Holywood

Nekat Coba Peruntungan, Selebriti Hollywood Ini Malah Jatuh Miskin

Oleh -

Roda selalu berputar, ungkapan ini memang benar adanya. Dimana kehidupan seseorang memang tak bisa diprediksi bagaimana akhirnya. Dan beberapa selebriti berikut pun pernah merasakan perputaran roda kehidupan ini. Dimana mereka akan berada di posisi atas dengan gemerlap harta dan kemudian jatuh miskin seketika.

Langkah bisnis yang mereka coba, nyatanya malah membuat pundi uang mereka hangus. Sangking miskinnya mereka tak mampu membeli sebuah sandwich sekalipun!

1. M.C Hammer

Musisi Amerika M.C Hammer menjadi salah satu selebriti kaya dengan total harta mencapai Rp 400 miliar di tahun 1980-an. Sayang, kekayaannya ludes saat Hammer gagal melakukan bisnis diberbagai bidang. Hammer menginvestasikan uangnya dengan membeli 19 kuda pacu Thoroughbred, merancang pakaian serta memulai proyek internet.

M.C Hammer [Image Source]
M.C Hammer [Image Source]
Pengelolaan keuangan yang kurang cermat membuat bisnisnya berantakkan. Dengan banyaknya bisnis yang dijalankan, Hammer royal melakukan berbagai liburan dan juga membeli rumah mewah. Hammer dinyatakan bangkrut di tahun 1996 dan beralih profesi menjadi seorang pendeta di Oakland.

2. Larry King

Bintang Hollywood senior, Larry King juga pernah merasakan pahitnya hidup melarat. Larry merupakan pembawa acara terkenal di tahun 1970-an. Namun kekayaannya habis setelah Larry menjalani gaya hidup foya-foya. Cocok dengan pepatah besar pasak daripada tiang, di tahun 1978 ia dinyatakan bangkrut dengan utang sebanyak 4 miliar rupiah.

Larry King [Image Source]
Larry King [Image Source]
Untungnya Larry segera bangkit. Di tahun yang sama, King disewa oleh WIOD Miami untuk menjadi penyiar acara nasional ‘Nightime Talk Show’. Dari sana Larry kemudian mendapat acara sendiri ‘Larry King Live’ yang membuatnya kembali kaya dengan penghasilan US$ 10 juta pertahun.

3. Kim Basinger

Aktris Kim Basinger mencoba berinvestasi dengan membeli sebuah kota seharga US$ 29 juta. Bisnis ini tentu jadi tabungan besar dikemudian hari. Sayang keberuntungan sedang tak berpihak padanya.

Kim Basinger [Image Source]
Kim Basinger [Image Source]
Kim mendapat gugatan hukum, setelah mundur dari kontrak membintangi film ‘Boxing Helena’ di tahun 1993. Kim Basinger digugat oleh rumah produksi ‘Main Line Picture’ dan harus membayar kerugian sebesar US$7 juta. Iapun dinyatakan bangkrut dan dipaksa meninggalkan rencana pembangunan kota Braselton yang telah dibelinya di tahun 1989.

4. Burt Reynolds

Di tahun 1996, Burt Reynolds dinyatakan bangkrut setelah usaha restorannya gagal dan perceraian dengan Loni Anderson menguras habis kekayaannya. Aktor kawakan ini harus melelang barang-barangnya, termasuk piala penghargaan dan kostum dari film-filmnya demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Burt Reynolds [Image Source]
Burt Reynolds [Image Source]
Piala bergengsi Golden Globe yang ia dapat dari film ‘Boogie Nights’, jaket merah dan kemeja yang pernah dikenakannya difilm ‘Smokey and Bandit II’ serta topi Sombreno di ‘100 Rifles’ harus ia lelang. Total ada 600 item yang dijual Burt. Ia benar-benar merasakan titik termiskin dalam hidupnya.

5. Wayne Newton

Wayne Newton pernah masuk dalam ‘Guiness Book of world Records’ sebagai entertainer dengan bayaran tertinggi di dunia. Newton menjadi selebriti yang berhasil mengumpulkan US$ 2,4 miliar tiap minggunya.

Wayne Newton [Image Source]
Wayne Newton [Image Source]
Ingin mengembangkan pundi-pundi uangnya, Wayne mencoba peruntungan di dunia bisnis. Ia melakukan beberapa akuisisi yang ternyata malah menyeretnya dalam keterpurukan. Bisnis yang tidak bisa ia kelola dengan baik ditambah dengan gaya hidup mewah membuat Wayne harus terpuruk selama bebeberapa tahun. Ia dinyatakan bangkrut pada tahun 1992.

Investasi memang diharuskan untuk tabungan masa depan. Tapi kita perlu meninjau kembali rencana dan jalan usaha yang akan kita bangun. Jangan sampai hanya main insting kita nekad menjalankan sebuah bisnis. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page