Seleb Indonesia

Politisi Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia

Oleh -

Apakah yang ada di benak Anda jika mendengar istilah politik atau politisi? Ya, pasti pikiran Anda akan tertuju pada orang-orang yang berkuasa menjalankan roda pemerintahan dan mengambil kebijakan-kebijakan di tubuh pemerintahan.

Saat ini, politik tak hanya ramai diisi oleh para pria, karena ternyata tak sedikit juga para wanita yang terjun ke ranah politik tak terkecuali di Indonesia. Bahkan salah satunya ada yang pernah menjabat sebagai orang nomer satu di Indonesia. Ingin tahu siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapanya.

1. Megawati

Perjalanan politik Megawati bukanlah suatu perjalanan yang singkat ia sudah banyak belajar tentang dunia politik sejak ayahnya masih menjabat sebagai presiden dan tinggal di Istana negara. Pengalaman pahit yang diterima ayahnya membuat Megawati menjadi termotivasi untuk menjadi wanita hebat yang memiliki kekuasaan. Megawati mendirikan partai politik sendiri dan dikemudian hari duduk di kursi kepresidenan menggantikan Gusdur.

Megawati
Megawati [imagem source]
Sempat gagal beberapa kali saat mencalonkan diri sebagai presiden Indonesia, kini nama Megawati kembali menggema seiring dengan terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia. Pengaruh Megawati di politik semakin terlihat saat ia berada dia ntara para petinggi negara yang mengikuti Konferensi Asia Afrika beberapa waktu yang lalu.

2. Ir. Tri Rismaharini, M.T

Surabaya mengalami banyak perubahan saat dipimpin oleh Ir. Tri Rismaharini, M.T. Meski seorang wanita, Tri Rismaharini tetap yakin dan percaya diri dengan kemapuannya membuat perubahan untuk Surabaya. Dan itu semua terbukti setelah ia berhasil menjabat sebagai Walikota Surabaya, sekaligus menjadi wanita pertama yang menjabat orang nomor satu di kota pahlawan tersebut.

Ir. Tri Rismaharini, M.T
Ir. Tri Rismaharini, M.T [imagem source]
Wanita kelahiran 28 September 1961 ini sebelumnya memang sudah terjun ke dunia politik dengan menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya. Bahkan ia pernah menyabet penghargaan membanggakan sebagai Walikota terbaik ketiga di Dunia. Hebat sekali bukan?

3. Sri Mulyani Indrawati

Nama Sri Mulyani Indrawati bukan hanya terkenal di Indonesia, tapi juga terkenal di dunia internasional. Kita boleh banggak kerena memiliki sosok wanita tangguh seperti Sri Mulyani. Ia lahir di Tanjung Karang, Bandar Lampun, 26 Agustus 1962. Dan tumbuh menjadi seorang ekonom hebat setelah lulus dari dari Universitas Indonesia 1986, dan meraih gelar Master (1988-1990) dan Doktor (1990-1992) dari University of Illinois, Urbana Champaign Amerika.

Sri Mulyani Indrawati
Sri Mulyani Indrawati [imagem source]
Di dunia politik Indonesia, Sri Mulyani sempat menduduki jabatan sebagai Menteri Keuangan di Era SBY. Saat itu ia diberi gelar sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006. Prestasi Sri Mulyani sebagai wanita yang cukup berpengaruh dengan kebijakan-kebijakan yang dinilai cerdas inilah yang membuatnya didaulat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, sejak 1 Juni 2010.

4. Khofifah Indar Parawansa

Nama Khofifah Indar Parawansa bukanlah nama yang asing di dunia politik Indonesia. Ia dilahirkan pada tanggal 19 Mei 1965 di Surabaya. Sejak menginjak umur 33 tahun, wanita yang saat ini menjabat sebagai menteri sosial itu telah terjun ke dunia politik.

Khofifah Indar Parawansa
Khofifah Indar Parawansa [imagem source]
Sebelum menjabat sebagai menteri, Khofifah sudah menduduki jabatan penting lain baik di DPR maupun di kementrian. Mulai dari tahun 1992 hingga 1997 Khofifah terpilih menjadi ketua Fraksi PPP di DPR. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dari tahun 1999 hingga 2001.

Itulah beberapa politisi Indonesia paling berpengaruh. Harapannya semoga dengan menjadi politisi yang berpengaruh, mereka bisa memberikan kebijakan-kebijakan yang bermanfaat untuk banyak orang khususnya rakyat Indonesia. Next

Apakah Kamu Setuju?