Bolywood Seleb Indonesia

Ini Nih Deretan Sinetron Dengan Episode Terpanjang

Oleh -

Pada tahun 90-an, acara hiburan di Indonesia diramaikan dengan telenovela. Yaitu drama serial atau sinetron yang berasal dari Amerika Latin. Masih ingat dengan Maria Marcedes, Marimar, juga Esmeralda? Nah, itu adalah contoh-contoh telenovela yangs sangat digilai oleh ibu-ibu di Indonesia.

Rupanya, hal ini terulang lagi. Namun, bukan lagi telenovela yang menyita perhatian ibu-ibu kita, tapi serial dari India dan Turki. Pertelivisian kita memang sedang dibanjiri serial-serial dari luar, namun sinetron Indonesia juga masih ramai dinikmati, kok. Tak seperti drama korea yang rata-rata cuma 20 episode, serial-serial ini episodenya sampai ratusan, bahkan ribuan. Wah, apa saja sih sinteron terpanjang yang tayang di Indonesia?

1. Sempat Dicekal

Abad Kejayaan
Abad Kejayaan (via Image Source)

Serial Abad Kejayaan ini mempunyai judul asli King Suleiman atau Muhteşem Yüzyıl. Serial ini sempat mendapat protes keras dari masyarakat Indonesia, karena dinilai melencengkan nilai agama Islam. Hingga ada pemberitahuan bahwa serial ini berkisah tentang Raja Ottoman Suleiman I, kaisar yang memerintah paling lama. Serial ini dibuat sebanyak 139 episode.

2. Elif, Gadis Penarik Hati Ibu-Ibu Indonesia

Elif
Elif (via Image Source)

Serial Elif, adalah serial yang menceritakan tentang seorang gadis kecil, anak dari Melek. Melek terpaksa harus meninggalkan Kenan, meski saat itu ia sedang mengandung Elif. Serial ini langsung mencuri hati penonton di Indonesia, khususnya ibu-ibu. Serial Elif dibuat sebanyak 256, dan kabarnya masih ada season selanjutnya yang masih akan tayang. Wah, ibu-ibu pasti semangat, nih.

3. Tak Akur Di Dunia Nyata

Jodha Akbar
Jodha Akbar (via Image Source)

Jodha Akbar adalah salah satu drama serial sejarah India yang sangat berhasil. Bagaimana tidak, dari pemilihan peran, setting scene, semuanya dibuat sebaik-baiknya. Akting memukau dari Rajat Tokas dan Paridhi Sharma sebagai Akbar dan Jodha adalah hal yang turut menunjang keberhasilan sinetron ini. Siapa sangka, berperan sangat mesra sebagai suami istri dalam 600 episode, ternyata Rajat Tokas dan Paridhi Sharma tidak akur di dunia nyata.

4. Sinetron Indonesia Dengan Season Terbanyak

Cinta Fitri
Cinta Fitri (via Image Source)

Tersanjung sempat menjadi sinetron terpanjang, namun kemudian posisi tersebut tergeser oleh sinetron Cinta Fitri yang bertahan hingga sampai 7 seasons. Sinetron yang bercerita tentang percintaan gadis miskin, Fitri dengan anak orang kaya, Farrel ini sukses mendapat tempat di hati penontonnya, termasuk mantan presiden BJ. Habibie dan istrinya. Tak hanya berhenti di situ, kisah cinta Fitri dan Farrel terus berlanjut hingga ke dunia nyata, loh. Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu kini sedang menanti anak kedua mereka.

5. Sinetron India Yang Paling Dicintai Ibu-Ibu

Uttaran
Uttaran (via Image Source)

Serial India berjudul Uttaran ini adalah serial yang menceritakan tentang persahabatan seorang anak majikan dengan anak pembantu. Namun, sayangnya persahabatan tersebut harus ternodai karena mereka jatuh cinta pada pria yang sama. Serial yang dibuat sebanyak 1549 ini sukses membuat ibu-ibu rajin duduk di depan televisi setiap sore. Saking banyaknya penggemar di Indonesia, ANTV pun akhirnya mendatangkan para pemainnya, loh. Jadi bisa melihat Ichcha dan Tapasha secara live. Oiya, serial ini diproduksi selama 6 tahun di India. Wah, lama juga, ya.

6. Berkali-Kali Mendapat Teguran KPI

Tukang Bubur Naik Haji
Tukang Bubur Naik Haji (via Image Source)

Wah, sinetron Indonesia yang satu ini langsung menggeser Tersanjung dan Cinta Fitri. Tukang Bubur Naik Haji, per tanggal 4 April saja sudah dibuat sebanyak 1949 episode, dan masih akan terus berlanjut. Padahal, pemeran utama dari serial ini sudah lama dibuat meninggal. Serial ini juga cukup sering mendapat teguran dari KPI dikarenakan adegan-adegan yang dinilai tidak mendidik. Pasalnya, serial ini ditayangkan di jam-jam primetime. Wah, masih pada penasaran ujung dari serial ini, kah?

7. Terpanjang Dan Terlama

Anandhi
Anandhi (via Image Source)

Salah, jika kalian menganggap bahwa Uttaran, dengan 1549 episode, dan diproduksi selama 6 tahun adalah sinetron terpanjang. Karena masih ada lagi serial India yang mempunyai episode lebih panjang dari itu. Yaitu Anandhi, serial India yang bercerita tentang anak-anak yang sudah dinikahkan, namun saat beranjak dewasa, keduanya malah jatuh cinta pada orang lain. Anandhi dibuat sebanyak 2499 episode. Di India, serial ini tayang dari tahun 2008, dan hingga kini produksi Anandhi masih belum rampung digarap. Wah, panjang banget, ya.

Nah, itu tadi deretan sinetron terpanjang yang tayang di Indoesia. Sinetron-sinetron ini lah yang membuat ibu-ibu lebih posesif pada remote TV, ya. Bagaimana, kamu nonton yang mana, nih? Next

Apakah Kamu Setuju?