Seleb Indonesia

Yok Koeswoyo Dan Iwan Fals Berulang Tahun

Oleh -
Iwan Fals via jawapos
Iwan Fals via jawapos

Salah satu personil Koes Plus yang tersisa, Yok Koeswoyo merayakan ulang tahunnya ke-71, Kamis (3/9). Pria bernama asli Koesrojo itu mewarnai Koes Plus dengan karya monumental.
Yok bertindak sebagai bassist sekaligus penyanyi latar. Musikalitas Yok tidak kalah dibanding kakaknya Yon. Beberapa lagu karyanya masih populer hingga kini seperti Why Do You Love Me. Bahkan, lagu itu juga disebut-sebut pernah populer di Australia.

Di hari yang sama, musisi Iwan Fals juga tengah merayakan ulang tahunnya ke-54. Sepotong demi sepotong kehidupannya bisa disimak lewat karyanya, seperti bagaimana dia tumbuh di Ujung Aspal, Pondok Gede sebuah kawasan perbatasan antara Jawa Barat dan Jakarta. Dia juga meluapkan euforia kelahiran anaknya, Galang Rambu Anarki.

Momen bertambah umurnya pria dengan nama lahir Virgiawan Listanto ini ditandai dengan banyaknya ucapan yang mengalir melalui sosial media Twitter. “Selamat Ulang Tahun Mas @IwanFals. Seperti pesan sampeyan. “Sehat terus.” #IwanFals54Tahun,” tulis@AdibHidayat. Ada juga harapan yang diungkapan oleh @diardidas, “Selamat hari lahir sang legenda musik Indonesia “Iwan Fals” 54thn bernyanyi untuk negeriā€¦ #Iwanfalsday”.

Melihat banyaknya ucapan yang disampaikan para penggemarnya, Iwan Fals pun bereaksi. Pelantun lagu Bento itu mengucapkan banyak terima kasih dan doanya pada hari jadinya ini.
“Terima kasih atas doanya, semoga menjadikan Indonesia yang teduh dan damai. Demi esok yang gilang gemilang,” tulis Iwan Fals dalam akun Twitter pribadinya @iwanfals.

Iwan Fals merupakan gelombang besar setelah Koes Plus. Namanya mulai muncul di akhir era 1970-an. Dengan lirik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan irama musik yang sederhana, Iwan tak butuh lama untuk menjadi idola. Ada satu hal yang sama antara Iwan Fals dan Koes Plus, mereka pernah dikecam pemerintah.

Jika Koes Plus hingga mendekam di penjara saat pemerintahan Soekarno, Iwan Fals sempat dicekal orde baru karena lirik-lirik lagunya yang bertema kritik sosial dianggap terlalu tajam. Iwan Fals saat ini lebih banyak diberitakan dengan aktivitas-aktivitas sosialnya. Sementara Koes Plus sesekali tampil meski personelnya tak lagi lengkap. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page