Musik

Ucapkan Terima Kasih, Tulus Luncurkan Album Ketiga Monokrom

Oleh -

Penyanyi Tulus kembali menelurkan karya musik terbaru dengan meluncurkan album ketiga berjudul Monokrom, Rabu (3/6). Sebagian besar lagunya dia buat sendiri. Dia pun menyebut album ketiganya ini merupakan ungkapan terima kasihnya.

“Album Monokrom merupakan ungkapan terima kasih paling merdu yang bisa saya lakukan untuk ibu, keluarga, kakak, orang-orang yang terlibat dalam hidup dan karir saya. Semangat album ini adalah ucapan terima kasih. Terima kasih kepada banyak pihak yang punya andil membentuk saya hingga jadi seperti sekarang,” kata Tulus di Jakarta Pusat, Rabu (3/8).

Monokrom berisikan 10 lagu dan dibuat secara bertahap dalam setahun terakhir. Penyanyi bernama lengkap Muhammad Tulus itu mengatakan proses kreatif dalam pembuatan album itu memakan waktu lebih lama daripada pengerjaannya di studio yang hanya berlangsung beberapa minggu. Sekitar 80 persen lagu dalam Monokrom yang ditulis sendiri oleh Tulus.

Tulus via detik
Tulus via detik

“Dengan segala ketidaktahuan saya dalam bermusik. Dari sisi lirik dan cerita, keberagaman komposisinya sama dengan sebelumnya. Saya hanya berusaha membuat lagu yang humanis. Saya mengangkat cerita yang orang enggak sadar ada, tapi sebenarnya ada,” ucapnya.

Jika dilihat dari sisi musikalitas, kali ini Tulus lebih banyak bereksplorasi dengan alat musik dalam album Monokrom tersebut. “Banyak bunyi-bunyian yang belum pernah ada di album pertama dan kedua. Saya sendiri belum pernah bekerja sama dengan string section dengan bunyi setebal ini. Harmonika, ukulele, banjo,” sambungnya.

Lima lagu dalam album tersebut direkam di Praha, Ceko dengan iringan The City of Prague Philharmonic Orchestra, termasuk di antaranya lagu yang berjudul Monokrom. Monokrom memperlihatkan portrait penyanyi kelahiran 1987 tersebut menghadap depan, dengan latar warna abu-abu, lebih terkesan elegan dari album sebelumnya.

Portrait itu seolah menyiratkan bila dia semakin yakin pada jalannya. Kesan sederhana pun tergambar dari pemilihan warna yang simpel, senada dengan makna Monokrom. CD album Monokrom telah disebar ke seluruh wilayah Indonesia, juga di negara tetangga Malaysia. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page