Entertainment Kpop Musik Seleb Indonesia

Sebut Lagu EXO Mirip ‘Kekasih Terhebat’, Ini Klarifikasi Anji Hadapi Hujatan Fans K-Pop

Oleh -

Musisi Anji yang juga mantan vokalis Drive saat ini tengah jadi perbincangan hangat di kalangan EXO-L, yang  merupakan nama fans club dari boyband K-Pop, EXO, itu kabarnya tengah meradang karena postingan Anji di Instagram.

Kehebohan ini berawal dari postingan Anji pada Sabtu (31/3). Kala itu ayah tiga anak ini mengunggah cuplikan video lagu baru sub-unit EXO yakni EXO-CBX berjudul Someone Like You. Lagu yang dirilis pada 24 Maret 2018 itu adalah soundtrack dari serial drama “Live”. Menjadi perdebatan karena lagu baru EXO-CBX ini dianggap Anji memiliki kemiripan nada dan irama dengan lagunya, Kekasih Terhebat.

Unggahan Anji sendiri sebetulnya merupakan bentuk pertanyaan akan isu beberapa lagu Indonesia yang dituding banyak fans K-Pop, plagiat lagu musisi idola mereka. Suami dari Wina Natalia itupun penasaran bagaimana tanggapan fans K-Pop jika ada lagu Korea yang melakukan hal sama terhadap lagu Indonesia. Ia mengambil contoh lagu EXO-CBX yang terbaru dan memiliki kemiripan nada dengan Kekasih Terhebat.

• LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. . Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. . Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? . Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. . Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. . . Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges . . #TuliskanPendapatmu #TanpaPerluMarah

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

Dalam postingannya itu, Anji juga menyertakan potongan lagu Kekasih Terhebat versi Mandarin yang dia nyanyikan dengan Ming Bridges rilisan tahun 2016. Untuk Kekasih Terhebat versi asli, sudah dirilis Anji pada tahun 2011 lewat album LUAR BIASA.

Namun rupanya sebagian EXO-L menanggapi postingan Anji itu dengan pikiran pendek. Tak heran jika akhirnya pria bernama asli Erdian Aji Prihartanto itu banjir cacian. Banyak oknum EXO-L itu sampai menghina Anji sebagai penyanyi tidak terkenal sampai mengancam pembunuhan. Mendapat sumpah serapah yang sangat kasar dari anak-anak muda penggemar K-Pop, Anji pun meradang. Anji balik mengancam akan melaporkan para fans kurang didikan itu kepada agensi EXO, SM Entertainment.

Perseteruan Anji dan EXO-L inipun tampak memanjang hingga terungkap fakta baru kalau ternyata lagu Kekasih Terhebat juga memiliki kemiripan nada dengan lagu berjudul Orion mirip penyanyi Jepang, Mika Nakashima. Nakashima sendiri merilis lagu buatan musisi Rui Momota itu dalam album VOICE yang dirilis tahun 2008.

Tak ingin berlarut-larut, Anji pun kembali melakukan klarifikasi. Dalam penjelasannya itu, Anji menegaskan kalau dia tak pernah menyebut lagu EXO-CBX itu plagiat lagunya, melainkan hanya mirip. Diapun tak menampik kalau nada Kekasih Terhebat juga memiliki kemiripan dengan Orion. Anji juga menyesalkan pemberitaan media yang menyebut dirinya menuding EXO-CBX meniru karyanya.

Ooo, begitu rupanya. Memang sih, kasus lagu dengan nada yang mirip banyak terjadi pada musik-musik dalam hingga luar negeri. Semoga nggak makin melebar ke mana-mana ya situasi ini. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page