Seleb Indonesia

Turunan Pahlawan, 4 Artis Berikut Ini Juga Dipuji Seperti Leluhur Mereka

Oleh -

Ada yang istimewa dengan hari ini, 10 November 2015. Ya, setiap tanggal 10 November, kita memperingati Hari Pahlawan Nasional. Tentu penentapan hari ini sebagai Hari Pahlawan tak lain adalah agar jasa-jasa para pahlawan tidak dilupakan begitu saja.

Siapa yang tak bangga dengan para pahlawan Indonesia mulai dari zaman sebelum kemerdekaan, hingga setelah kemerdekaan Indonesia? Apalagi jika dalam tubuhnya mengalir darah tokoh-tokoh pahlawan yang berjasa pada negeri ini. Seperti beberapa artis berikut ini.

1. Maia Estianty

Pujian membanjiri Maia Estyanti setelah publik mengetahui jika mantan istri Ahmad Dhani tersebut adalah keturunan pahlawan pergerakan nasional, H.O.S Cokroaminoto. Sebelumnya tak banyak yang mengetahui hal tersebut.

Maia Estianty
Maia Estianty [via instagram]
Cokroaminoto terkenal sebagai salah satu guru bangsa yang mendidik para tokoh-tokoh nasional yang dikemudian hari menjadi para pejuang sama seperti dirinya. Hal itu dicontoh oleh Maia Estianty dalam mendidik putra-putranya. “Saya tahu menjadi keturunan H.O.S Cokroaminoto dari bapak. Saat SD saya diberitahu. Pasti bangga punya eyang pejuang,” ujar Maia.

2. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo sukses membuat para penggemarnya terkagum-kagum. Semakin hari kharisma dan wibawanya makin membuat orang lain kesemsem. Tak heran jika mengingat pemeran Cinta dalam film “Ada Apa Dengan Cinta?” tersebut adalah cucu dari Prof. Sunario Sastrowardoyo (1902-1997).

Dian Sastro
Dian Sastro[via instagram]
Prof. Sunario adalah salah satu pahlawan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. bahkan setelah Indonesia merdeka beliau masih mengabdikan diri dan menduduki beberapa jabatan penting seperti Menteri Luar Negeri indonesia ke-7, Menteri Perdagangan ke-12, Duta Besar Indonesia untuk Inggris tahun 1960 dan rektor universitas Diponegoro (Semarang) thn 1963.

3. Nia Dinata

Dari nama belakangnya mungkin sudah ketebak, jika Nia Dinata masih punya hubungan darah dengan seorang pahlawan nasional. Ya, Nia Dinata sebenarnya adalah cucu dari Otto Iskandar Dinata. Beliau memiliki peran penting dalam masa-masa memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Nia Dinata
Nia Dinata [image source]
Nia yang saat ini berprofesi sebagai sutradara tersebut sangat mengagumi leluhurnya yang dulu aktiv di  BPUPKI dan PPKI bahkan. Otto Iskandar Dinata juga  dipercaya menjabat sebagai Menteri Negara di kabinet pertama Soekarno-Hatta. Pahlawan yang dijuluki si Jalak Harupat tersebut mendapatkan gelar pahlawan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

4. Dewi Yull

Dewi Yull boleh bangga, bukan hanya karena ia telah menciptakan karya-karya yang fenomenal di panggung hiburan Tanah Air, Tapi juga karena dia adalah keturunan dari Bapak Pers Indonesia.

Dewi Yull
Dewi Yull [image source]
Mantan istri Ray Sahetapy itu merupakan cicit dari R.M. Tirto Adhisoerjo yang berjuang lewat pers dengan mendirikan Surat kabar “Medan Prijaji”. Kenyataan tersebut membuat Dewi Yull juga diliputi perasaan bangga sama halnya dengan turunan para pahlawan lainnya.

Itulah empat artis Indonesia yang mengalir di tubuhnya darah pahlawan nasional Indonesia. Tentunya sebagai seorang keturunan pahlawan mereka juga diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi bagi semua orang. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page