inspirasi LifeStyle

Hati-Hati, Sering Marah-Marah Bisa Bikin Kamu Cepat Mati, Loh

Oleh -

Lifestyle – Ketika usia sudah melewati 50 tahun, kesehatan memang layak untuk mendapat perhatian lebih dari sebelumya. Pasalnya, di usia ini, segala penyakit rawan menyerang. Kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Jenny Eclair, seorang novelis, dan juga komedian yang doyan marah-marah ini tidak sepenuhya terkejut saat diberitahu bahwa tekanan darahnya sangat tinggi. Setiap kali pergi ke dokter, Jenny selalu merasa takut dan serasa akan pingsan. Jenny sudah merasa parno lebih bahwa banyak penyakit dalam tubuhnya.

1. Masa Muda Dengan Anorexia

Jenny Eclair Saat Muda
Jenny Eclair Saat Muda (via Image Source)

Jenny sadar bahwa selama ini ia menjalani hidupnya jauh dari kata sehat. Saat usianya memasuki awal 20 tahunan, Jenny bahkan sempat mengalami anoreksia, yaitu gangguan makanan yang ditandai dengan penolakan makanan yang masuk tubuh untuk mempertahankan berat badan tertentu. Di usianya kini yang menginjak 65 tahun, terhitung sudah 10 tahun ia berhenti merokok. Dan ia berharap masih akan tetap menjauhi rokok selama 10 tahun kedepan lagi.

2. Ahli Dalam Yoga

Jenny, mengajak wanita muda agar bergaya hidup sehat
Jenny, mengajak wanita muda agar bergaya hidup sehat (via Daily Mail)

Pada saat usianya menginjak 30 tahun, Jenny juga mengaku sempat rutin melakukan yoga. Diakuinya ia cukup mahir dan konsisten dengan yoganya saat itu. Ia harus menjerit kesakitan saat mencoba pose-pose dalam yoga, bersaing dengan wanita-wanita belasan tahun lain yang tentu saja mempunyai tulang yang masih lebih lunak dibanding dengan dirinya. Jenny pun tak ingat mengapa ia memutuskan untuk berhenti melakukan olahraga yang satu itu.

3. Tidak Bisa Berhenti Ngemil

Jenny Eclair
Jenny Eclair (via Daily Mail)

Di usianya yang sudah lebih dari setengah abad, Jenny mengakui bahwa ia tidak akan bisa menghentikan kebiasaannya bersantai dengan segelas anggur dan cemilan-cemilannya sepulang ia kerja. “Saya dianjurkan untuk mengurangi makanan asin. Namun, tangan saya dikenal ramah terhadap makanan jahat. Saya sangat menyukai popcorn asin, saya tidak akan berhenti makan hingga habis, kecuali tangan saya dipotong”, ungkap Jenny.

4. Punya Keturunan Penyakit Jantung

jennyeclair
Jenny Eclair (via Image Source)

Salah satu usaha yang dilakukan Jenny untuk mencegah tekanan darahnya memburuk, ia belajar berbagai relaksasi. “Saya melakukan banyak hal ekstrakurikuler yang tidak membuat otak saya bekerja keras. Seperti meditasi, melukis, membaca, atau hanya duduk di sofa dan menikmati beberapa hobi. Hal ini baik untuk tekanan darah saya.” jelas Jenny. Jenny sadar, di usianya yang tidak muda lagi, adalah masa di mana banyak penyakit akan bermunculan. Jika tidak tekanan darahnya yang tinggi, maka akan ada penyakit lain yang menyerangnya.

Well, sudah lihat kan banyaknya penyakit yang menunggu di usia senja? Bergaya hidup sehat, ada baiknya diterapkan sejak dini, sehingga terhindar dari segala penyakit masa tua, dan bisa berumur panjang untuk menikmati hasil kerja. Setuju, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page