January 5, 2024
Saipul Jamil Saat Selesai Sidang

Saipul Jamil Saat Selesai Sidang

Sudah lebih dari tiga bulan, Saipul Jamil mendekam dalam bui yang berlantai dingin. Proses persidangan Saipul Jamil ini pun masih berlangsung. Belum ingin menyerah, Saipul Jamil dan tim kuasa hukumnya masih berjuang sekuat tenaga untuk membuktikan bahwa Bang Ipul memang dijebak. Kalau sampai terbukti bersalah, Bang Ipul terancam hukuman 15 tahun penjara, nih.

Rasanya, membayangkan 15 tahun hukuman penjara saja sudah cukup mengerikan. Namun, ada yang lebih menakutkan bagi Saipul Jamil. Yaitu, diresmikannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang hukuman kebiri pelaku kejahatan seksual terhadap anak oleh Presiden Jokowi. Wah, Saipul Jamil bisa dihukum kebiri juga atau tidak, ya?

1. Artis Fenomenal

Saipul Jamil
Saipul Jamil

Siapa yang tidak mengenal sosok artis fenomenal yang gemar selfie ini? Mantan suami pedangdut seksi Dewi Perssik ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai artis saat terpilih menjadi salah satu juri di salah satu ajang pencarian bakat penyanyi dangdut di salah satu tv swasta. Saipul Jamil memang dikenal sebagai salah satu artis metroseksual, namun kedekatannya dengan banyak wanita, membuat berita pencabulan pada sesama jenis ini sungguh mengejutkan penggemar dan masyarakat lainnya.

2. Ditangkap Karena Laporan DS

DS, korban Saipul Jamil
DS, korban Saipul Jamil

Ditangkapnya Saipul Jamil adalah tindak lanjut dari laporan DS. DS mengaku mengalami pencabulan yang dilakukan oleh Bang Ipul saat ia menginap di rumah sang pedangdut. DS yang kabur dari rumah Bang Ipul dengan alasan akan melaksanakan sholat Subuh itu langsung menuju kantor polisi untuk melaporkan kejadian yang baru dialaminya. Bang Ipul yang dijemput di kediamannya tersebut tidak melakukan perlawanan. Pun beredar video pengakuan Bang Ipul saat diinterogasi bahwa ia memang sudah membuka celana sang korban.

3. Adanya Korban-korban Lain yang Melapor

Korban Lain Saipul Jamil
Korban Lain Saipul Jamil

Hukuman yang lebih berat pun menanti Bang Ipul, lantaran, selain DS yang melaporkannya, bertambah lagi dua lelaki yang juga mengaku sebagai korbannya, yaitu AW dan MD. Hal ini tentu saja menambah tugas tim hukum Saipul Jamil untuk membebaskannya dari jeruji penjara. Dua korban lainnya juga mempunyai kemiripan kronologi dengan DS. Semua korban ditawari iming-iming akan dijadikan seorang artis, dan kejadian pencabulan terjadi di kediaman Saipul Jamil.

4. Hancurnya Karir Bang Ipul

Saipul Jamil Saat Menjadi Juri Bersama Inul Daratista
Saipul Jamil Saat Menjadi Juri Bersama Inul Daratista

Kerugian pertama pasca ditangkapnya Bang Ipul adalah dicopotnya ia dari posisi juri ajang pencarian penyanyi dangdut. Tak lama kemudian, beredar kabar bahwa mobil mewah yang biasa dinaikinya disita karena tidak ada penerusan pembayaran cicilan. Tak hanya mobil mewah, berita dijualnya rumah yang ditempatinya juga sudah dipasang iklan untuk dijual. Hal ini jelas menimbulkan anggapan bahwa Saipul Jamil sudah jatuh miskin dan bangkrut. Namun tim pengacara Saipul Jamil, juga keluarga mengelak bahwa Saipul Jamil benar-benar bangkrut. Bang Ipul pun menyatakan bahwa dirinya sedang diuji, “Ya, harta itu, semua itu hanya titipan. Mudah-mudahan banyak rezeki. Jangan takut karena Allah ada di dekat kita. Allah penolong kita. Minta doanya aja,” jelasnya.

5. Disahkannya Hukum Kebiri

Jokowi Sudah Sahkan Hukum Kebiri
Jokowi Sudah Sahkan Hukum Kebiri

Pada tanggal 25 Mei 2016 kemarin, Presiden Jokowi akhirnya menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang hukuman kebiri pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Hal ini dikarenakan pemerintahan merasa bahwa kejahatan pada anak termasuk kejahatan yang luar biasa. Undang-undang baru ini pun langsung menjadi mimpi buruk bagi Saipul Jamil dan segenap tim kuasa hukumnya. Namun, tim kuasa hukum Bang Ipul berusaha membuktikan bahwa korban DS telah melakukan pemalsuan umur. Selain itu, menurut Ketua Mahkamah Konstitusi, Saipul Jamil tidak bisa dihukum kebiri karena proses sidangnya sudah dimulai sebelum UU tersebut disahkan. Wah, bisa tenang, dong.

Well, apapun hukuman yang ditetapkan ketika Bang Ipul terbukti bersalah, semoga menjadi pembelajaran bagi semua. Setiap perbuatan memang harus dipertanggungjawabkan. Setuju, kan?..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *