LifeStyle tips trik

Begini Caranya Atasi Ngantuk Berat saat Berpuasa Tanpa Perlu Tidur Siang

Oleh -

Di bulan puasa kita sering merasa lebih mudah terserang kantuk dibanding hari-hari biasa. Hal ini dikarenakan jam tidur kita berkurang akibat harus bangun lebih awal untuk sahur. Kebanyakan orang yang menjalankan puasa durasi istirahatnya berkurang rata-rata 40 menit setiap harinya.

Di samping itu, saat berpuasa kita tidak mengkonsumsi apapun selama 14 jam penuh. Inilah yang menyebabkan tubuh lemas dan mudah mengantuk. Jika biasanya kita dapat menghalau rasa kantuk dengan minum kopi atau makan snack, maka ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi kantuk tanpa makan dan tidur siang.

1. Istirahat yang cukup di malam hari

Salah satu penyebab mudah merasa ngantuk di siang hari adalah karena kurangnya waktu tidur di malam hari. Untuk itu perbaiki jam tidurmu, pastikan istirahatmu berkualitas dengan memilik posisi tidur senyaman mungkin, dan hindari begadang jika tidak terlalu mendesak.

2. Mengkonsumsi makanan yang tepat dan cukup saat sahur

Faktor lainnya yang dapat membuatmu merasa mudah mengantuk saat sedang berpuasa adalah karena mengkonsumsi makanan yang tidak tepat atau terlalu banyak saat sahur. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama seharian penuh, konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin seperti sayur dan buah. Selain itu, minum air putih minimal 8 gelas per hari dapat menghindarkanmu dari kekurangan cairan, sehingga tubuh nggak mudah lemas dan ngantuk. Selalu ingat untuk mengkonsumsi makanan secukupnya. Makan makanan yang berlebihan dapat membuatmu mudah mengantuk setelah sahur dan menimbun lemak dalam tubuh.

3. Lakukan jalan-jalan kecil di sekitar ruangan

Melakukan pekerjaan secara terus menerus dapat membuat mata lelah dan merasa bosan. Karena itu carilah udara segar dengan melakukan jalan-jalan kecil di sekitar ruangan atau pergi keluar sebentar dan cuci mata melihat pemandangan di sekitar. Berdasarkan sebuah surveo yang dilakukan di Amerika Serikat, melakukan kegiatan tersebut selama 10 menit dapat meningkatkan energi dan membuat badan terasa lebih segar sampai 2 jam ke depan.

4. Ajak bicara orang yang ada di sekitarmu

Jika kamu sedang berada di kantor, di kampus, atau di suatu tempat dengan teman-teman, coba ajak mereka ngobrol sebentar agar rasa kantukmu segera hilang. Hal ini dikarenakan mengobrol dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, apalagi kalau topiknya menarik untuk dibahas. Tapi, jangan lupa pastikan kalau orang yang akan kamu ajak bicara itu tidak sedang sibuk dengan pekerjaannya.

5. Cuci muka atau berwudhu

Saat rasa ngantuk mulai menyerang, bergegaslah ke kamar mandi untuk cuci muka atau berwudhu dengan menggunakan air dingin. Sebab, air dingin dapat membuatmu merasa lebih segar dan rileks sehingga kantuk pun hilang.

6. Mendengarkan lagu kesukaan yang bernada gembira

Kalau kamu adalah seorang pekerja kantoran atau mahasiswa yang harus tetap berada di tempat duduk selama mengerjakan tugas, mendengarkan lagu favorit bisa membantumu mengusir rasa kantuk. Tapi, jangan pilih yang mellow, melainkan yang bernada gembira agar sekaligus dapat meningkatkan semangat.

7. Main game yang tersedia di dalam gadget

Mendengarkan lagu favorit masih belum bisa mengusir rasa kantukmu? Kalau begitu coba ambil handphone atau laptop, dan mainkan game yang tersedia di sana. Dengan bermain game, kamu dapat meningkatkan konsentrasi sehingga rasa kantuk pun mudah hilang. Eits tapi ingat, main gamenya jangan kebablasan.

Inilah 7 tips untuk mengatasi ngantuk saat berpuasa tanpa makan dan minum serta tidur siang. Cara-cara di atas sangat cocok untuk kamu yang setiap hari bekerja, sekolah, kuliah, dan melakukan lebih banyak kegiatan di luar rumah. Semoga bisa membantu, ya! Next

Apakah Kamu Setuju?