swab test

Pembawa acara, Melaney Ricardo, baru-baru ini membagikan kisahnya melalui vlog di Youtube-nya saat berjuang melawan penyakit Covid-19. Selama satu bulan lamanya, Melaney harus berada di rumah sakit untuk melakukan karantina demi kesembuhannya. Seperti apa sih gejala yang dirasakan Melaney sebelum dikonfirmasi terinfeksi Covid-19? Apa yang ia lakukan agar sembuh total? Simak ulasan berikut ini ya!

1. Gejala

Awalnya, Melaney tidak merasakan gejala-gejala yang biasa dialami oleh pasien penderita Covid-19, seperti demam atau batuk. Badan istri dari Tyson James Lynch ini menggigil dan ngilu di persendian sampai tulang. Makanya, ia mengira bahwa terlalu kelelahan sampai membatalkan pekerjaannya. Selain itu, ada rasa mual tapi tidak bisa memuntahkan isi dalam perut. Melaney pun mengira ia terkena sakit asam lambung.

swab test
Melaney Ricardo melakukan swab test [Sumber Gambar]
Melaney melakukan swab test untuk mengetahui apakah ia terkena Covid-19 atau tidak. Pada 3 Oktober jam 10 malam, Melaney mendapatkan e-mail hasil swab dan dinyatakan positif. Ia pun syok dan tidak menyangka akan terkena Covid-19. Keluarga dan orang yang berkontak langsung dengannya pun juga melakukan swab yang untungnya negatif.

2. Minta Dirawat di Rumah Sakit

Setelah mengetahui bahwa dirinya terkena Covid-19, Melaney menelepon sejumlah rumah sakit untuk karantina. Sayangnya, rumah sakit yang ia hubungi semuanya penuh dan menyarankan untuk karantina mandiri. Gejala yang dirasakan Melaney semakin parah, seperti kehilangan indra penciuman dan rasa.

swab test
Melaney Ricardo dalam vlog [Sumber Gambar]
Ia pun kembali menelepon rumah sakit dan memberitahukan bahwa ia terkena Covid-19. Ia pun datang ke rumah sakit untuk scan thorax kemudian diminta untuk karantina di rumah sakit. Tidak ada energi yang dirasakan Melaney, HB pun sangat rendah sehingga ia terkena Anemia. Badan Melaney juga semakin hangat dan ia merasakan gerah di sekujur tubuhnya.

3. Upaya Sembuh

Selama di rumah sakit, ia berusaha tetap semangat meskipun hanya sendirian di sebuah ruangan tertutup. Melaney merasa dirinya tidak boleh stres dan tidak boleh drop. Selain menjaga semangatnya, upaya Melaney untuk sembuh adalah meminta bantuan Tuhan dengan berdoa.

Melaney Ricardo tetap berusaha semangat [Sumber Gambar]
Melaney Ricardo tetap berusaha semangat [Sumber Gambar]
Meski kehilangan indra perasa, Melaney tetap makan sedikit demi sedikit. Ia tetap mematuhi kata dokter agar bisa segera sembuh dari Covid-19.

4. Obat yang Dikonsumsi

Dalam vlog-nya, Melaney juga memperlihatkan beberapa tabung obat yang berderet. Mulai dari vitamin, obat tablet, bubuk, sampai cair. Dalam sehari, ia harus mengonsumsi obat-obat tersebut selama 2 kali. Karena mengalami Anemia, Melaney juga harus diinfus obat penambah darah. Tangan Melaney sempat bengkak karena lepas pasang infus, tapi dengan sabar ia tetap menjalani hari-harinya.

swab test
Obat yang dikonsumsi Melaney Ricardo [Sumber Gambar]
Beberapa penderita Covid-19 mengalami pembekuan darah karena d’dimer yang tinggi. Jadi, demi menghindari penyumbatan darah ke jantung dan organ lain, Melaney juga harus disuntik obat pengencer darah.

Setelah satu bulan dirawat di rumah sakit, akhirnya Melaney sembuh dari Covid-19. Ia tetap menjaga kesehatan seperti menyempatkan berjemur selama 10 menit. Selain itu, pastinya Melaney juga mematuhi protokol kesehatan agar tidak terkena Covid-19 lagi.