June 19, 2024

Hanya berselang satu hari saja, kabar duka kembali datang dari dunia film Indonesia. Setelah aktor legendaris Amaroso Katamsi berpulang di hari Selasa (17/4), Indonesia kembali kehilangan salah satu anak bangsa terbaiknya yakni aktor senior Deddy Sutomo.

Dilansir dari Tribun News, Deddy dikabarkan meninggal dunia karena terserang penyakit jantung di kediamannya, Puri Flamboyan kawasan Rempoa, Tangerang Selatan hari Rabu (18/4) pukul 07.00 WIB. Aktor yang sudah membintangi 44 judul film ini menghembuskan nafas terakhir di usianya yang ke-78 tahun.

Putra ketiga Deddy, Rendy Surindrapati menjelaskan kepada Liputan6 bahwa ayahnya meninggal dunia saat menonton berita di TV yang memang menjadi hobinya. Kala itu Rendy sudah melihat ada yang tak biasa pada ayah tercintanya, “Saya yang pertama tahu kalau dia sudah enggak ada. Mungkin beliau lelah, kita enggak tahu. Ayah masih sibuk main film dan beberapa hari lalu selesai syuting. Film terakhirnya SULTAN AGUNG.”

Sebagai anak, Rendy menilai kalau mendiang Deddy adalah sosok ayah yang sangat menginspirasi dan membanggakan. Dirinya pun mengingat ada firasat aneh sebelum ayahnya berpulang. “Kalau firasat dari Bapak, dia kayak tahu akan meninggal. Beliau minta cukur dulu, mungkin pengen bersih-bersih. Bapak saya itu sakit enggak bilang-bilang, enggak dirasain. Dia berjiwa muda dan meski jantungnya lemah, saya tahu kalau bapak itu pejuang.”

Deddy dimakamkan satu liang dengan mendiang istrinya, Rini Sutomo di TPU Tanah Kusir pada hari Rabu (18/4) sekitar pukul 13.00 WIB. Kabar kematian Deddy yang mendadak ini langsung membuat banyak sineas Tanah Air berduka. Beberapa artis yang hadir di pemakamannya seperti Wulan Guritno, Ray Sahetapy, Reza Rahadian, Joko Anwar, Prisia Nasution dan Bunga Citra Lestari, seperti dilansir KapanLagi.com.

Sebagai seorang artis, Deddy adalah aktor lintas generasi yang populer sejak tahun 1970-an dan tidak kehilangan pamornya hingga era 2010-an. Setidaknya ada tujuh film yang dibintangi Deddy dalam satu dekade terakhir.

Beberapa di antaranya adalah DOA YANG MENGANCAM (2008), TANDA TANYA (2011), 2014 (2013), THE RAID 2: BERANDAL (2014), AYAT-AYAT ADINDA (2015), MENCARI HILAL (2015), I AM HOPE (2016). Bahkan lewat perannya sebagai Mahmud di MENCARI HILAL, Deddy diganjar penghargaan tertinggi bagi artis film Indonesia yakni Piala Citra sebagai Aktor Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015 Ahmad Sahroni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *