Seleb Indonesia

4 Alasan Kenapa Film Surat Dari Praha Dituding Hasil Plagiat

Oleh -

Film Surat Dari Praha menuai Kontroversi, pasalnya film garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko itu dituding sebagai hasil plagiasi dari buku berjudul sama karya Yasri Fajar. Yasri  merupakan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Ia mengungkapkan beberapa point yang menunjukkan jika film yang dibintangi oleh Julie Estelle dan Rio Dewanto itu adalah hasil jiplakan.

Bahkan sampai ada sebuah petisi yang ditujukan untuk menolak film Surat Dari Praha di sebuah situs internet. Dalam situs tersebut disampaikan beberapa alasan yang menunjukkan bahwa Angga Dwimas telah melakukan plagiasi. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Judul Sama

Kesamaan yang paling mencolok terlihat pada judul dua buah karya tersebut yaitu “Surat Dari Praha”. Sebelum film besutan Visinema Pictures itu dibuat, Yasri Fajar telah mempublikasikan buku Surat Dari Paraha yang berisi kumpulan cerpen pada 2012.

Petisi untuk Film Surat Dari Praha [via instagram]
Petisi untuk Film Surat Dari Praha [via instagram]
Sedangkan Surat Dari Praha versi film dirilis pada tahun 2016 dan proses syutingnya pada tahun 2015. Dituding melakukan plagiasi, sang sutradara tak terima. Ia mengancam akan membawa masalah ini ke jalur hukum.

2. Cerita Mirip

Bukan hanya soal judul yang dibuat mirip. Bahkan alur cerita pun dikatakan memiliki kesamaan antara versi Buku dengan Filmnya. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Yasri Fajar. Sedangkan pihak penulis skenario film mengaku jika ia tidak pernah membaca buku Yasri sebelum menulis alur cerita Surat Dari Praha.

Pemain film Surat Dari Praha [image source]
Pemain film Surat Dari Praha [image source]
“Ada kemiripan dengan cerita film yang saya tulis. Buku itu kan berisi kumpulan cerita pendek, salah satunya berjudul Surat Dari Praha. Ceritanya tentang mahasiswa Indonesia yang dikirim Soekarno belajar di Republik Ceko. Tiba-tiba ada gejolak tahun 60-an. Sehingga tidak bisa pulang dan memutuskan jadi eksil (orang yang terasing),” Ujar Yasri Fajar.

3. Cover dan Lokasi Juga Mirip

Alasan berikutnya yang membuat Yasri melayangkan tuduhan plagiasai adalah soal kemiripan cover dan lokasi. Memang tahun 2012 buku karya Yasri Fajar telah diterbitkan dan diedarkan dalam edisi terbatas.

Cover film dan buku Surat Dari Praha [image source]
Cover film dan buku Surat Dari Praha [image source]
Pada Februari tahun 2015 muncul poster film Surat Dari Praha. Dalam poster tersebut tergambar dua orang berdiri di atas jembatan. Jika dibandingkan dengan cover buku, memang sekilas terlihat mirip. Namun entah kenapa poster film kemudian diganti dengan yang baru.

4. Sama-Sama menggunakan Surat

Dari judulnya saja sudah ketebak bukan, jika film Surat Dari Praha menggunakan media berupa surat. Begitu juga dengan versi bukunya. Hal ini tentu semakin menguatkan dugaan plagiasi yang dilakukan oleh pihak penggarap film.Surat Dari Praha_副本

 

Namun hingga saat ini, Angga Dwimas selaku sutradara masih tetap membantah dukungan tersebut. Menurutnya, tuduhan tersebut tidak memiliki cukup bukti. Ia mengaku sangat dirugikan dan kecewa dengan tindakan Yasri Fajar. “Tuduhan ini secara nyata merugikan kami. Yusri Fajar harus menjelaskan kepada kami, di mana letak bagian yang plagiat,” ungkap Angga.

Itulah beberapa alasan yang menunjukkan jika Surat Dari Praha adalah hasil plagiat. Terlepas dari benar tidaknya tuduhan tersebut, menjiplak adalah tindakan yang tidak terpuji karena setiap orang yang berkarya berhak untuk diapresiasi. Next

Apakah Kamu Setuju?