inspirasi Seleb Indonesia

Hebat! Tuna Rungu Tak Membuat Anak Ganteng Dewi Yull Ini Berhenti Berkarya

Oleh -

Berita Selebritis – Keluarga adalah rumah yang paling rumah. Karena keluarga lah yang paling bisa menerima apa adanya kita. Keluarga lah yang akan mencintai segala kekurangan dan kelebihan kita. Dan satu lagi nih, keluarga tidak akan berkhianat.

Panji Surya Putra Sahetapy adalah putra dari mantan pasangan Dewi Yull Dan Ray Sahetapy. Dilahirkan dalam keadaan tuli, tak membuat Surya kehilangan semangat hidup. Surya merupakan pemuda yang semangat hidup dan juangnya wajib dicontoh. Yuk, kenalan lebih mendalam dengan sosok Surya ini.

1. Disayang Keluarga Apa Adanya

Surya Sahetapy Sangat Disayang Keluarga
Surya Sahetapy Sangat Disayang Keluarga (via Instagram)

Surya divonis tuli berat saat masih berusia dua tahun. Derajat ketulian telinga kanannya 105 decibel dan telinga kirinya 115 decibel. Sementara derajat pendengaran normal adalah 0-20 decibel. Hal ini bukanlah hal yang baru dalam keluarga Dewi Yull dan Ray Sahetapy, karena kakak Surya, Gisca juga penderita tuli. Hal ini merupakan gen menurun dalam silsilah keluarga Dewi Yull.

2. Sudah Jadi ABG Ganteng

Surya Sahetapy
Surya Sahetapy (via Instagram)

Diakui Dewi Yull, Surya adalah anak yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Dewi Yull menyatakan bahwa dirinya tidak menemukan kendala yang berarti saat membesarkan Surya. Hal ini dikarenakan, ia sudah berpengalaman membesarkan Gisca, putri pertamanya yang juga tuli. Saat ini Surya berkuliah di Universitas Siswa Bangsa Internasional (SBI) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

3. Memperjuangkan Kesetaraan

Surya Sahetapy Tak Menganggap Dirinya Kurang
Surya Sahetapy Tak Menganggap Dirinya Kurang (via Instagram)

Sejak SMA, Surya sudah aktif menjadi aktivis yang memperjuangkan hak-hak kaum tuli. Salah satu tujuannya berjuang adalah agar Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) diakui pemerintah sebagai bahasa resmi tuna rungu Indonesia. Tak hanya itu, Surya juga aktif menjadi pengajar Bisindo di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

4. Terjun Ke Dunia Akting

Surya Bermain Film Bersama Laudya Chintya Bella Dan Ge Pamungkas
Surya Bermain Film Bersama Laudya Chintya Bella Dan Ge Pamungkas (via Instagram)

Tuli tak membuatnya menyerah pada keadaan. Karena kepercayaandirinya, akhirnya Surya mendapatkan peran dalam film Aisyah, yang dibintangi oleh Laudya Chintya Bella. Dalam film ini, Surya berperan sebagai adiknya Bella. Namun, Surya berperan menjadi manusia normal yang bisa mendengar. “Ya aku melakukan adegan yang selalu mendengar. Padahal aku tuli. Tapi itu jadi baik, karena orang yang tuli saja berupaya untuk mendengar. Sementara, saat ini banyak orang-orang yang bisa mendengar namun pura-pura tuli saat mendapat nasihat.” ungkapnya.

5. Tak Rendah Diri dan Peduli Sesama

Surya Sahetapy Diundang Berbagai Seminar
Surya Sahetapy Diundang Berbagai Seminar (via Instagram)

“Ketidaktahuan itu sangat berbahaya. Teman-teman penyandang disabilitas banyak yang belum menyadari hak-hak hidup mereka.” ujar Surya. Kesulitan Surya dalam mengenyam pendidikan sekolahnya membuatnya aktif memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan penderita tuli lainnya di seluruh Indonesia. Surya percaya, bahwa penyandang tuli pun bisa dan berhak sukses seperti manusia normal lainnya. Wah, keren!

Surya Sahetapy merupakan contoh pemuda Indonesia yang sempurna. Surya mengajarkan bahwa mencintai diri sendiri adalah modal awal untuk sukses dan dicintai banyak orang. Wah, kita yang sempurna dan sehat ini sudah berbuat apa untuk orang banyak? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page