Musik Seleb Indonesia

Mengenang Mike Mohede, Penyanyi Bersuara Emas yang Kini Telah Berpulang

Oleh -

Dunia hiburan Indonesia kembali berduka. Tepat pada tanggal 31 Juli 2016 kemarin, penyanyi muda dan sangat berbakat Mike Mohede dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Kabar tersebut membuat banyak orang terkejut. Bagaimana tidak, tepat satu hari sebelum meninggal, Mike masih terlihat sehat.

Banyak penggemar dari pemilik suara merdu ini masih tak percaya jika Mike telah berpulang. Untuk mengenang Mike, kali ini Selebupdate merangkum perjalanan karier penyanyi bersuara emas ini. Berikut rangkumannya.

1. Berbakat Sejak Usia Dini

Pemilik nama Michael Prabawa Mohede ini merupakan pria kelahiran Jakarta. Ia besar dalam keluarga nasrani yang sangat taat. Tanpa disadari, Mike memiliki bakat bernyanyi sejak kecil. Bakat tersebut pertama kali ditemukan oleh ayahnya. Tak hanya menjangkau suara tinggi, Mike juga bisa bernyanyi dengan suara rendah. Modal brilian tersebut membuat ayah Mike terus mendukung putranya untuk bernyanyi.

Berbakat Sejak Usia Dini
Berbakat Sejak Usia Dini

Hingga pada akhirnya, ajang Indonesian Idol 2 membuka kesempatan bagi pria ini untuk memulai debut di dunia hiburan. Dengan suara yang sedari kecil sudah diasah membuat Mike mendapatkan pujian dari banyak orang. Bahkan juri-juri seperti Titi Dj hingga Indra Lesmana kagum dengan suara emas dari Mike.

2. Rival Berat Judika yang Berhasil Bawa Nama Indonesia di Kancah Asia Tenggara

Perjalanan Mike dalam ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2 bukanlah hal muda. Ia memiliki banyak rival berat meski suaranya tak terkalahkan oleh siapapun. Salah satu rivalnya yang kerap menyalip kesuksesan dari Mike adalah Judika. Tak disangka perjuangan kerasnya pun dalam ajang tersebut terbayar lunas. Ia menjadi pemenang pertama setelah melaju ke babak final bersama Judika.

Rival Berat Judika yang Berhasil Bawa Nama Indonesia di Kancah Asia Tenggara
Rival Berat Judika yang Berhasil Bawa Nama Indonesia di Kancah Asia Tenggara

Kesuksesan Mike tak hanya sampai di situ. Tahun 2007 lalu, ia kembali adu bakat dengan pemenang Indonesian Idol dari semua musim. Kemenangan tersebut membawanya mewakili Indonesia dalam ajang bertaraf Internasional, Asian Idol. Sayang dalam ajang tersebut ia harus merelakan gelar Asian Idol pertama jatuh pada Hady Mirza, finalis lain yang berasal dari Singapura.

3. Pemilik Suara Malaikat yang Kerap Berkolaborasi dengan Musisi Internasional

Dari tahun ke tahun, kepopuleran Mike tak dapat dibayangkan. Ia menjadi salah satu penyanyi muda yang berani unjuk taring di belantika musik Indonesia. Single-singlenya yang keluar pasca menjadi pemenang Indonesian Idol tak pernah gagal meledak. Tak hanya itu, ia pun juga memiliki banyak sekali penggemar dari berbagai kalangan. Tentu karena suaranya yang merdu bak suara malaikat.

Pemilik Suara Malaikat yang Kerap Berkolaborasi dengan Musisi Internasional
Pemilik Suara Malaikat yang Kerap Berkolaborasi dengan Musisi Internasional

Kepopuleran Mike makin menjadi pasca ia berkali-kali tampil ciamik dengan para musisi ternama di Indonesia. Tak hanya itu ia juga kerap mendapatkan pengalaman untuk berkolaborasi dengan musisi-musisi jazz internasional seperti Dave Koz dan Vinnie Valentino. Tentu kebanggaan sendiri bagi seorang Mike bisa bernyanyi bersama dengan orang ternama seperti Dave. Keren kan?

4. Pria Penuh Bakat Hingga Dikagumi Para Seniornya

Bukan hanya penggemarnya saja yang kagum dengan pria kelahiran November 1983 ini. Namun, para seniornya dalam dunia musik juga kagum akan bakat dari Mike. Hal tersebut terbukti dengan keterlibatannya dalam pembuatan album kolaborasi dengan musisi papan atas Indonesia seperti, Indra Lesmana, Ahmad Dhani, Bebi Romeo hingga Pongki Barata.

Pria Berbakat Hingga Dikagumi Para Seniornya
Pria Berbakat Hingga Dikagumi Para Seniornya

Tak hanya itu, Mike juga masuk dalam penyanyi muda yang beberapa kali mendapatkan kepercayaan untuk mengisi acara formal seperti konferensi APEC di Bali. Pengalaman tersebut tidak didapatkan oleh Mike dengan mudah. Ia beberapa kali mengalami jatuh bangun hingga akhirnya bisa menjadi penyanyi muda berbakat dan dapat menelurkan 3 album di perjalanan kariernya.

5. Tutup Usia Sebelum Memiliki Pendamping Hidup

Terkenal dan memiliki bakat yang sempurna, ternyata tak banyak yang tahu tentang kehidupan pribadi pria ini. Sejak awal kemunculannya, Mike lebih banyak menutup kehidupan pribadinya termasuk kisah asmaranya. Bahkan hingga umur 32 tahun, Mike tak pernah sekalipun mengenalkan kekasih hatinya kepada khalayak ramai.

Tutup Usia Sebelum Memiliki Pendamping Hidup
Tutup Usia Sebelum Memiliki Pendamping Hidup

Malangnya, hingga tutup usia, Mike dalam keadaan lajang. Tak diketahui Mike sudah memiliki kekasih atau belum. Namun menurut penuturan sahabatnya (Judika), ada beberapa sosok wanita yang datang dalam pemakaman Mike. Sosok wanita tersebut merupakan mantan kekasih Mike yang sempat akan dinikahi.

Well, itulah perjalanan karier dari seorang Mike di dunia hiburan. Selamat jalan Mike, semoga tenang di sisi-Nya. Karya-karyamu akan selalu dikenang. Next

Apakah Kamu Setuju?