Holywood

6 Tempat Indah Ini Jadi Memorial Untuk Kematian Putri Diana

Oleh -

Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil pada 31 Agustus 1997 lalu. Kepergiaan secara tiba-tiba ini tentu menyisakan duka mendalam bagi masayarakat dunia. Bahkan setelah 18 tahun kematiannya, Princess of Wales masih dirindukan oleh semua penganggumnya.

Tak heran jika banyak tempat dibuat untuk mengenang kepergiaan ibu dari Pangeran Harry dan Pangeran William ini. Dan berikut beberapa tempat-tempat khusus nan indah yang dipakai untuk mengenang kematian Putri Diana.

1. Diana Memorial Playground

Seperti namanya, taman bermain ini merupakan salah satu tempat untuk mengenang Putri Diana. Dibuka pada tanggal 30 Juni 2000, taman bermain gratis tersebut terletak di sebelah istana Kensington, lebih tepatnya di Royal Park. Tempat bermain gratis itu menjadi penghormatan kepada Putri Diana yang juga begitu mencintai anak-anak.

Diana Memorial Playground [image source]
Diana Memorial Playground [image source]
Lebih dari satu juta pengunjung menikmati taman bermain ini setiap tahunnya. Di sana anak-anak bisa menjelajah, membiarkan imajinasi mereka bereksplorasi dan tentu saja bermain dengan nyaman dikelilingi rimbun pohon dan tanaman. Taman ini begitu populer, bahkan untuk masuk kedalamnya orang-orang harus menunggu dan mengantre hingga beberapa jam!

2. Diana Memorial Fountain

Mengenang mendiang Putri Diana, kerajaan Inggris mendirikan Diana Memorial Fountain di Hyde Park. Air mancur untuk mengenang Putri Diana ini dibuka langsung oleh Ratu Elizabeth II pada 6 Juli 2004 lalu. Mengalir melewati Kensington Gardens, air mancur ini memang dirancang untuk mencerminkan cinta Putri Diana kepada anak-anak.

Diana Memorial Fountain [image source]
Diana Memorial Fountain [image source]
Air mancur ini dibangun dengan bahan-bahan, seniman dan teknologi terbaik. Dengan tatanan apik, pengunjung akan merasa nyaman dan santai seperti berada di taman sendiri.

3. The Flame of Liberty de Pont de L’Alma, Paris

Merupakan replika dari api di ujung obor di bawah tangan patung liberty, New York. Bara api tersebut di berikan kepada Perancis dari Amerika di tahun 1989 oleh International Herald Tribune dengan plakat bertuliskan “the Flame of Liberty’ di bawahnya. Patung tersebut digunakan sebagai simbol persahabatan antara Perancis dan Amerika.

The Flame of Liberty de Pont de L'Alma, Paris [image source]
The Flame of Liberty de Pont de L’Alma, Paris [image source]
Sampai akhirnya tragedi tahun 1997 itu, membuat monumen tersebut menjadi memorial untuk kematian Putri diana yang tewas di bawah terowongan Pont de L’Alma, Paris. Tugu tersebut bahkan tak pernah sepi ditempeli doa dan karangan bunga untuk mengenang putri kerajaan Inggris itu.

4. Princess Diana Memorial Garden, Belfast

Taman penuh bunga ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengenang Putri Diana. Diana Memorial Garden di Belfast ini menjadi simbol kecantikan Lady Diana dan kecintaannya terhadap lingkungan. Dipenuhi bunga mawar dan bunga cantik lainnya, taman ini terus dipenuhi pengunjung yang ingin mengenang putri Diana ataupun sekedar bersantai sejenak.

Princess Diana Memorial Garden, Belfast [image source]
Princess Diana Memorial Garden, Belfast [image source]
Keindahan taman ini tak pernah kehilangan pesonanya karena perawatan rutin yang membuat taman tetap bersih dan bunga-bunga terus tumbuh subur di sana.

5. Taman Le Clos des Blanc-Manteaux, Paris

Tak hanya Inggris, negara perancis juga menyediakan tempat khusus untuk mengenang mendiang Putri Diana ini. Terlebih perancis menjadi tempat terakhir Putri Diana menghembuskan nafasnya pada 31 Agustus 1997.

Taman Le Clos des Blanc-Manteaux, Paris [image source]
Taman Le Clos des Blanc-Manteaux, Paris [image source]
Taman bunga bernama Le Des Blanc-Manteaux ini berisi lahan terbukan seluas 1.200 meter persegi dengan tambahan air mancur dan kebun sayur. Di sana anak-anak dan orang dewasa bisa bersantai dan menikmati hari yang cerah.

6. Makam Althorp, Northhamptonshire

Putri Diana dikebumikan di sebuah pulau kecil di tengah danau hias berbentuk oval yang dibuat oleh Teulon pada tahun 1868. Kuil bergaya klasik dengan tulisan ‘Diana’ di depan bangunan megah tersebut menjadi tempat peristirahatan terakhir Putri Diana. Althorp ini pun menjadi salah satu tempat untuk mengenang Princess of Wales ini.

Althorp, Northhamptonshire [image source]
Althorp, Northhamptonshire [image source]
Sayang, tempat ini seperti tidak dirawat dengan baik. Bahkan Darren McGrady yang sempat membukukan beberapa gambar makam Lady Diana, menuliskan komentar kesedihannya karena keluarga mengabaikan tempat peristirahatan terakhir Putri Diana.

Itu dia sederet tempat indah yang didedikasikan untuk mengenang kematian Putri Diana. Jika kalian berjalan-jalan ke Eropa tak ada salahnya berkunjung sekaligus mengenang keindahan hati Princess of Wales tersebut. Next

Apakah Kamu Setuju?