Seleb Indonesia

Selain Makan, Lakukan Ini Saat Sahur Agar Puasamu Lebih Kuat

Oleh -

Namanya juga puasa, kamu tidak boleh makan dan minum selama seharian. Meski kadang badan lemas, kamu nggak akan sengaja membatalkan puasa di siang bolong hanya agar bisa kuat bekerja, kan? Ih, nggak malu sama anak SD, nih?

Nah, ini ada tips ringan dan nggak ribet yang bisa kamu lakukan saat sahur agar puasamu bisa lebih kuat dari biasanya. Puasa lancar, pekerjaan juga nggak akan terbengkalai. Sudah siap menyimak? Ini dia daftarnya.

1. Banyak Minum Air Putih

Minum Banyak Air Putih
Minum Banyak Air Putih (via Image Source)

Nggak makan dan minum hampir seharian pasti bikin kamu lemes juga dehidrasi. Akali dengan banyak minum air putih saat sahur. Hal ini bisa berguna banget untuk menjaga persediaan air dalam tubuh kamu untuk seharian kamu berkaktivitas seharian. Jadi, jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu bermalas-malasan, ah.

2. Konsumsi Vitamin Atau Suplemen

Konsumsi Vitamin
Konsumsi Vitamin (via Image Source)

Selain makan karbohidrat dan sayuran, coba tambahkan vitamin atau suplemen dalam menu sahurmu. Selama berpuasa, tidak ada air atau pun nutrisi yang akan masuk dalam tubuhmu. Nah, vitamin atau suplemen ini akan menjadi pengganti makanan yang akan menjadi sumber kekuatan kamu. Selain itu, vitamin akan meningkatkan daya tahan tubuhmu.

3. Jangan Lupakan Si Manis Madu

Tambahkan Madu
Tambahkan Madu (via Image Source)

Kalau si manis ini berfungsi tak jauh berbeda dengan vitamin atau suplemen di atas. Hanya saja madu merupakan bahan yang jauh lebih alami dan minim efek samping. Manisnya madu juga membuatmu tidak gampang lapar. Berbagai hadis menyebutkan bahwa madu dipakai junjungan kita, Nabi Muhammad menggunakan madu sebagai obat dari segala penyakit.

4. Gula, adalah Sumber Kekuatan

Ngemil Coklat
Ngemil Coklat (via Image Source)

Menurut berbagai penelitian, makanan manis dapat membuatmu kenyang lebih lama. Kamu bisa ngemil coklat atau cake manis sehabis sahur. Tapi ingat, selingi olahraga ringan saat malah harinya kalau kamu tidak mau menggendut saat lebaran nanti. Nggak mau kan kalau baju lebaran kamu malah tak terlihat cantik di badanmu?

5. Hindari Makan Makanan yang Digoreng

Hindari Makanan Yang Digoreng
Hindari Makanan Yang Digoreng (via Image Source)

Usahakan agar menu sahurmu terdiri dari banyak sayuran. Nasi putih, sayuran berkuah, juga lauk dengan protein tinggi akan sangat membantu menjaga kondisi badanmu selama seharian nanti. Hindari sahur dengan makanan yang digoreng. Selain bisa meningkatkan kolesterol, makanan yang digoreng juga bisa membuatmu cepat haus, loh. Nah, nggak mau kehausan saat hari masih pagi, kan?

Well, itu tadi sedikit tips agar puasamu bisa kuat seharian. Lemes pas puasa bisa menghambat kegiatan pentingmu, loh. Niatkan puasa dengan sepenuh hati, dan jangan lupa tersenyum setiap memulai hari. Selamat mencoba, ya. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page