January 5, 2024

Big Bang [image source]

Tak bisa disangkal jika Indonesia nyatanya menjadi salah satu negara potensial untuk pasar musik dunia. Tak heran jika berbagai musisi pun berbondong-bondong ingin menggelar konser di Indonesia karena dinilai menguntungkan. Mulai dari penyanyi solo hingga kelompok boyband sekalipun makin sering menggelar konser di tanah air. Sayangnya tak semua musisi dunia yang konser di Indonesia ini mendapat sambutan hangat lho!

Beberapa diantaranya mendapat penolakan bahkan sampai terpaksa harus membatalkan konser! Sejauh ini ada sederet musisi dunia yang nyatanya pernah memunculkan kehebohan dan membuat nama Indonesia terangkat ke media Internasional karena hal tersebut. Siapa sajakah mereka? Intip daftar berikut ini ya!

1. Lady Gaga

Musisi nyentrik Lady Gaga jadi salah satu penyanyi yang mendapat penolakan saat akan menggelar konser di Indonesia. Konser Lady Gaga yang rencananya akan digelar pada 3 Juni 2012 itu, menuai kecaman dari Front Pembela Islam (FPI) yang akhirnya diambil keputusan jika mother monster membatalkan konsernya kali ini.

Lady Gaga [image source]
Lady Gaga [image source]
Penolakan ini didasari atas image dan karya Lady Gaga yang dinilai jauh dari norma kesopanan. Terlebih dengan berbagai karyanya yang cukup vulgar. Oleh karena protes keras pihak FPI dan tidak adanya sepakat damai dari pihak kontra dan promotor, maka pihak Lady Gaga sendiri pun memutuskan untuk pembatalan konser tersebut. “Kami harus membatalkan konser di Indonesia. Saya sangat, sangat menyesal. Untuk para penggemar, saya juga sama hancurnya dengan kalian. Kalian adalah segalanya bagi saya,” tulis Gaga dalam akun @ladygaga.

2. Big Bang

Nama Boyband asal Korea Selatan ini memang jadi salah satu penyanyi yang paling ditunggu kehadirannya di tahun 2015. Setelah 3 tahun tak pernah mampir ke Indonesia, tahun ini Big Bang berhasil membuat penggemar heboh dengan aksi energik G-Dragon Cs. Sayangnya dibalik euforia itu, terselip perdebatan dari para fans yang kecewa dengan promotor konser ‘MADE’ tersebut. Para VIP (sebutan penggemar Big Bang) begitu kesal dengan ketidakprofesionalan dari pihak promotor yang mendatangkan boygrup populer tersebut. VIP bahkan sempat melayangkan surat terbuka pada YG Entertainment sebagai bentuk kekecewaan mereka.

Big Bang [image source]
Big Bang [image source]
Surat yang berisi 13 keluhan itu disampaikan oleh seorang VIP bernama Lily Quinn. Dalam suratnya disebutkan keluhan mengenai seat plan yang tak sesuai harapan, manajemen antrian, panggung kecil, hingga teknis panggung yang buruk. Surat tersebut berhasil mendapat lebih dari 2 ribu re-tweet dari pengguna Twitter, bahkan sampai mendapat perhatian dari media Korea lho!

3. One Direction

Boyband jebolan ajang pencarian bakat ‘The X Factor’ Inggris ini menjadi musisi yang juga pernah membuat heboh lho! Selain karena kehebohan para dictioners yang bakal bertemu Niall Horan Cs, tapi juga karena aksi penolakan yang dibuat di akun Twitter. Dengan taggar #OneDirectionjanc**, netizen menolak lokasi konser yang terletak di Stadion Gelora Bung Karno.

One Direction [image source]
One Direction [image source]
Pasalnya konser 1D yang bertajuk ‘On The Road Again Tour 2015’ tersebut berlangsung 2 hari menjelang pertandingan sepak bola Indonesia dalam kualifikasi Piala Asia U-23 grup H. Kecemasan rusaknya rumput akibat konser besar itu membuat beberapa netter menuliskan penolakannya di Twitter. “Jadi kalian lebih bangga liat boyband joget joget ga jelas drpd anak anak bangsa yg mengharumkan nama bangsa LOL #OneDirectionjanc**,” tulis salah satu netizen. Untungnya konser yang diadakan pada 25 Maret 2015 itu berlangsung dengan tertib dan tidak ada kerusakan yang menghalangi pertandingan Internasional tersebut.

4. PSY

Pelantun tembang hit ‘Gangnam Style’ juga sempat dikabarkan akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2013 lalu lho! Bukan hoax, berita tersebut langsung di umumkan oleh pihak sponsor. Bahkan poster untuk acara yang rencananya digelar tanggal 6 Juli 2013 itu sudah beredar di media!

Psy [image source]
Psy [image source]
Sayangnya beberapa minggu sebelum acara pihak promotor membatalkan acara tersebut. Acara ini dibatalkan lantaran adanya kebakaran hutan di Sumatera serta waktu konser yang bertepatan dengan hari libur Ramadhan. Mempertimbangkan waktu yang tidak tepat ini membuat promotor pun harus membatalkan acara itu. Padahal konser tersebut merupakan rangkaian perayaan 40 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia tahun 2013.

Itu tadi 4 musisi dunia yang sempat bikin heboh di Indonesia. Bagaimana menurutmu?..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *