Film

5 Fakta Pengabdi Setan, Film Horor Indonesia Terseram Yang Sukses Bikin Merinding

Oleh -

Salah satu film horor Indonesia yang telah dinanti-nantikan akhirnya rilis pada28 September 2017. Film Pengabdi Setan garapan sutradara handal Indonesia, Joko Anwar, siap memacu adrenalin penonton. Film yang dibintangi oleh Tara Basro ini mampu menembus 1 juta penonton dalam waktu satu minggu. Hal tersebut menandakan besarnya antusiasme penonton dalam menyambut film Pengabdi Setan.

Nah, seperti apa sih fakta tentang film yang sudah ditunggu-tunggu banyak orang ini? Yuk kita simak berikut ini!

1. Tentang Film

Pengabdi Setan adalah hasil remake dari film lama berjudul sama yang rilis pada tahun 1981. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga dengan 4 orang anak yang baru saja ditinggal pergi Ibunya untuk selama-lamanya. Tetapi, Ibu mereka bangkit lagi dan ‘pulang’ ke rumah mereka yang memang terletak di dekat kuburan. Film ini tidak persis dengan cerita di film pertama, pastinya ada penambahan cerita dan juga karakter dalam film yang diperkaya. Yang tidak berbeda adalah atmosfer yang diciptakan dari film tersebut tetap dipertahankan. Pengabdi Setan tidak mengandalkan jump scares tetapi lebih mengandalkan atmosfer yang akan membuat penonton merasa ada dalam suasana film tersebut.

2. Pencarian Lokasi Syuting

Film ini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah keluarga tersebut. Rumah yang dijadikan lokasi syuting ini berada di kota Bandung yang dulunya sempat ditinggali tetapi sudah beberapa tahun kosong. Joko Anwar dan timnya adalah yang pertama kali masuk ke rumah tersebut untuk melakukan syuting film. Pencarian rumah untuk lokasi syuting ini membutuhkan waktu yang tak sebentar, lebih dari 3 bulan untuk akhirnya menjadikan rumah yang butuh renovasi lumayan banyak itu sebagai lokasi syuting. Tak hanya singgah untuk melakukan syuting, kru dan pemain juga menginap di rumah itu sehingga bisa merasakan ‘tinggal’ di rumah tersebut.

3. Rumah Angker

Salah satu komunitas bernama Ghost Photography Community (GPC) sempat berburu foto di rumah tersebut setelah mereka selesai melakukan produksi syuting. Mereka menemukan ada penampakan yang tertangkap dalam foto yang mereka ambil. Rupanya, beberapa kru sempat ada yang ‘diganggu’ dan merasakan hawa yang tidak enak. Seperti yang juga dirasakan oleh salah satu pemeran film ini, ia merasakan hawa yang berbeda ketika pertama kali datang ke lokasi. Awalnya, Joko Anwar tak mau menceritakan kisah-kisah mistis yang dialami di sana, dikarenakan tak mau dianggap mencari sensasi untuk menarik penonton.

4. Euforia Penonton Menanti Rilisnya Film

Belum rilis, film ini sudah mendapat sambutan yang luar biasa dari para penggemarnya. Dengan adanya poster film Pengabdi Setan, lebih dari 200 meme yang dibuat oleh orang-orang. Bukannya seram, meme-meme tersebut malah lucu, dari Pengabdi Mantan sampai Pengabdi Shahru Khan. Tak hanya meme, ada yang sampai membuat trailer parodi yang lucu dan keren. Bagi Joko Anwar sendiri, meme paling favorit adalah Pengabdi Sunatan dan Pengab di Kosan. Menurutnya, euforia ini ada karena banyaknya versi dari film yang lama.

5. Terseram Sepanjang Masa

Banyak orang yang menganggap film ini adalah film horor terseram sepanjang masa. Joko Anwar, sebagai pembuat film ini memang menyukai film yang pertama sehingga sudah sejak 10 tahun lalu ia ingin membuat remake film ini. Dalam film ini, Joko tidak memberikan keseraman dengan efek CGI tetapi dengan make up. Sebelum resmi rilis, Joko dan kru nya mengadakan tes audiens dan saking seramnya film ini, ada salah satu audiens yang tak kuat menonotn karena ketakutan.

Nah, itu tadi adalah fakta-fakta menarik mengenai film Pengabdi Setan. Menurut Joko tak hanya filmnya, tetapi juga pemain yang bisa membuat film ini semakin bagus. Makin penasaran sama filmnya? Yuk tonton di bioskop kesayangan kamu! Next

Apakah Kamu Setuju?