Seleb Indonesia

Aransemen Ulang Lagu Taylor Swift ‘1989’, Siapakah Ryan Adams?

Oleh -

Para Swifties (sebutan penggemar Taylor Swift) pasti sudah tahu kabar terbaru jika album ‘1989’ milik kekasih Calvin Harris ini sudah selesai diaransemen ulang! Yap! Lagu-lagu Taylor di album yang rilis Oktober tahun 2014 itu telah di-cover oleh Ryan Adams. Bagi sebagian kalian yang lahir di tahun 90-an pasti sedikit asing dengan penyanyi yang satu ini. Dan pasti bertanya-tanya siapakah sosok Ryan Adams ini?

Okay, sedikit informasi guys! Ryan Adams merupakan musisi senior yang pernah tergabung sebagai member band alternative country bernama Whiskeytown. Selain sebagai penyanyi, Ryan juga bekerja sebagai produser album penyanyi ternama lho! Sebut saja Fall out Boy, Jenny Lewis dan Willie Nelson. Ingin tahu lebih jauh tentang fakta Ryan Adams yang mengaransemen album ‘1989’ milik Taylor Siwft? Intip ulasan berikut ini yuk!

1. Terkenal Jago Cover Lagu.

Mengaransemen lagu ulang nyatanya bukan kali pertama ini dilakukan oleh Ryan Adams. Karena penyanyi kelahiran 1974 itu nyatanya sudah beberapa kali melakukan ubah lagu musisi lain menjadi musik yang sesuai dengan gayanya. Mulai lagu milik Foo Fighter, Rolling Stone hingga Oasis pun pernah diubah menjadi musik dengan cirinya.

Lagu berjudul ‘Wonderwall’ yang dipopulerkan Oasis, menjadi lagu dengan komentar terbaik. Bahkan Noel Gallagher, mantan anggota Oasis menyebut versi ‘Wonderwall’ yang dinyanyikan Ryan Adams ini lebih bagus daripada versi bandnya.

2. Mantan Suami Mandy Moore?

Yes he was! Ryan Adams merupakan lelaki yang dipilih Mandy untuk menemani hidupnya sejak tahun 2009 lalu. Meski berjarak 9 tahun keduanya sempat berbahagia menjalani hidup selama 6 tahun, hingga awal tahun 2015 lalu keduanya resmi berpisah.

Mandy Moore & Ryan Adams [image source]
Mandy Moore & Ryan Adams [image source]
Perkenalan dua musisi di tahun 2008 itu memang membuat Mandy dan Ryan seolah tak terpisahkan. Dan perceraian di bulan Januari awal tahun ini memang cukup mengejutkan mengingat dua bintang ini jarang terlihat memiliki konflik berarti. “Mandy Moore dan Ryan Adams memutuskan mengakhiri pernikahan mereka yang hampir 6 tahun ini. Keduanya berpisah dengan cara damai dan mereka meminta media untuk menghormati privasi mereka,” ujar juru bicara keduanya.

3. Resmi Rilis Album Ryan Adams ‘1989’.

Yap! Kini lagu yang populer dalam album ‘1989’ milik Taylor Swift ini sudah memiliki dua versi yang berbeda. Selain versi asli yang bergenre pop, lagu-lagu di album ‘1989’ berhasil diubah menjadi musik dengan sentuhan country yang lembut.

Seperti pada lagu ‘Blank Space’ yang diaransemen menjadi lagu Ballad, ‘Style’ yang dirombak total jadi lebih funky hingga lagu ‘Welcome to New York’ yang digarap ulang dengan gaya The Smiths. Sedikit info, The Smiths merupakan band rock dengan sentuhan musik alternatif rock yang populer di tahun 80-an.

4. Bukan Hanya Musik, Tapi Juga Lirik!

Jelas gaya musik Taylor Swift dan Ryan Adams sangat berbeda satu sama lain. Tapi sejauh ini bisa disimpulkan album ‘1989’ versi Ryan Adams mendapat apresiasi positif dari pengamat musik. Bahkan album cover tersebut berhasil menduduki chart ke-7 Bilboard 200 di Amerika Serikat lho!


Tapi tak sedikit yang memberi komentar terhadap daur ulang Ryan Adams ini. Dimana menitik beratkan pada pengubahan lirik dari persepsi seorang wanita ke laki-laki, memang menghasilkan sense yang sedikit berbeda dari karya aslinya. “Aku pikir pemilihan kata ‘*ss’ itu sedikit kasar,” ujar salah satu komenter.

Well, bagaimana menurutmu? Lebih memilih Ryan Adams atau gaya asli milik Taylor Swift? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page