Seleb Indonesia

Deretan Sinetron Ramadan Paling Hits Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Oleh -

Sinetron Ramadan menjadi salah satu penghibur orang muslim saat menunaikan ibadah puasa. Ketika puasa akan segera datang, banyak sekali sinetron ramadhan bermunculan dan menghibur pencintanya. Namun, tak semua sinetron tersebut menjadi sorotan apalagi bertahan hingga puasa berikutnya.

Sebaliknya, tak sedikit pula sinetron ramadhan yang hingga kini masih diputar dengan jilid baru. Yah, karena sinetron tersebut sangat fenomenal dan disukai oleh banyak orang. Nah, untuk bernostalgia dengan sinetron ramadan, yuk simak rangkuman sinetron religi paling hits sepanjang masa berikut ini.

1. Kisah Penjaga Masjid dan 3 Muridnya

Para Pencari Tuhan
Para Pencari Tuhan [image source]
Nah, pasti hafal banget dengan sinetron satu ini. Bagaimana tidak, sinetron religi ini tak berhenti diputar sejak tahun 2007 lalu hingga kini. Bercerita tentang penjaga mushola (Deddy Mizwar) yang dengan sudi mengajarkan 3 narapidana (Melky, Aden, Isa) untuk belajar agama, walaupun ilmunya masih belum sempurna. Sinetron ini mendapatkan reaksi positif dari banyak kalangan. Bagaimana tidak, mereka memberikan banyak pembelajaran dengan akting ringan tapi tak terkesan menggurui. Nah, pasti rindu dengan sinetron satu ini kan? Tenang saja, jilid 10 sudah siap rilis kok.

2. Sinetron Ramadan yang Bernuansa Fiksi Ilmiah Terbaik di Indonesia

Lorong Waktu
Lorong Waktu [image source]
Sebelum Para Pencari Tuhan disukai oleh penonton di saat ramadan, ada satu lagi sinetron yang fenomenal hingga saat ini. Ialah Lorong Waktu, sebuah sinetron yang bercerita tentang Haji Husin dan muridnya yang terdiri dari  Zidan, Ustad Addin dan banyak lainnya. Sinetron religi ini sudah rilis sejak tahun 1999 dengan pemain pendukung yang berubah-ubah. Sayang, tahun 2007, sinetron ini tak lagi dirilis lantaran kritikan pedas jika ceritanya menyimpang dari ajaran agama. Pun demikian, sinetron ini sedikit banyak memberikan pesan moral. Bahkan hingga ini masih menjadi sinetron religi paling fenomenal di Indonesia. Setuju kan?

3. Dari Sebuah Film Hingga Dijadikan Sinetron, Masih Jadi Sinetron Idaman Banyak Kalangan

Kiamat Sudah Dekat
Kiamat Sudah Dekat [image soure]
Nah, sinetron religi apalagi yang diadaptasi dari film kalau bukan Kiamat Sudah Dekat. Masih dalam arahan orang yang sama (Deddy Mizwar), sinetron ini tak kalah mencuri perhatian. Para pemainnya pun juga tetap sama hanya tokoh Sarah yang pada awalnya dimainkan oleh Ayu Pratiwi diganti dengan Zaskia Adya Mecca. Jalan cerita sinetron ini cukup menghibur, apalagi kehadiran Saprol dan Kipli yang bikin tertawa. Masih ingatkan dengan sinetron ini?

4. Sinetron Tukang Bubur Naik Haji yang Juga Muncul Versi Ramadannya

Tukang Bubur Naik Haji
Tukang Bubur Naik Haji [image source]
Sinetron ini pertama kali dirilis pada tahun 2012 lalu dan menjadi salah satu sinetron yang memiliki jumlah episode paling banyak. Tukang Bubur Naik Haji sendiri bukan sinetron ramadan. Sinetron ini bercerita mengenai kehidupan masyarakat sehari-hari, di mana ada orang yang benar-benar dermawan dan suka pamer-pameran di depan banyak orang. Meski sinetron ini penuh dengan humor-humor segar, tak dipungkiri banyak sekali pesan-pesan moral yang terkandung dalam ceritanya. Seperti sinetron-sinetron sebelumnya, Tukang Haji Naik Bubur juga hadir versi ramadannya. Ingatkan?

5. Kisah Mbak Hana dan Mas Bram yang Penuh dengan Air Mata

Catatan Hati Seorang Istri
Catatan Hati Seorang Istri [image source]
Kisah Mbak Hana (Dewi Sandra) dan Mas Bram (Asyraf Sinclair) di ramadan tahun lalu cukup menguras perasaan pencinta sinetron Indonesia. Kisah mereka terangkum dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri yang diadaptasi dari sebuah novel laris berjudul sama. Sinetron ini mengisahkan kehidupan Mbak Hana yang diselingkuhi oleh suaminya dengan wanita lain. Meski menguras air mata, sinetron ini masih diselingi dengan humor-humor lucu. Ramadan ini, sinetron Catatan Hati Seorang Istri kembali tayang menemani ibadah puasa orang muslim. Nah, penasaran kan dengan kisah para wanita-wanita cantik yang terluka ini?

Well, itulah 5 sinetron yang paling fenomenal dan hits hingga saat ini. Nah, dari 5 sinetron tersebut, mana nih sinetron unggulanmu? Next

Apakah Kamu Setuju?