Seleb Indonesia

5 Tips Ampuh untuk Turunkan Berat Badan saat Berpuasa

Oleh -

Berpuasa seharusnya bukan menjadi halangan bagi kita untuk melakukan berbagai aktifitas seperti biasa, termasuk salah satunya diet. Bahkan, sebenarnya berpuasa dapat membantu kita untuk lebih cepat menurunkan berat badan karena selama 14 jam penuh kita tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun.

Tapi anehnya, malah banyak orang yang mengalami penggemukan saat berpuasa. Hal ini dikarenakan pola makan saat berbuka dan sahur serta aktifitas yang dilakukan tidak seimbang. Nah, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan alias diet saat bulan puasa, bisa coba beberapa tips di bawah ini!

1. Perhatikan menu sahur dan berbuka

Di bulan puasa, kebanyakan orang akan menghadirkan menu spesial yang enak-enak terutama saat berbuka. Minuman seperti kolak, es buah dengan sirup dan susu, makanan seperti rendang dan gorengan seakan jadi menu wajib untuk disantap karena kerap ditemui di atas meja makan. Nah, jika kamu berniat untuk menurunkan berat badanmu sembari berpuasa, pilihlah menu diet yang tepat seperti perbanyak sayur, mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan gunakan ikan sebagai lauk.

2. Jadikan sayur dan lauk yang mengandung protein sebagai menu utama

Jadikan sayuran sebagai menu utama saat sahur dan berbuka, dengan memperbanyak porsi sayur dan mengurangi takaran nasi. Jangan lupa tambahkan lauk yang mengandung protein seperti ikan agar tubuhmu kuat. Jika ingin mengkonsumsi daging, pastikan kamu sudah memisahkan lemaknya. Agar semakin membantu, konsumsi buah 30 menit sebelum makan. Dengan begini kebutuhan serat untuk tubuh pasti akan terpenuhi.

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Meminum air putih dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan memang sangat penting dilakukan saat bulan puasa agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain menghindari dehidrasi, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga berguna bagi mereka yang sedang menjalankan diet.

4. Lakukan olahraga ringan secara rutin

Siapa bilang saat berpuasa kita tidak boleh melakukan olahraga? Tentu boleh, malah dianjurkan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Agar nggak kelelahan, kamu bisa lakukan olahraga ringan seperti yoga dan bersepeda selama 30 menit saja untuk membakar kalori di dalam tubuh dan agar berat badanmu nggak naik lagi.

5. Jangan malas-malasan

Saat berpuasa, tubuh biasanya jadi mudah lemas dan mengaantuk, tapi jangan jadikan hal ini untuk bermalas-malasan. Tetap lakukan kegiatan seperti biasanya, yaitu bekerja, sekolah, hingga berbelanja. Hindari tidur berlebihan, terutama setelah sahur dan berbuka karena dapat menimbun lemak di perut.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar rencana dietmu di bulan Ramadhan berjalan mulus. Selamat mencoba!

  Next

Apakah Kamu Setuju?