Diamankan Karena Diduga Gunakan Narkoba, Ririn Ekawati Akhirnya Dipulangkan

Karena tuntutan pekerjaan, banyak sekali artis-artis yang kemudian menggunakan berbagai jenis obat-obatan terlarang. Penggunaan ini juga macam-macam, ada yang karena ingin terus bekerja tanpa lelah, penghilang stress, difungsikan sebagai obat tidur, bahkan ada yang mengkonsumsi agar terus merasa senang.

Nah, belum lama ini, Ririn Ekawati diamankan oleh Satresnarkoba Polres Jakarta Barat pada Sabtu (7/3/2020), atas laporan dari masyarakat. Bersama asisten pribadinya, ITY (30), saat itu Ririn sedang berada di lobi sebuah gedung di kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan. Berikut ini kronologinya.

Pil happy five yang diketahui milik asistennya

Ririn Ekawati [sumber gambar]
Pihak kepolisian kemudian menggeledah mobil Ririn dan menemukan dua butir pil psikotropika berjenis happy five (H5) yang diakui milik ITY. Pemeriksaan kemudian berlanjut ke indekos tempat ITY tinggal di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Di kamar kos ini, ternyata masih ada tiga butir lagi yang ditemukan oleh pihak kepolisian. Berdasarkan hasil interogasi, pil tersebut diperoleh dari DV –yang kemudian juga diperiksa oleh pihak kepolisian. Di kediaman DV ini polisi menemukan lagi 37 butir pil yang sama.

Tes urine dan darah Ririn Ekawati

Hasil tes urine negative [sumber gambar]
Kanit 1 Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Arief Oktora mengungkap bahwa tiga orang dalam kasus ini sudah melakukan tes urine dan juga rambut. Untuk tes urine, hasilnya, asistennya positif psikotropika, sedangkan Ririn Ekawati negatif. “Pemeriksaan rambut di BNN hasilnya memerlukan waktu 3 sampai 5 hari kerja, akan kami update lagi ke teman-teman media hasilnya. RE itu merupakan saksi, jadi dia akan pulang, ucap Kompol Ronaldo Siregar, melansir dari IDNTimes.com.

Ririn yang sangat kooperatif saat diperiksa

Kooperative saat diperiksa [sumber gambar]
Sesaat setelah dirinya diamankan oleh pihak kepolisian, Ririn harus melalui pemeriksaan selama kurang lebih 4 jam. Kompol Ronaldo Siregar menyebut bahwa selama proses pemeriksaan berlangsung, Ririn sangat kooperatif dan bisa diajak kerja sama. Namun, saat dilakukan pemeriksaan di rumah Ririn, pihak berwajib menemukan adanya pil Xanax. Namun, Ririn mengatakan bahwa pil itu bukan miliknya, melainkan milik mendiang suaminya.

Memilih untuk bungkam dan tak memberikan klarifikasi

Ririn ketika dijemput pulang [sumber gambar]
Sementara dari hasil tes urinenya yang dinyatakan negative, Ririn diperbolehkan untuk pulang. Saat pulang, ia dijemput oleh suami dari adiknya, Michael Andrew Ha. Namun, tak seperti saat ia diperiksa, Ririn tampak tidak mengeluarkan sepata katapun dan memilih untuk bungkam. Saat pulang bersama dengan Michael, keduanya menaiki mobil Honda CR-V SUV berwarna hitam. Ririn terlihat sangat lelah, tetapi ia tetap melemparkan senyumannya kepada awak media.

Pemeriksaan lanjutan terkait dengan rambut ini akan memakan waktu 3-5 hari, sehingga barus bisa diketahui beberapa hari ke depan. Semoga ya semua bisa berjalan dengan lancar. Pihak berwajib juga mengatakan kalau pemeriksaan akan terus dilanjutkan sampai tuntas.