timnya juga masuk ke dalam kawasan rumah orang tanpa menutup kembali pagarnya. Duh, ini mah sudah kelewatan namanya, Mbak Ricis.

Bukan pertama kalinya mendapat teguran

Manager Ricis, Riri, menyampaikan bahwa mungkin teguran ini dalam rangka tetangga yang takut akan virus corona. “(Karena wabah corona) mungkin, aku juga enggak tahu gimana. Karena tahun lalu pun beliau seperti itu, enggak tahu ada masalah apa,” ujar Riri.

Ria Ricis syuting [sumber gambar]
Nah, ternyata, tahun sebelumnya, Ricis sudah pernah ditegur oleh tetangganya ini, namun tidak jelas apa masalah sebenarnya. Mengenai izin, Ricis mengatakan bahwa ia dan timnya sudah mendapatkan izin untuk syuting dari kepala kompleks di mana ia tinggal. Syaratnya, asalkan tidak mengganggu ketenteraman orang yang juga tinggal di sana.

Berjanji bahwa video tersebut adalah yang terakhir

Menanggapi tentang dirinya yang dianggap kelewatan tersebut, Ricis tampaknya tak ambil pusing. Ia dengan lantang mengatakan bahwa dirinya tidaklah egois, karena membuat video tersebut sudah menjadi kewajibannya.

“Berhubung hari ini lockdown di rumah ricis tidak terima tamu atau aktivitas lainnya. tapi harus selesaikan tanggung jawab. insyaallah ini hari terakhir. mohon doanya. sehat2 semuaaa,” tulis Ria Ricis dalam caption instagramnya. Di video yang ia unggah terakhir, video Ricis memperlihatkan ia sedang tinggal di rumah atau sedang lockdown.

Selain tetangga, Ricis juga diperingatkan oleh desainer Didiet Maulana. Dalam sebuah video, Digiet mengatakan bahwa dirinya tak peduli bahwa itu akan menjadi syuting terakhir, tapi dengan jumlah pengikut Ricis yang banyak, seharusnya ia lebih aware dan patuh terhadap kebijakan social distancing. Enggak setiap masalah itu harus dibuat konten ya, Mbak Ricis.