Seleb Indonesia

5 Artis Indonesia yang Kini Menjadi Politikus

Oleh -

Jumlah artis di panggung hiburan Indonesia sudah tidak bisa terhitung. Apalagi dengan munculnya artis-artis pendatang yang memasuki ranah dunia entertaintment. Sudah dipastikan bahwa persaingan agar menjadi populer semakin ketat. Tak heran jika beberapa artis menjajaki bidang lain.

Salah satunya yaitu dunia politik. Sistem dunia politik yang diterapkan Indonesia yaitu pemilihan membuat semua kalangan bisa bergabung menjadi salah satu politikus. Yuk kita simak beberapa artis yang menjabat di dunia politik.

1. Dedi Mizwar

Masih ingatkah Anda dengan serial ‘Lorong Waktu’? Ya, itu adalah serial ramadhan yang diproduksi melalui rumah produksi Dedi Mizwar. Keahliannya dalam bidang acting dan sutradara sudah tidak diragukan lagi. Aktor senior ini menapaki karirnya sejak ia mendirikan tempat produksi film sendiri. Ia semakin terkenal dengan perannya di ‘Naga Bonar’ dan juga film-film lainnya yang ia bintangi ini membuat nama Dedi Mizwar tak asing lagi.

Dedi Mizwar [Image Source]
Dedi Mizwar [Image Source]
Kepiawaiannya dalam bermain peran juga tidak membatasi sang aktor senior ini untuk menggeluti bidang lainnya. Salah satunya yaitu sebagai politikus. Ia mulai memasuki ranah politik dengan bergabung dengan Partai Amanat Nasional. Tak lama kemudian, di tahun 2013, aktor lulusan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) ini terpilih menjadi wakil gubernur Jawa Barat.

2. Rano Karno

Nama artis yang satu ini sangat familiar dikalangan panggung Hiburan Indonesia. Pasalnya, ia telah membingtangi berbagai sinetron dan juga film. Artis yang terkenal lewat sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ ini akhirnya memutuskan untuk berpindah ke ranah politik sejak tahun 2007.

Rano Karno [Image Source]
Rano Karno [Image Source]
Disaat terjun ke dunia politik, aktor ini pernah diwacanakan sebagai wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Fauzi Bowo pada tahun 2007. Kemudian ia resmi diangkat sebagai wakil Bupati Tangerang dari tahun 2008 hingga 2013. Namun, putra dari Soekarno M. Noer ini mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun 2011 lantaran ia terpilih menjadi wakil gubernur Banten untuk periode 2012-2017. Saat ini ia resmi menjadi Pelaksana Tugas  Gubernur Banten menggantikan gubernur Banten yang terseret kasus suap.

3. Rieke Dyah Pitaloka

Perannya sebagai Oneng di serial ‘Bajaj Bajuri’ sangat menghibur masyarakatIndonesia. Pasalnya, Ia menjalani peran sebagai istri Bajuri yang polos dan terkesan blo’on. Namun dibalik perannya tersebut, ia adalah sosok yang cerdas.

Rieke Diah Pitaloka [Image Source]
Rieke Diah Pitaloka [Image Source]
Perannya di dunia hiburan Indonesia tak membuat ia berhenti untuk menggeluti hal lain. Rieke aktif di dunia politik sebagai aktifis atau organisasi masyarakat. Aktris yang telah menyelesaikan gelar magisternya ini menjabat sebagai anggota DPR untuk periode 2009 hingga 2014 mewakili parpol PDIP. Dengan parpol yang ia usung, ia mengajukan diri sebagai gubernur Jawa Barat pada tahun 2012. Namun, ia hanya menpat peringkat kedua dari 5 pasangan calon. Di tahun 2014, aktris yang lahir di bulan Januari ini lolos lagi menjadi anggota DPR untuk periode 2014 hingga 2019.

4. Primus Yustisio

Julukan ‘Panji’ melekat pada aktor satu ini karena sinetron yang dibintanginya yaitu ‘Panji Manusia Milenium’. Pria berdarah Iran ini telah membintangi beberapa sinetron. Karena kemampuan aktingnya yang terbilang bagus membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai akto terfavorit.

Primus Yustisio [Image Source]
Primus Yustisio [Image Source]
Status sebagai aktor yang melekat pada dirinya tidak membuatnya puas hingga ia juga terjun ke dunia politik. Pada tahun 2008 ia turut serta dalam pemilihan Bupati Subang. Sayangnya, keikutsertaannya pada saat itu menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Suami Jihan Fahira ini pun tak pantang menyerah dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif alias anggota DPR. Pada akhirnya, ia terpilih menjadi anggota DPR selama dua periode yaitu periode 2009 dan periode 2014 yang berakhir pada tahun 2019 nanti.

5. Anang Hermansyah

Keahliannya dalam bidang memainkan musik, mengarang lagu dan dalam menilai musik. Ayahanda Aurel ini juga terkenal pedas dalam mengkritik musik. Hal tersebut sering terlihat ketika mantan suami KD ini menjadi juri di beberapa adu bakat musik.

Anang Hermansyah [Image Source]
Anang Hermansyah [Image Source]
Musisi yang kontroversial ini selalu membuat gempar netizen. Tak hanya saat menjadi juri adu bakat musik ataupun di kehidupan pribadinya , tapi juga pada perjalanan karirnya. Ia juga muncul dan berkecimpung di dunia politik. Pada tahun 2014, ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Ia pun lolos sebagai anggota DPR periode 2014-2019 dan duduk pada komisi X.

Itulah artis-artis yang berkecimpung di dunia politik. Tak salah jika mempunyai minat di bidang lain selain yang digeluti saat ini. Asalkan, bisa mempertanggungjawabkan dan konsisten dengan jalan yang dipilih. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page