LifeStyle tips trik

12 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga Berat

Oleh -

Perut adalah salah satu bagian tubuh yang penting bagi manusia. Selain karena terdapat organ-organ pencernaan, bentuk perut yang indah juga menjadi salah satu daya tarik bagi wanita. Dalam kondisi normal, terdapat sekitar 1 liter gas di dalam perut. Tapi, terlalu banyak gas juga mempengaruhi bentuk perut kita.

Nggak cuma terlalu banyak lemak, terlalu banyak gas juga membuat perut menjadi buncit. Faktanya, kebanyakan orang suka mengkonsumsi makanan berat yang sulit diproses di dalam perut, sehingga semakin banyak gas yang diproduksi dan dapat membuat perut mudah kembung serta menjadi buncit. Untuk mengngatasinya, berikut ini beberapa tips menghindari perut buncit serta membantu perut agar dapat bekerja dengan baik setiap hari.

1. Memijat bagian atas perut

Metode awal menghilangkan perut buncit yaitu dengan cara memijat beberapa bagian perut. Titik pertama adalah 4 jari di atas pusar. Kemudian pijat titik tersebut searah dan berlawanan arah jarum jam masing-masing selama 2 sampai 3 menit. Jika caramu sudah benar, maka lama kelamaan mulutmu akan terasa asam serta air liur meningkat. Pijatan ini akan membantu mengurangi pembentukan gas dan meringankan perut.

2. Memijat bagian atas pusar

Selanjutnya adalah memijat bagian atas pusar dengan jarak 2 jari. Tekan bagian tersebut, dan pijat searah serta berlawanan arah jarum jam masing-masing selama 2 sampai 3 menit. Pijatan ini dapat membantu mengurangi penyimpanan air dan meringankan sakit perut.

3. Memijat bagian bawah pusar

Bagian terakhir adalah memijat titik bagian bawah pusar dengan jarak 4 jari. Pijat titik tersebut secara perlahan searah dan berlawanan dengan jarum jam masing-masing selama 2 sampai 3 menit. Pijatan ini dapat mengurangi kembung, meningkatkan aktifitas usus, dan mengurangi berat badan.

4. Minum segelas air hangat dengan perasan lemon setiap pagi

Selain memijat beberapa bagian perut, masih ada beberapa cara lain yang dapat membantumu menghilangkan perut buncit tanpa olahraga. Minumlah segelas air hangat yang ditambah dengan perasan jeruk lemon pada 15 sampai 30 menit sebelum sarapan. Ini membantu menormalkan sekresi asam lambung, mengurangi gejala sakit maag, dan mencegah bersendawa serta pembentukan gas di usus. Selain itu, buah lemon yang mengandung banyak vitamin C sangat berguna bagi kesehatan tubuh mulai dari kulit hingga mencegah datangnya penyakit.

5. Hindari susu dan kopi saat sarapan

Kebanyakan orang memulai harinya dengan minum susu dan kopi saat sarapan. Jika kamu menginginkan perut yang rata, maka mulai saat ini lebih baik hindari 2 minuman tersebut. Sebab, susu dan kopi dapat merangsang prouksi asam lambung dan meningkatkan keasaman. Agar aman, pilihlah yoghurt atau kefir yang mengandung probiotik dan dapat membantu bakteri perut dalam proses pencernaan.

6. Hindari minum saat sedang makan

Minuman yang masuk ke dalam tubuhmu saat sedang makan dapat mencairkan asam lambung serta konsentrasi enzim yang berguna bagi proses pencernaan. Karena itu, minum saat sedang makan membuat makanan lebih lama dicerna sehingga meningkatkan pembentukan gas dan menyebabkan kembung.

7. Jangan minum alkohol dalam keadaan perut kosong

Minuman beralkohol dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika tidak mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong, dapat menimbulkan korosi pada dinding usus serta membunuh mikroflora pada lambung dan usus. Tapi, tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali adalah pilihan yang terbaik demi kesehatan.

8. Minum teh jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang berguna bagi kesehatan tubuh. Rasa pedas yang terdapat di dalam jahe mampu menenangkan perut, mengurangi pembentukan gas dan meningkatkan aktifitas usus. Selain berguna bagi pencernaan, jahe juga dapat mengencerkan serta melancarkan peredaran darah.

9. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan berlemak

Makanan berlemak, makanan cepat saji, dan makanan yang terlalu manis merupakan makanan berat yang akan tetap berada di dalam perut selama proses pencernaan berlangsung. Semakin sulit sebuah makanan dicerna, maka semakin banyak gas yang dihasilkan. Jika bisa menjauhi makanan berlemak, maka kamu akan terhindar dari resiko kegemukan dan perasaan nggak nyaman.

10. Jangan makan udara

Mungkin yang satu ini terdengar konyol dan mustahil, tapi tanpa disadari banyak orang yang mengkonsumi udara setiap hari. Makan sambil bicara, mengunyah dengan tergesa-gesa, mengkonsumsi minuman bersoda, mengunyah permen karet, hingga merokok adalah beberapa aktifitas yang dapat membuat udara masuk ke dalam tubuh. Memang hal ini nggak berbahaya, tapi dapat menyebabkan kembung dan membentuk gas di dalam tubuh.

11. Jangan terlalu banyak makan makanan berserat

Makanan berserat seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan memang bagus untuk pencernaan serta kesehatan tubuh. Tapi, kelebihan serat juga tidak baik karena dapat menimbulkan pembentukan gas serta menghambat fungsi usus. Ingat, yang berlebihan itu tidak baik.

12. Rilex, istirahat yang cukup, dan meditasi

Rasa cemas dan stress dapat menyebabkan masalah pada usus. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menenangkan diri misalnya dengan melakukan meditasi selama 15-20 menit per hari. Kegiatan ini dapat menenangkan pikiran, perut, jantung, dan menormalkan sirkulasi darah.

Inilah 12 cara untuk menghindari perut buncit. Selain berguna bagi perut, beberapa cara di atas juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. So, tunggu apa lagi? Yuk, coba praktekkan dan biasakan gaya hidup sehat mulai dari sekarang! Next

Apakah Kamu Setuju?