Seleb Indonesia

Vicky Shu Kagum Keindahan Klenteng

Oleh -
Vicky Shu via tribunnews
Vicky Shu via tribunnews

Penyanyi Vicky Shu mengunjungi sebuah Klenteng tertua di kota Tuban, Jawa Timur. Vicky dibuat kagum menyaksikan Klenteng bernama  Kwan Sing Bio yang punya interior bangunan berbeda daripada Klenteng pada umumnya. Klenteng Kwan Sing Bio ini begitu menarik hati Vicky karena bernilai sejarah tinggi di daerah Pantai Utara Jawa Timur tersebut.

“Kalau klenteng ini interiornya beda. Beda dari sisi tokohnya yang ditampilkan dalam bentuk patung. Tapi memang setiap klenteng punya keistimewaan, yang penting pembelajarannya karena kita sebagai umat beragama. Salah satu keistimewaan klenteng ini adalah bangunan yang menghadap ke Laut Utara Jawa yang konon merupakan leluhur mereka. Hebat ya, aku kagum,” kata Vicky Shu sambil melihat-lihat bentuk bangunan klenteng.

Dara cantik kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, 8 Juli 1987 itu mendadak jadi ingin mengetahui segala hal tentang sejarah klenteng tersebut. Vicky meyakini setiap klenteng di Indonesia ini memiliki nilai sejarah tinggi karena biasanya dibangun sejak lama dan bertahan hingga kini. “Bangunan klenteng itu pasti tua. Buat aku, klenteng ini seperti museum yang menyimpan banyak cerita menarik,” tutur penyanyi bernama panjang Vicky Veranita Yudhasoka ini.

Vicky memang suka traveling ke tempat bersejarah seperti museum dan juga gedung tua. Baginya, hal ini dapat membuatnya mendapatkan tambahan ilmu soal sejarah. “Aku suka ke museum dan klenteng. Kalau ke tempat kayak gini sudah menjadi hobi untuk menambah pengetahuan karena aku lebih suka memilih tempat wisata seperti ini daripada gunung dan pantai,” ujar wanita asal Cilacap ini.

Kwan Sing Tee Koen dikenal sebagai Dewa Perang Sam Kok dalam sejarah Tiongkok. Vicky juga direncanakan akan mengisi acara ulang tahun Dewa Kwan Sing Tee Koen di Klenteng Kwan Sing Bio. Dia pun mengaku sudah tak sabar ingin menghibur masyarakat Tuban, Jawa Timur. Dia akan beraksi di depan sekitar 30 ribu warga di areal klenteng seluas 6 hektar itu. Selain itu, Vicky juga akan memamerkan keahliannya menyanyikan lagu bahasa Mandarin.

“Aku akan manggung pada tanggal 7 Agustus nanti. Nanti akan nyanyi lagu mandarin juga. Tadi sudah ada dua permintaan lagu mandarin. Aku sudah menyiapkan beberapa kostum dengan dominan warna merah. Persiapan fisik dan doa tentu juga iya,” ungkap wanita yang dikabarkan pernah dekat dengan Deddy Corbuzier ini. Koordinator Panitia HUT Dewa Kwan Sing Tee Koen di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Lim Sugiantoro mengatakan Rp 2 miliar disiapkan selama pesta digelar mulai pementasan wayang kulit dan kirab budaya nusantara. Next

Apakah Kamu Setuju?