Entertainment inspirasi Seleb Indonesia

Belajar Dari Rachel Amanda, Inilah Beberapa Fakta Kanker Tiroid yang Wajib Diketahui

Oleh -

Baru-baru ini kabar bermunculan lagi tentang penyakit yang diidap Rachel Amanda. Seperti yang beberapa dari kalian mungkin sudah ketahui, pada tahun 2014 lalu Rachel Amanda atau Manda divonis oleh dokter terdapat tumor pada kelenjar tiroidnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kisah Manda melewati masa-masa ketika ia terkena kanker tiroid, kita terlebih dahulu membahas tentang apa sih Kanker Tiroid itu?

1. Kanker Tiroid

Dilansir dari alodokter.com, tiroid merupakan kelenjar yang terletak di bagian depan leher, berada di bawah jakun. Fungsi tiroid adalah mengeluarkan hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, berat badan, dan lainnya. Dengan fungsi seperti itu, kelenjar tiroid sangatlah penting bagi tubuh manusia. Kanker tiroid sendiri adalah pertumbuhan sel abnormal yang terjadi pada tiroid.

2. Gejala Kanker Tiroid

Gejala kanker tiroid tahap awal jarang menimbulkan gejala, jika sudah memasuki tahap lanjutan, gejala-gejalanya barulah muncul. Biasanya ditandai adanya benjolan pada bagian depan leher dan biasanya tidak terasa sakit. Tetapi tidak setiap benjolan pada kelenjar tiroid merupakan kanker tiroid, tetapi bisa juga karena gondok.

Sama seperti yang terjadi pada Manda, gejala-gejala yang dialaminya seperti nafsu makan berkurang yang berimbas pada penurunan berat badannya dan jantung yang berdegup lebih kencang. Selain itu, ada pembekakan di bagian leher yang pertama kali diketahui oleh Mama Manda. Setelah mengalami gejala-gejala tersebut, Manda diperiksakan ke dokter.

3. Faktor Penyebab Meningkatnya Kanker Kelenjar Tiroid

Terdapat faktor-faktor dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker tiroid, diantaranya adalah jenis kelamin. Wanita memiliki resiko lebih tinggi daripada pria karena berkaitan dengan hormon yang dilepaskan saat wanita mengalami menstruasi. Selain itu, riwayat kesehatan keluarga juga bisa menjadi salah satu faktor.

Untuk Manda sendiri, pola hidup aktris sekaligus penyanyi ini sebenarnya sudah sehat, tetapi Manda mengaku nenek dan tantenya dulu pernah terkena tiroid, tetapi dia masih belum yakin apakah gen tersebut ataukah faktor lain yang menyebabkannya terkena kanker tiroid.

4. Segera Periksalah Sebelum Terlambat

Jika sudah mengalami gejala-gejala penyakit tiroid, periksalah ke dokter agar dilakukan diagnosis. Biasanya pemeriksaan fisik dan juga pertanyaan tentang riwayat kesehatan akan dilakukan dokter. Bisa juga tes penyakit turunan untuk menemukan ada tidaknya kelainan gen yang bisa menginkatkan resiko kanker tiroid.

Berbagai jenis pengobatan dapat dilakukan, tergantung stadium kanker tiroidnya. Diantaranya adalah Tiroidektomi, pengangkatan kelenjar tiroid sebagian atau keseluruhan atau terapi pengganti hormon dengan tablet pengganti hormon seumur hidupnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter pada Manda, ternyata ditemukan ada tumor di kelenjar tiroid yang kemudian disarankan dokter untuk dioperasi. Untung pemeriksaan yang dilakukan belum terlambat, sehingga tumor dapat diangkat.

5. Cerita Amanda Tentang Kanker Tiroid

Perasaan takut dan cemas pasti dialami Manda ketika berumur 19 tahun divonis penyakit itu. Masuk dalam sebuah komunitas penderita kanker tiroid agar bisa mendapatkan informasi dan berkomunikasi untuk berbagi pengalaman sudah dilakukan Manda. Walau pun Manda adalah pasien kanker tiroid termuda di komunitas tersebut saat itu, tidak menyurutkan niat Manda. Ada semangat yang akhirnya tumbuh kembali setelah berkumpul dengan pasien penderita tiroid dalam komunitas itu.

Selain itu, dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman Manda adalah salah satu pegangan kuat untuk dirinya berani melakukan operasi. Manda disarankan melakukan pengobatan dan perawatan medis oleh keluarga yang berprofesi sebagai dokter.

Operasi pengangkatan tumor dilakukan selama dua hingga tiga jam. Mulanya, hanya terlihat tumor di kelenjar tiroid sebelah kanan, tetapi ternyata setelah dilakukan pengecekan sudah ada anak sel kanker pada kelenjar tiroid sebelah kiri. Walau pun kanker tiroid tersebut masih pada tahap awal, tetap harus dilakukan operasi pengangkatan kelenjar tiroid.

6. Pasca Operasi

Pasca operasi, suara Manda menghilang selama tiga hari. Tetapi itu adalah salah satu efek samping sementara setelah operasi. Saat ini konidisi Manda baik-baik saja, sehat tapi tetap dalam tahap pemantauan dokter. Minum obat dan juga mengurangi seafood karena mengandung yodium yang tinggi dilakukan Manda hingga sekarang, 3 tahun setelah operasi pengangkatan kanker tiroid dilakukan. Jika tidak minum obat, Manda mengaku akan merasa mengantuk.

Nah, itu tadi adalah ulasan tentang kanker tiroid, gejala dan pengobatannya. Dan ternyata begitu kabar tentang Manda dan kanker tiroidnya. Syukurlah Manda sudah melewati masa krisisnya dan bisa menjalani hari-harinya dengan lancar kembali. Next

Apakah Kamu Setuju?