inspirasi LifeStyle

WADUH! Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Bikin Nggak Bangun Lagi, Loh

Oleh -

Kesehatan – Bisa ‘mencuri’ waktu sejenak untuk tidur siang saat sedang bekerja memang terlihat sangat nikmat. Ditambah lagi jika cuaca sedang panas-panasnya, dan pekerjaan sedang sangat membosankan. Namun, siapa yang sangka jika ternyata tidur siang yang terlalu lama bisa memicu timbulnya banyak penyakit dalam tubuh kita.

Penelitian baru membuktikan, bahwa orang yang tidur siang lebih lama dari 40 menit ternyata memiliki riwayat kesehatan yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang hanya beristirahat di bawah 30 menit. Para peneliti ini kemudian membuktikan bahwa tidur siang selama satu jam atau lebih mempunyai kaitan yang erat dengan peningkatan penyakit diabetes tipe 2 dalam tubuh. Meski demikian, tidur siang tidak ada hubungannya dengan peningkatan obesitas atau berat badan.

Heart Disease
Heart Disease (via Daily Mail)

Sebuah studi yang dilakukan sebelumnya oleh Dr Yamada dan rekan, diterbitkan dalam Juni 2015 tentang Isu Sleep, menyatakan bahwa tidur siang lebih lama dari satu jam, dapat meningkatkan  penyakit kardiovaskular sebanyak 82% dan peningkatan 27% dalam menyebabkan kematian. Mereka juga mempresentasikan data pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di September 2015 yang menunjukkan risiko diabetes meningkat 56% jika lelah dan sebesar 46% jika mereka mengambil tidur siang lebih dari satu jam. Hal ini akan mengarah pada penyakit jantung.

Menariknya, tidak hanya satu penelitian yang berhasil membuktikan bahwa tidur siang di bawah waktu 30 menit dapat mencegah seseorang dari penyakit diabetes. Dr Yamada menganjurkan seseorang beristirahat selama 20 menit sampai 30 menit saja untuk mengembalikan kesegaran. Karena, selain berbahaya, tidur siang terlalu lama akan mengakibatkan linglung ketika bangun.

Baca Juga: Hati-Hati, Sering Marah-Marah Bisa Bikin Kamu Cepat Mati, Loh

Penelitian ini perlu dikembangkan lagi, agar bisa semakin jelas batasan dan anjuran yang bisa digunakan. Dr Yamada juga berharap, pada penelitian selanjutnya sudah bisa menggunakan data tidur siang seseorang untuk mendeteksi penyakit-penyakit yang ada dalam tubuh orang tersebut.

Sama seperti olah raga, tidur juga merupakan komponen penting untuk tubuh sehat kita. Namun, segala hal yang berlebihan memanglah tidak baik. Manfaatkan waktu tidur malam dengan sangat bijaksana, agar dapat bekerja dengan energi maksimal pada siang harinya. Setuju, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page