Seleb Indonesia

Tak Cuma Joshua, Ge Pamungkas Dituding Hina Islam Lewat Ini

Oleh -

Kembali komika di Indonesia bersinggungan dengan perkara agama saat membawakan materi lawakannya. Dan kali ini yang tengah ramai diperbincangkan adalah aktor sekaligus komika Ge Pamungkas. Juara pertama Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV tahun 2012 ini bahkan sudah resmi dilaporkan FUIB.

Secara resmi, Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melaporkan Ge pada hari Selasa (9/1) kemarin ke Bareskrim Polri atas dugaan penghinaan agama Islam saat melakukan aksi lawakan tunggal. Materi stand up comedy Ge itu terkait dalam acara promosi film dan berikut ini penggalannya:

“Twitter sekarang (isinya) sudah politik, agama, politik, agama, sudah enggak asyik lagi. Nih dulu nih Jakarta banjir, apa coba netizen-netizen itu? ‘Wih, Jakarta banjir ini gara-gara *** ini. Ini adalah azab kita punya Gubernur’. Nih, potong kuping gue. Nih, sekarang Jakarta banjir, beda omongannya, ‘Wah, ini adalah cobaan dari Allah SWT’. Ini cobaan. Sesungguhnya Allah akan memberikan cobaan kepada orang yang Dia cintai. Cintai apaan? Itu ada genangan, cobaan. Stres banget gue!”

Tak butuh waktu lama, aktor berusia 28 tahun ini pun langsung ramai dihujat warganet. Mengetahui jika Ge beragama Islam, hujatan untuk Ge pun tidak berakhir. Usai ramai dibully, Ge akhirnya menyampaikan permintaan maaf di Instagram melalui komentarnya di akun @muslim.fact seperti berikut ini:

“Saya mau jelaskan, bahwa konteks dari omongan saya tentunya tidak menghina Allah SWT, melainkan sifat manusia yang masih double standard dalam melihat agama/ras orang yang dianutnya. Menghina agama, ras, dan adat istiadat bukanlah gaya saya dalam menghibur penonton. Jadi saya sangat amat sadar bahwa saya tidak mungkin mengina/menyentuh ranah itu. Terlebih lagi menghina Sang Khalik, Allah SWT.”

Hanya saja warganet sudah terlanjur beramai-ramai menyuarakan tagar #BoikotGePamungkas di Twitter. Sehari sebelum dilaporkan ke kepolisian, Ge dan mantan penyanyi cilik yang kini menjadi komika, Joshua Suherman, diam-diam disebutkan meminta bantuan perlindungan hukum ke LBH GP Anshor Jakarta hari Senin (8/1) malam. Seperti Ge, Joshua juga dituding menghina Islam terkait materinya kala melawak. Saat itu Joshua menyinggung soal masalah mayoritas yang disinyalir soal Islam.

dok Pribadi via Detik

Dengan kasus Ge dan Joshua, ini seolah menambah daftar panjang komika Indonesia yang dianggap melecehkan agama. Sebelumnya ada komika Uus yang dianggap menghina Rizieq Shihab dan Ernest Prakasa yang menyindir soal ulama Zakir Naik. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page