Seleb Indonesia

Nostalgia dengan Ria Enes, Pemilik Suara Boneka Suzan

Oleh -

Bagi Anda yang pernah merasakan masa kecil di era 90an pasti ingat dengan cuplikan lagu yang berbunyi “Suzan suzan suzan, besok gede mau jadi apa? Aku kepingin pinter, biar jadi dokter…” lagu tersebut berjudul ‘Suzan Punya Cita-cita’. Jika ingat lagu tersebut pasti kalian juga akan ingat dengan orang yang mempopulerkannya.

Dia adalah Kak Ria Enes yang selalu tampil ditemani boneka Suzan. Boneka lucu menggemaskan yang bisa ngomong ala Jawa Timuran. Pastinya pemilik suara aslinya adalah Kak Ria sendiri. Setelah meramaikan dunia anak-anak di era 90an, bagaimanakah kabar Kak Ria dan Suzan sekarang?

Kak Ria Enes dan Suzan dulu dan sekarang
Kak Ria Enes dan Suzan dulu dan sekarang [imageĀ source 1, image source 2]
Sebelum kita mengintip kesibukannya saat ini, tak ada salahnya jika kita sedikit mengingat tentang perjalanan Kak Ria mulai awal ia meniti karir di dunia hiburan hingga sekarang menjadi sebuah legenda hiburan anak-anak di era 90an. Wanita yang bernama asli Wiwiek Suryaningsih sebelum dikenal sebagai Kak Ria Enes awalnya hanya seorang penyiar di Radio Suzana yang dekat dengan Taman Apsari (di Embong Kaliasin, Surabaya Pusat).

Ide menggunakan boneka Suzan muncul setelah ia secara rutin mengudara solo tapi seolah-olah dia sedang berbicara dengan anak kecil yang diberi nama Suzan. Kak Ria mengeluarkan suara khas Suzan dari tenggorokannya. Nama Suzan sendiri diambil dari stasiun radio tempatnya bekerja.

Kak Ria tidak menyangka jika trobosannya tersebut berhasil menarik perhatian para pendengar. Ia pun menjadi sebuah tren tersendiri saat itu. Sukses di radio, Kak Ria dibanjari tawaran untuk tampil off air. Tapi sebelum tampil, wanita yang lahir Malang, 29 Juni 1968 itu menyempatkan untuk beli boneka. Boneka itulah yang sampai saat ini menemani Kak Ria ketika menghibur para penggemarnya.

Keberhasilan Kak Ria semakin terlihat saat ia dikontrak sebagai penyanyi dan merilis beberapa album yang meledak di pasaran. Tentu bernyanyi dengan membawa boneka yang seolah-oleh bisa diajak bicara adalah suatu keunikan tersendiri saat itu.

Memang Kak Ria saat ini jarang sekali tampil di layar kaca tapi sosok wanita yang keibuan tersebut masih tetap konsisten dengan dunia anak-anak. Selain menerima tawaran-tawaran tampil off air. Kak ria saat ini tengah disibukkan mengurus lembaga pendidikan yang dirikan sejak tahun 1994. Sekarang lembaga pendidikan yang diberi nama Dunia Suzan tersebut telah tumbuh menjadi taman kanak-kanak setelah sebulumnya hanya berupa sanggar seni.

Melalui Kak Ria Enes kita belajar bahwa anak adalah investasi yang sangat penting bagi bangsa ini. Jadi mereka harus mendapatkan pendidikan dengan baik. Dengan metode-metode yang dikenalkan oleh Kak Ria, anak-anak jadi merasa sedang bermain meskipun mereka sebenarnya sedang belajar. Indonesia tentu membutuhkan lebih banyak orang seperti Kak Ria Enes demi masa depan anak-anak Indonesia. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page