Film

Film Athirah Sukses Masuk Ke Tiga Festival Besar Dunia

Oleh -

Meski belum tayang di Indonesia, namun film Athirah ternyata sudah diincar oleh sejumlah festival film internasional. Setidaknya sudah ada tiga festival film internasional yang menanti layar lebar karya sutradara Riri Riza tersebut, yakni Tokyo International Film Festival, Busan International Film Festival, dan Vancouver International Film Festival.

Film yang berkisah tentang perjuangan ibunda Jusuf Kalla ini akan diputar dalam program Gateaway yang fokus menampilkan karya sineas Asia di Vancouver Film Festival. Tak hanya di Kanada, Athirah juga akan diputar di festival dua negara Asia lain, yakni Jepang dan Korea Selatan. Dalam Busan Internasional Film Festival, film ini akan diputar di program A Window on Asian Cinema bersama sejumlah film Asia seperti Thailand, Kazakhstan, Filipina, Jepang.

Pemain Film Athirah via kompas
Pemain Film Athirah via kompas

“Film elegan Riri Reza ini disuntik dengan lirik realis yang menjadi ciri khasnya, fokus pada perjuangan Athirah untuk menjaga dirinya dan keluarga agar tetap bersama. Lembut, tetapi keras secara emosional. Film Athirah akan diputar perdana secara internasional di VIFF yang berlangsung pada 29 September – 14 Oktober 2016. VIFF merupakan salah satu festival film terbesar di Amerika Utara,” demikian keterangan tertulis.

Setelah itu, Athirah yang mempunyai judul internasional Emma (Mother) dengan bintang utama Cut Mini diputar di Tokyo International Film Festival pada 25 Oktober – 3 November 2016. Film Athirah mengangkat kisah nyata ibunda Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan latar keluarga Bugis-Makassar. Film yang skenarionya ditulis oleh Salman Aristo ini diadaptasi dari novel karya penulis Albertheine Endah. Film produksi Miles Films ini dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air mulai 29 September 2016 mendatang. Next

Apakah Kamu Setuju?