Entertainment inspirasi LifeStyle Seleb Indonesia

Pangkas Berat Badan Hingga 55 kilo, Ini Nih 10 Perjalanan Panjang Diet Kemal Mochtar

Oleh -

Aktor sekaligus presenter Kemal Mochtar memberikan kabar mengejutkan sekaligus memotivasi publik. Bagaimana tidak, dikenal dengan pipi chubby dan tubuh yang tambun, kini penampilan Kemal berubah drastis menjadi lebih tirus.

Bukan dikarenakan sakit, melainkan Kemal menjalani diet yang sukses memangkas berat badannya hingga 55 kilogram! Penasaran seperti apa sih proses diet Kemal Mochtar? Yuk simak rangkuman berikut!

1. Alasan dan motivasi diet

Bukan karena mengejar tipe ideal kebanyakan orang, Kemal melakukan diet demi kesehatan tubuhnya. Sudah berumur hampir 40 tahun, Kemal berpikir bahwa memiliki berat badan pada angka saat itu, berarti ia tidak peduli dengan kesehatan dirinya yang artinya ia juga tidak peduli pada kesehatan istri dan anak-anaknya.

2. Pernah tersedak saat tidur hingga tak bisa bernapas

Pada suatu pagi dini hari, Kemal terbangun karena mendengkur dan tersedak hingga tak bisa bernapas. Untuk membangunkan sang istri pun, ia tak sanggup karena tidak bisa berbicara. Bahkan, saat mencoba untuk menenggak air minum, ia juga tak bisa karena air minum itu langsung keluar. Tak hanya sekali, Kemal mengalami hal yang sama satu minggu setelah kejadian pertama. Ia pun sampai tak berani untuk tidur.

3. Diet sehat konsultasi ke dokter

Tidak sembarang diet dilakukan Kemal, ia datang langsung ke dokter khusus gizi untuk menangani diet. Saat berkonsultasi, dokter mengatakan bahwa Kemal sedang mengalami obesitas berat badan. Kemal memilih dokter gizi untuk berkonsultasi dan mengarahkan dietnya karena dokter gizi lebih mengerti tubuh Kemal seperti apa setelah mengobrol mengenai kegiatan Kemal, cek tekanan darah dan lainnya.

4. Mata Kemal terbuka setelah bertemu dengan dokter gizi

Sebelum bertemu dengan dokter gizi, Kemal berpikir bahwa dengan tidak makan maka akan mengurangi berat badan. Ternyata itu salah, tidak makan maka akan semakin meningkatkan rasa lapar kita. Sehingga, makan boleh sering tetapi harus sedikit. Sebelum melakukan diet bersama dokter gizi, Kemal sudah pernah melakukan berbagai diet mulai dari tahun 2010. Ia tak pernah menyalahkan program-program diet yang telah ia lakukan meski gagal karena ia percaya bahwa tidak semua orang bisa cocok dengan program diet yang sama.

5. Pantangan makanan yang ternyata tak sebanyak yang dipikirkan

Jika banyak orang berpikir kita hanya bisa makan sayuran dan buah-buahan selama diet, ternyata bukan itu yang dilakukan Kemal. Ia tetap makan nasi, sayur soto, rawon hingga sate kambing. Pantangan makanan yang ada hanyalah minyak, butter dan santen. Ia harus makan makanan segar, yang berarti sayur, buah atau daging yang segar bukan yang sudah dibekukan, diberi pengawet maupun diproses.

6. Nggak perlu olahraga ngoyo yang penting konsisten

Diet tanpa olahraga rasanya memang ada yang kurang. Maka, tetap dengan arahan dokter gizi, Kemal melakukan olahraga ringan yaitu jalan kaki. Yang perlu ia lakukan adalah jalan kaki setiap harinya selama satu jam tanpa henti. Tidak perlu terlalu cepat bahkan sampai berkeringat, hanya perlu konsisten. Makanan yang Kemal konsumsi maupun olahraga yang ia lakukan, semua tergantung kondisi Kemal. Jika berat badan sudah berubah, maka semua juga bisa berubah.

7. Diet yang berujung keberhasilan

Tak seperti diet-diet sebelumnya, kali ini Kemal bisa tersenyum lebar karena diet yang dijalaninya bisa membuahkan hasil yang memuaskan. Dalam kurun waktu satu tahun, Kemal berhasil memangkas habis 55,8 kilogram berat badannya. Sehingga, awalnya Kemal memiliki berat badan 120 kilogram, kini hanya tinggal 64,2 kilogram. Turunnya berat badan Kemal, sekarang ia punya tugas baru untuk kesehatannya yaitu menjaga berat badannya agar tetap seimbang dengan cara makan yang benar.

8. Pengorbanan demi tubuh yang lebih sehat

Tentunya ada pengorbanan yang dilakukan Kemal demi melakukan dietnya. Tentunya, ia harus menahan napsu makan untuk bisa memakan yang ia sukai. Jarang makanan tanpa minyak, Kemal harus membawa makanan dari rumah atau bahkan hanya bisa memakan sashimi bebas minyak. Saat menemani anak-anaknya ke mall pun, ia harus tetap berjalan selama satu jam meski anak-anaknya sedang berada di suatu tempat di dalam mall.

9. Sempat mendapat olokan dan diremehkan

Sudah menjalani berbagai diet tapi tak kunjung berhasil, Kemal sering mendapati orang yang menggodanya, bahkan meremehkan apa yang ia lakukan. Contohnya saja, mendengar kalimat ” diet ape lagi, kemarin aja gagal ” atau ” gak usah sok2an diet mau jd ape “. Banyak orang yang bukannya memotivasi justru mengoloknya.

10. Kunci diet cuma satu: KOMITMEN!

Meski kerap mendapat olokan dan melakukan banyak pengorbanan, Kemal tak mudah menyerah.Kegigihan, keyakinan dan motivasi yang ia dapatkan dari orang-orang yang mendukungnya, itulah yang membuatnya bertahan untuk melakukan diet sehatnya. Memang, komitmen merupakan kunci diet yang tak bisa didapat kecuali dari diri sendiri.

Wah, memang ya diet bisa banget dilakukan kapan dan di mana saja, tapi tetap, harus komitmen agar bisa melakukan diet dengan benar. Sesuai kata Kemal, Kemal saja bisa melakukan diet demi kesehatan, kalian yang sedang diet, pasti juga bisa nih! Semangat ya! Next

Apakah Kamu Setuju?

next page