Seleb Indonesia

5 Fakta Tentang Sinetron Stripping Yang Bikin Kamu Syok

Oleh -

Berita Artis – Belakangan ini banyak sekali masyarakat kita yang sangat menggemari berbagai jenis sinetron. Bahkan mereka rela pulang cepat dari tempat kerja agar tak ketinggalan satu episodepun. Namun, tak sedikit pula dari masyarakat kita lain yang malah tak suka dengan sinetron striping satu ini.

Kenapa? Yap, mungkin beberapa fakta di bawah ini yang membuat mereka enggan untuk melihat ataupun mengetahui jalan cerita. Well, bagi kamu yang suka mungkin bakal membuatmu syok. Penasarankan?

1. Jadwal Syuting Gila-Gilaan

Bukan lagi menjadi rahasia umum jika jadwal syuting sinetron striping tak karuan. Bagaimana tidak, karena sinetron yang mereka garap tayang setiap hari dengan waktu yang sama. Bahkan, terkadang adapula dari judul-judul sinetron yang tiba-tiba menambah jam untuk hari-hari khusus.

Syuting Hingga Larut Malam
Syuting Hingga Larut Malam [via instagram]
Hal tersebut membuat jadwal syuting makin tak terkontrol. Belum lagi ada dari kru maupun talent yang datang telat. Sehingga tak heran jika banyak dari mereka yang akhirnya pulang hingga pagi hari. Memang ada? Sebagian besar judul sinetron yang tayang di Indonesia mengalami hal yang sama.

2. Cari Talent Dengan Harga “Murah”

Selain jadwal syuting yang anta berantah, mungkin banyak orang yang tidak tahu dari mana asal para pemain sinetron diperoleh. Pihak produksi memang membuka casting untuk para pendatang baru untuk masuk dalam industri perfilman. Namun, mereka membayar para pemain dengan harga yang sangat murah.

Cari Talent Dengan Harga Murah
Cari Talent Dengan Harga Murah [image source]
Yap, hal ini dikarenakan untuk tidak menambah angaran biaya operasional pembuatan film. Tak hanya itu, kebanyakan sinetron stripping juga hanya menggunakan talent-talent muda ini hanya sebentar dari satu tahun hingga 3 tahunan. Setelah itu, mereka bakal melepas mereka tanpa ilmu akting yang mumpuni. Tak heran kan, era sekarang sedikit sekali artis yang sangat berbakat dalam dunia akting.

3. Alur Cerita Yang Nggak Jelas

Sebuah sinetron bakal menjadi sorotan ketika pertama kali tayang. Dengan wajah baru dan juga cerita yang diprediksikan berbobot bakal hits dan menjadi incaran banyak pencinta sinetron. Namun, hal tersebut hanya bertahan sebentar hingga cerita mulai tak beres.

Alur Cerita Gak jelas
Alur Cerita Gak jelas [image source]
Dari sinilah banyak orang mulai gugur dan meninggalkan sinetron yang ia tonton. Dibalik layar, ternyata pemroduksi film sengaja melakukan hal tersebut. Mereka yang pada awalnya membuat alur cerita apik malah menambahkan dengan alur cerita lain yang membuat sinetron menjadi tak jelas. Well, hal tersebut semata-mata hanya untuk mempertahankan rating tinggi.

4. Suka Tiba-tiba Dipaksa Tamat

Sering melihat jenis sinetron seperti ini? Well, sudah pasti beberapa fakta di atas yang menjadi alasan mereka tamat secara tiba-tiba. Yap, alasan pertama karena mereka sudah kehilangan rating dan tak memiliki penonton sama sekali. Selain tak buang-buang energi, penamatan tiba-tiba ini juga dapat memangkas biaya operasi yang tak murah.

Suka Tiba-tiba Dipaksa Tamat
Suka Tiba-tiba Dipaksa Tamat [image source]
Selain karena rating rendah, pencekalan dari pihak KPI juga membuat sebuah sinetron dihentikan bahkan dirampungkan. Kebanyakan pencekalan tersebut karena banyak dari mereka memberikan tayangan yang tak mendidik dan membuat pandangan negatif di masyarakat. Terkadang adapula dari mereka yang sengaja mengadaptasi drama lain tanpa izin dengan pemiliknya.

5. Tayangan Yang Merusak Atau Mendidik Generasi Muda Bangsa?

Yap, pertanyaan ini mungkin sudah banyak didengar di sekitar kita. Pihak penggagas film dengan lantangnya berbicara bahwa tayangan yang mereka berikan kepada masyarakat sangat mendidik. Bahkan ada di antara mereka yang sengaja membuat vote untuk menunjukkan sisi positif yang didapatkan dari sinetron tersebut.

Tayangan Yang Merusak Atau Mendidik Generasi Muda Bangsa
Tayangan Yang Merusak Atau Mendidik Generasi Muda Bangsa [image source]
Namun apalah daya jika masyarakat sudah mengecap mereka dengan pandangan negatif. Apapun yang mereka lakukan tetap saja dinilai salah. Sehingga tak sedikit dari mereka berkomentar miring dan beranggapan sinetron masa kini merusak generasi muda bangsa. Meskipun disisi lain banyak benarnya.

Well, itulah dia beberapa fakta yang ada di dalam sebuah tayangan sinetron striping. Bagaimana pendapatmu dengan hal tersebut? Sependapat atau memiliki pemikiran lain dengan sinetron striping Indonesia di masa kini? Tulis komentarmu di bawah ini ya! Next

Apakah Kamu Setuju?

[infinitsingle]