Entertainment Film

HEBAT! Film Surat Dari Praha Masuk Dalam Nominasi Oscar 2017, Lho!

Oleh -

Perfilman Indonesia memang masih jauh tertinggal oleh industri Bollywood, apalagi Hollywood. Namun, pelan tapi pasti, Indonesia mulai merangkak dan membuktikan diri bahwa kita juga memiliki insan perfilman, juga pelakon yang mampu bersaing di kelas dunia. Setelah aktor-aktor Indonesia yang mulai menjejakkan kaki di Hollywood, kini giliran film karya anak bangsa yang tertulis di penghargaan bergengsi kelas dunia.

Baca Juga: MEMBANGGAKAN! Ini Lho Deretan Film / Anak Bangsa yang Masuk Nominasi Ajang Bergengsi

Iko Uwais, juga Joe Taslim sudah lebih dulu membawa harum nama Indonesia dengan kemampuannya berakting untuk film-film Hollywood yang dikenal sukses. Sebut saja Iko Uwais, yang mampu membuktikan diri dengan bergabungnya dalam film Man of Tai Chi dan Deadshot, juga berhasil membawa film yang dibintanginya, The Raid masuk dalam pasar dunia. Kini, giliran film Surat Dari Praha yang namanya tercatat di penghargaan sekelas Academy Award.

Film Surat Dari Praha
Film Surat Dari Praha

Surat Dari Praha adalah film yang menceritakan tentang cinta lama yang belum usai antara Jaya, yang diperankan oleh Tio Pakusadewo, dan Sulastri, yang dimainkan dengan apik oleh Widyawati. Larasati, yang diperankan oleh Julie Estelle merupakan anak Sulastri yang mendapat wasiat dari sang bunda, Sulastri untuk mengantarkan sebuah surat pada Jaya, mantan tunangannya yang terjebak dan tak bisa pulang dari Praha.

Film ini terinspirasi dari kisah pelajar-pelajar Indonesia di Praha yang tak bisa pulang karena perubahan situasi politik di negara sendiri. Dan film Surat Dari Praha ini juga merupakan bagian dari perayaan 20 tahun karir Glenn Fredly dalam bermusik. Empat lagunya berhasil menyempurnakan Surat Dari Praha sehingga film ini masuk dalam nominasi Oscar di tahun 2017.

Glenn Fredly
Glenn Fredly

“Kita baru dikabari tadi pagi, dan kita langsung kumpul buat memutuskan siapa yang hadir. Karena Angga lagi di Italia, akhirnya saya yang datang. Saya merasa perjalanan panjang dalam film ini dan saya nggak nyangka sama sekali,” jelas Glenn Fredly. Glenn pun sempat menjelaskan bahwa dirinya tidak mempunyai keinginan yang muluk-muluk saat membuat film ini dengan Angga Dwi Sasongko sebagai sutradara, selain berniat untuk memperbaiki kualitas film Indonesia.

Film ini juga menjadi debut Chicco Jerikho yang baru terjun sebagai produser film, lho. Dan Julie Estelle menyumbangkan suaranya untuk menyanyikan lagu soundtrack untuk film ini. Bagaimana, kamu sudah menonton film Surat Dari Praha juga, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?