Selebgram Rachel Vennya memang terkenal sebagai sosialita yang sukses sejak masih belia. Selain memang memiliki garis kehidupan yang mapan, bisnisnya pun berderet-deret di berbagai lini. Tak hanya itu, Rachel juga terkenal sebagai sosok yang gemar melakukan aksi sosial.

Salah satunya ketika ibu muda dari dua anak itu baru-baru ini menggalang dana untuk penanganan wabah Covid-19. Bukan Cuma menggalang dana dari followers, ia pun berdonasi Rp 775 juta untuk kebutuhan APD yang langka.

Nampaknya, aksi mulia ini dipandang lain oleh beberapa orang sehingga membuat sang selebgram tidak nyaman. Rachel baru-baru ini menggunggah dalam Instagram Storynya. Dalam caption story tersebut, ia menulis agar orang-orang berhenti menghubungi admin endorsementnya untuk hal-hal yang tidak berkaitan.

Rachel mengaku bahwa dirinya tidak bisa membantu semua orang, dan ia bukan tipikal orang yang meminjamkan uang ketika diminta. Ibu dari Xabiru ini juga merasa kurang nyaman karena rumah di mana Rachel dan keluarga merasa aman, didatangi orang-orang asing dengan beragam alasan yang tidak jelas.

Inti dari postingan tersebut adalah memohon kepada pihak-pihak luar tidak mengusik rumahnya atau melakukan tindakan nekat seperti meminjam uang melalui DM Instagram. Tentunya tindakan tersebut membuat Rachel Vennya dan keluarga merasa tidak nyaman, apalagi di tengah isolasi mandiri akibat pandemi saat ini.

“Please, jangan bikin aku kapok untuk melakukan penggalangan dana atau membantu orang lain karena dipush (ditekan) gini. Please,” tekan Rachel Vennya.

Kejadian serupa sebenarnya pernah dialami beberapa seleb dan public figure. Salah satunya adalah Joko Anwar yang pernah dimintai kamera oleh netizen melalui DM. Permintaan tersebut dilakukan secara langsung, terang-terangan dan ‘Cuma-Cuma’. Tak tanggung-tanggung, kamera yang diinginkan seharga Rp 80 juta.

Jelas saja hal seperti ini membuat sang sutradara film geleng-geleng kepala. Ia pun menanggapi permintaan itu dengan membuat cuitan, “Selalu amazed sama DM Instagram. (Saya pengen beli kamera 20 jutaan aja belum kebeli, dan nggak kepikiran minta siapa-siapa),” ujarnya.