Holywood

Selebriti Dunia Ini Ternyata Dikenal Jenius

Oleh -

Model, aktor bahkan musisi sekalipun kerap dianggap tidak pintar di bidang akademik. Ini karena karakter mereka yang sering tampil di televisi sebagai penghibur serta stigma masyarakat tentang pekerjaan yang mereka lakoni. Tetapi ada beberapa selebriti Hollywood berikut yang ternyata dikenal jenius dalam bidang akademik lho!

Bintang-bintang ini memiliki sederet prestasi dalam bidang akademik. Kalian mungkin sedikit kaget dengan fakta tersebut. Tapi mereka pernah mengeluarkan karya ilmiah, bahkan menjadi anggota Ivy League. Penasaran? Ini dia sederet selebriti Hollywood yang ternyata memiliki otak encer alias jenius.

1. Natalie Portman Menerbitkan Dua Jurnal Ilmiah

Aktris cantik, Natalie Portman ternyata mendapat ijazah S1 dari Harvard lho! Dan perannya sebagai Nina di ‘Black Swan’ mengantarkannya jadi mahasiswa pertama dari Harvard yang mendapat penghargaan Oscar untuk kategori Best Actress. Natalie kemudian mengambil program pascasarjana di Universitas Hebrew, Jerusalem.

Natalie Portman
Natalie Portman [Image Source]

Bintang ‘V for Vendetta’ ini mendaftar sebagai mahasiswa dengan nama aslinya, natalie Hershlag. Ia fasih berbicara 6 bahasa dan telah mengeluarkan dua tulisan ilmiah selama menempuh kuliah psikologi di Harvard.

2. Ashton Kutcher Hampir Masuk MIT

Mantan suami Demi Moore ini seharusnya masuk ke perguruan tinggi dengan prestige seperti MIT. Tapi Ashton kehilangan beasiswanya karena tak serius menjalani masa SMA-nya dan berubah jadi anak pemberontak. Ia masuk ke Universitas Lowa tapi memutuskan berhenti untuk mengejar karir model di usia 19 tahun.

Ashton Kutcher
Ashton Kutcher [Image Source]

Kini Ashton Kutcher tak hanya sibuk di dunia hiburan tapi ia juga fokus dengan bisnis yang sedang ia geluti. Seperti Airbnb, Spotify dan Foursquare. “Hal paling seksi di dunia ini adalah benar-benar menjadi pintar,” ucap Ashton dalam sebuah wawancara.

3. Conan O’Brien Lulus Dengan Predikat Cum laude di Harvard

Conan O’Brien merupakan lulusan dari jurusan Sejarah dan Sastra di Universitas Harvard. Namanya pernah disebut dalam surat kabar kampus dengan julukan ‘bintang lawak’ dari kelas 85. Ia juga menjadi presiden Harvard Lampoon, sebuah organisasi sosial semi rahasia yang menerbitkan majalah humor.

Conan O'Brien
Conan O’Brien [Image Source]

Conan lulus dengan predikat magna cum laude dari Universitas Harvard di tahun 1985. Tahun 2008 ia mendapat gelar sarjana kehormatan dari Ball State University di bidang aktuarial. Yaitu ilmu yang menggunakan teori matematika dan statistik untuk menghitung risiko dalam industri asuransi dan keuangan.

4. Cindy Crawford Belajar Teknik Kimia Dengan Beasiswa di Universitas Northwestern

Cindy Crawford menandatangani kontrak dengan agensi modelling di tahun 1984. Awalnya ia menggunakan uang tersebut untuk melengkapi beasiswa masuk ke Universitas Northwestern. Tapi ia kemudian meninggalkan bangku kuliah dan memulai serius di karir modelling-nya.

Cindy Crawford
Cindy Crawford [Image Source]

Di tahun 1985, ia muncul di majalah Vogue dan langsung pergi sebagai salah satu kandidat model paling sukses saat itu.

5.Mayim Bialik Memang Pelajari Ilmu Syaraf di Kehidupan Nyata

Bintang NBC ‘Blossom’, MayimBialik melanjutkan pendidikannya dengan mengejar gelar sarjana di ilmu syaraf di Universitas California, Los Angeles (UCLA) pada tahun 2000. Mayim kemudian mengambil cuti di tahun 2005 untuk fokus di akting.

Mayim Bialik
Mayim Bialik [Image Source]

Tapi ilmu yang ia dapat saat menempuh gelar S1 ini sepertinya tidak sia-sia. Mayim kemudian mendapat peran sebagai Amy Farrah seorang Neurobiologi di serial ‘The Big Bang Theory’. Meski sibuk dengan karir di televisi, mayim berhasil lulus dengan gelar Ph.D di tahun 2007. Mayim mengkhususkan diri pada kasus Gangguan Obsesif-Compulsif pada remaja dengan sindrom Prader-Willi.

Itu tadi 5 selebriti dunia yang ternyata juga berprestasi di dunia akademik. Sayangnya beberapa memilih fokus pada karir entertainment mereka. Bagaimana menurutmu jika mereka memilih jadi seorang akademisi ketimbang jadi seorang selebriti ya?! Next

Apakah Kamu Setuju?