tips trik

Pelecehan di Mana-mana. Lakukan Ini Agar Selamat, Girls!

Oleh -

Masih ingat kasus Yuyun yang bikin hati menangis? Miris, pelecehan sedang terjadi di mana-mana. Tak hanya mengalami pelecehan, Yuyun bahkan diperkosa berkali-kali oleh banyak orang sebelum akhirnya mati tinggal nama. Bukan hanya tak bermoral, semua pelaku biadab ini memang layak di hukum mati.

Kita tidak bisa menghilangkan berbagai sampah yang ada di pikiran orang lain. Yang bisa kita lakukan hanya menghindari, agar kita tak menjadi Yuyun-yuyun yang lain. Tak bisa dipungkiri, semakin maju jaman, semakin meningkat pula kejahatan di mana-mana. Termasuk yang satu ini. Agar terhindar, lakukan beberapa hal berikut ini ya, girls.

1. Berani Menegur

Berani menegur
Berani menegur (via Image Source)

Jika tiba-tiba ada seseorang yang tidak dikenal, atau bahkan dikenal melakukan sesuatu padamu tanpa seijinmu, tegur. Tidak semua perempuan memiliki keberanian membuka suara. Apalagi jika dalam keadaan panik atau terancam, perempuan akan cenderung menangis. Tapi, yakinkan diri bahwa kamu berani dan tidak layak diperlakukan tidak sopan oleh siapapun. Kamu berani, dan kamu bisa.

2. Hindari Pergi Seorang Diri

Pelecehan Di Jalan
Pelecehan Di Jalan (via Image Source)

Jika kamu adalah pengguna kendaraan umum, maka ada baiknya kamu menghindari untuk pergi sendirian. Pasti pernah mendengar kan kalau kendaraan umum adalah salah satu tempat yang rawan akan pelecehan? Jika dengan sangat terpaksa kamu harus pergi sendiri, maka pilih kendaraan umum yang ramai dengan penumpang wanita. Satu lagi, jangan sampai lengah atau tertidur, ya.

3. Belajar Dasar Bela Diri

Dasar Bela Diri
Dasar Bela Diri (via Image Source)

Berterimakasihlah pada teknologi yang memudahkan. Sekarang ini kamu bisa dengan mudah menemukan teknik-teknik dasar membela diri di Youtube. Pelajari, dan praktekkan teori-teorinya. Hal ini bisa sangat berguna jika kamu harus pergi sendirian, apalagi dengan menggunakan kendaraan umum. Jangan lupa untuk rajin olahraga, hal ini akan sangat baik pada pertahanan tubuh kamu. Jaga-jaga agar kamu tidak gampang pingsan.

4. Bawa Alat Pengaman

Pelecehan
Pelecehan (via Image Source)

Selain belajar dasar bela diri, membawa alat pengaman juga tak kalah penting. Usahakan tas kamu tak hanya berisi make up dan gadget. Siapkan benda yang sekiranya bisa kamu gunakan untuk membela diri. Penyemprot merica, juga peniti atau jarum pentul dari jilbab boleh juga kamu jadikan pilihan. Kalau terlalu panik untuk membuka tas, kamu bisa langsung memukul pelaku dengan tasmu. Yang penting adalah berani.

5. Perhatikan Penampilanmu

Perhatikan Penampilan
Perhatikan Penampilan (via Image Source)

Memang, kamu berhak memakai baju apapun yang membuatmu nyaman. Tapi, memaksa memakai pakaian terbuka dan super mini sedang kamu harus naik kendaraan umum atau ke tempat ramai dan sesak, itu sama saja bunuh diri. Mereka yang melecehkanmu memang salah, tapi kamu tak kurang bersalahnya dengan mereka. Pintar-pintarlah menempatkan diri dan menyesuaikan tempat. Yang berbaju sopan pun masih sering jadi korban, loh.

Nah, itu tadi sedikit tips dan trik agar kamu terbebas dari pelecehan. Satu yang penting, kalau kamu terlanjur mengalami atau kebetulan menjadi saksi, maka laporkan. Hal ini sangat penting agar ke depannya tak ada korban lagi dari pelaku yang sama. Bagaimana, sudah siap menghadapi dunia yang berbahaya ini? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page