Seleb Indonesia

Deretan Majalah Legendaris di Indonesia, Kamu Jadi Salah Satu Penggemarnya?

Oleh -

Membaca memang harus dibudayakan sejak kecil. Karenanya, dari kecil, kita sudah diajarkan bagaimana caranya membaca dan menulis. Ilmu, merupakan harta yang tidak akan pernah habis. Dan belajar, adalah hal yang tidak pernah akan ada kata ‘cukup’. Dengan membaca, diharapkan kita mendapat ilmu, meski sesedikit apapun itu.

Majalah merupakan media publikasi yang diterbitkan secara berkala. Selain berita, majalah biasanya memuat gambar dan tulisan informatif yang berguna bagi pembacanya. Meski sekarang ini sudah banyak media publikasi online, tetapi majalah tetap eksis dan masih ramai penggemar. Apa saja sih majalah legendaris yang laris manis di Indonesia?

1. Si Gajah Bona Dan Nirmala

Majalah Bobo
Majalah Bobo (via Image Source)

Majalah Bobo adalah majalah anak-anak versi Indonesia dari majalah serupa di Belanda. Ikon dari majalah yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1973 ini adalah seekor kelinci berwarna biru. Salah satu cerita komik yang selalu menarik pembaca majalah Bobo adalah cerita tentang Gajah yang bernama Bona dengan Nirmala. Majalah Bobo membantu anak-anak untuk belajar membaca. Dalam majalah ini juga disediakan artikel pelajaran sekolah dari kelas 1 hingga kelas 6.

2. Pencetak Artis

Majalah Gadis
Majalah Gadis (via Image Source)

Majalah Gadis merupakan majalah yang dibuat khusus untuk gadis yang beranjak dewasa. Majalah ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1973. Dan sejak tahun 1987, Gadis mengadakan pemilihan Gadis Sampul. Dari ajang ini lah, banyak tercetak artis-artis tanah air kita. Sebut saja Dian Sastrowardoyo, juga Astrid Tiar. Hingga kini, majalah gadis termasuk majalah yang sangat laku di pasar Indonesia.

3. Berlomba Jadi Covernya

Majalah Aneka Yess
Majalah Aneka Yess (via Iamge Source)

Selain Gadis, ada juga majalah yang dibuat khusus untuk remaja, yaitu Aneka Yess! Sama seperti majalah Gadis, majalah Aneka Yess! pun juga mencetak idola-idola baru, seperti Titi Kamal, dan Luna Maya. Majalah ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1990, namun sayangnya majalah ini kini sudah tidak diproduksi lagi. Majalah Aneka Yess! menerbitkan majalah terakhirnya di tahun 2014 lalu. Aduh, sayang sekali, ya.

4. Majalah Gaul Remaja

Majalah Hai
Majalah Hai (via Image Source)

Jika remaja cewek-cewek bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan lewat majalah, maka untuk remaja cowok juga nggak perlu bersedih. Karena ada majalah Hai, yang memang dibuat khusus untuk remaja cowok. Dalam majalah yang pertama kali terbit di tahun 1977 terdapat empat kategori utama, yaitu Entertainment, Art, School Life, dan Entrepreneur. Wah, majalah ini kaya informasi, loh!

5. Yang Paling Mengerti Wanita

Majalah Femina
Majalah Femina (via Image Source)

Untuk perempuan-perempuan yang mulai beranjak dewasa pun tidak perlu takut untuk kekurangan media baca yang sangat informatif. Salah satunya adalah majalah Femina. Majalah yang pertama diterbitkan di tahun 1970 ini dibuat untuk wanita yang mulai belajar dunia setelah sekolah menengah atas. Di antaranya adalah tentang relationship, dunia kerja, juga lifestyle. Wah, lengkap juga, ya.

Meski di jaman ini sudah banyak majalah yang juga menerbitkan versi online, tapi seni dari membaca majalah dalam bentuk fisik masih tidak ada yang mengalahkan. Setuju, kan? Jadi, majalah apa nih yang jadi langganan kamu? Next

Apakah Kamu Setuju?

[infinitsingle]