Holywood

Artis Andalan Hollywood Yang Ternyata Belum Pernah Menang Piala Oscar

Oleh -

Aktor ataupun aktris Hollywood terkenal dan tersohor tidaklah menjadi suatu ukuran atau takaran untuk dapat meraih penghargaan piala Oscar. Kepopuleran tidak selalu berbanding lurus dengan prestasi di ajang festival film. Para aktor dan aktris Hollywood yang ada dalam daftar ini membuktikan bahwa hal tersebut memang benar adanya.

Banyak dari mereka yang memiliki reputasi dan popularitas yang baik dalam dunia perfilmandan sudah mendapat nominasi Oscar, tetapi nasib baik belum saja berpihak pada mereka. Inilah 10 daftar aktor yang belum pernah mendapatkan penghargaan piala Oscar:

1. Tom Cruise

Tidak heran apabila kita sering mendengar nama Tom Cruise dalam dunia perfilman apalagi dia adalah seorang aktor terbesar zaman kita. Sepanjang karirnya yang sudah lebih dari 30 tahun membintangi banyak sekali film dari yang klasik hingga modern seperti Top Gun hingga franchise Mission: Impossible.

Tom Cruise
Tom Cruise

Mantan suami Nicole Kidman dan Katie Holmes ini juga bermain film-film yang berkelas Oscar seperti Rain Man, Born on the Fourth of July, Jerry Maguire, Magnolia, dan Vanila Sky. Meski belum pernah menyabet piala Oscar, setidaknya Tom Cruise pernah masuk dalam nominasi Oscar antara lain Nominasi aktor terbaik tahun 1990, Nominasi aktor terbaik tahun 1997, dan juga nominasi aktor pendukung terbaik ditahun 2000.

2. Leonardo DiCaprio

Sosok Leonardo DiCaprio yang sangat kita kenal berkat aktingnya dalam film Titanic, adalah sebuah contoh sukses bagaimana seorang bekas aktor remaja di film independen, kini menjadi pemuda yang digemari gadis seluruh dunia, lalu sekarang jadi bintang box office.

Leonardo DiCaprio
Leonardo DiCaprio

Bukan hanya itu, ia juga bermain dengan prima di film-film kelas festival. Sayangnya, meskipun secara karir berbagai cara sudah ia coba, nampaknya piala Oscar belum berpihak pada tangannya meskipun dia sudah acap kali masuk ke nominasi.

3. Johnny Depp

Johnny Depp adalah aktor yang sangat dikenal sebagai aktor spesialis pada film–film independen yang berjaya pada festival film tepatnya sekitar tahun 1990-an. Dia membintangi film–film yang diantaranya adalah Arizona Dream, What’s Eating Gilbert Grape, Ed Wood, Don Juan DeMarco, Fear and Loathing in Las Vegas, hingga Chocolat.

Johnny Depp
Johnny Depp

Setelah menginjak abad milenium, Depp bertemu dengan peran yang akhirnya membuat dia dikenal sebagai salah satu legenda dalam perfilman yakni dia berperan sebagai kapten bajak laut Jack Sparrow di franchise Pirates of the Caribbean. Peran yang satu ini membawa namanya ke puncak karier. Ia juga pernah sekali waktu main film kelas Oscar (Finding Neverland) namun juga belum dapat rezeki untuk bisa membawa pulang piala Oscar.

4. John Travolta

Di usianya yang sudah tua kini, Liam Neeson dikenal namanya sebagai aktor bintang aksi. Dia berhasil membintangi trilogi film Taken yang menjadi pembuktian kalau pria renta ini makin tua makin jadi. Namun, alasan utama Neeson yang sekarang menjadi bintang aksi adalah lantaran ia sudah putus asa untuk berakting di film-film kelas festival.

Liam Neeson
Liam Neeson

Keputus asaan Neeson di film kelas festival adalah lantaran sudah berkali – kali ia bermain film model seperti itu (dari Schindler’s List sampai Kinsey), namun tak pernah kebagian untuk bisa menyandang piala Oscar. Hanya pernah satu kali ia masuk dalam nominasi Oscar yaitu di tahun 1994 dengan Nominasi Aktor Terbaik.

6. Ed Harris

Ed Harris berbeda dengan kebanyakan aktor-aktor yang langganan berperan sebagai tokoh utama, seperti Tom Cruise atau Leonardo DiCaprio. Dia adalah aktor spesialis yang berbakat sebagai pemeran pendukung. Di dalam film yang ia bintangi, aktor ini memang bukan bintang utama, tapi perannya memiliki posisi yang vital nan tak kalah penting.

Ed Harris
Ed Harris

Ed Harris adalah spesialis dan khususon aktor pendukung. Aktingnya juga tak kalah bersinar dibandingkan dengan para aktor utama. Ia sudah seringkali meraih nominasi untuk kategori Aktor pendukung, meskipun belum bisa memenangkan dan mengambil sang piala Oscar.

7. Edward Norton

Aktor yang pernah menjadi salah satu yang terbaik dalam generasinya pada jajaran aktor lainnya adalah Edward Norton. Dia telah mencuri perhatian penikmat film lewat Primal Fear, berkat totalitasnya untuk selalu berakting prima dan tak pernah berakting jelek. Contohnya ketika ia berakting dalam film superhero Marvel (Incredible Hulk).

Edward Norton
Edward Norton

Namun norton menolak untuk meneruskan aktingnya di film-film superhero Marvel meski ia sudah jadi Hulk. Ia tampaknya mengetahui dirinya sebagai aktor watak. Doakan saja semoga tahun ini Norton beruntung dapat piala Oscar atas kegigihannya yang patut kita apresiasi.

8. Michael Keaton

Dia adalah Michael Keaton, salah satu aktor pemeran Batman dari sekian aktor yang pernah memerankannya. Keaton dua kali memainkan tokoh manusia kelelawar berjubah hitam ini, yaitu untuk film Batman dan Batman Returns. Keaton tidak banyak dikenal orang untuk peran yang dia mainkan selain dari tokoh Batman.

Michael Keaton
Michael Keaton

Perannya di Birdman, sebagai bekas aktor pemeran film superhero yang ingin kembali lagi ke kancah sinema, bagaikan mengolok-olok kisah hidupnya sendiri. Maka, semoga kali ini dan kedepannya totalitas akting yang diperankannyanya dapat membuat sang juri Oscar luluh hatinya.

9. Robert Downey Jr.

Awalnya, Robert Downey Jr. pernah mendapatkan masalah atas perbuatan yang tidak diharapkan dilakukan oleh seorang bintang. Masalah tersebut adalah ia pernah kecanduan alkohol dan juga obat-obatan yang berujung kerap kali berurusan dengan pihak berwajib. Tapi mari kita flashback sebentar atas prestasi Robert Downey. Dia disebutkan oleh majalah Forbes sebagai aktor dengan pendapatan terbanyak setahun kemarin.

Robert Downey Jr
Robert Downey Jr

Melalui perannya, Downey Jr. membuat studio film bakal kesusahan mencari pengganti Tony Stark/Iron Man dan Sherlock Holmes untuk versi layar lebar. Namun demikian, meskipun kini dia berada di puncak karier dan sedang naik daun, dia belum berhasil menyabet piala Oscar apalagi mengoleksi. Bahkan kekayaan dan kejeniusan sang Tony Stark pun belum bisa menciptakan patung emas bernama Oscar.

10. Harrison Ford

Harrison Ford adalah nama yang melegenda dan senantiasa hidup. Ia terlibat dalam dua franchise yang paling sukses sepanjang masa yaitu Star Wars dan Indiana Jones. Kini ia juga membintangi Star Wars versi terbaru yang sudah disiapkan oleh J.J. Abrams.

Harrison Ford
Harrison Ford

Selain dua film terkenal yang pernah bintangi, yaitu Star Wars dan Indiana Jones, Harrison juga sempat membintangi film hebat seperti Patriot Games, Clear and Present Danger, The Fugitive maupun Air Force One. Namun sayangnya, meski sudah sangat familiar di Hollywood, piala Oscar belum bisa jatuh ketangan pria berambut putih ini. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page