Seleb Indonesia

5 Sinetron Indonesia Pemegang Rekor Episode Terpanjang (Ada yang Sampai Ribuan!)

Oleh -

Sudah menjadi kebiasaan bahwa waktu longgar rakyat Indonesia dihabiskan di depan layar televisi. Tak ada bosannya, setiap hari mereka bahkan kita sendiri selalu berkutat dengan tayangan sinetron yang semakin hari semakin bervariasi. Meski judul, pemain dan cerita yang berbeda, kita seakan sudah terdoktrin untuk menonton tayangan rakyat ini sebelum tidur.

Nah, dari banyaknya sinetron yang telah ditayangkan baik di stasiun televisi negeri atau swasta, ternyata ada beberapa sinetron yang memiliki jumlah episode yang banyak. Selain itu, adapula dari sinetron yang disajikan dalam beberapa seri loh. Wah, untuk bernostalgia dengan beberapa sinetron Indonesia, berikut ini Selebupdate rangkumkan 5 sinetron yang memegang rekor episode terpanjang yang di antaranya sampai angka ribuan.

1. Tukang Bubur Naik Haji The Series

Masih menduduki angka pertama sebagai sinetron dengan jumlah episode terbanyak, sinetron yang diproduksi oleh SinemArt ini menjadi salah satu tayangan paling digemari oleh banyak orang Indonesia. Sinetron yang disutradarai oleh H. Ucik Supra ini tak hnaya menghadirkan tayangan untuk menghibur masyarakat, tetapi juga memberikan pendidikan moral bagi penikmatnya.

Tukang Bubur Naik Haji
Tukang Bubur Naik Haji [Image Source]
Masih konsisten hingga kini, Tukang Bubur Naik Haji sudah memiliki lebih dari 1806 episode per tanggal 6 September 2015. Konsistensi dari sinetron ini juga terlihat dari penghargaan yang diterima baik untuk tayangannya sendiri maupun artis yang memerankan tokoh di sinetron satu ini.

2. Tersanjung

Tertinggal jauh dari banyaknya episode yang dimiliki sinetron Tukang Haji Naik Bubur The Series, sinetron Tersanjung hanya memiliki 360 episode dalam penayangannya. Meski begitu, banyaknya episode sinetron satu ini sudah dikatakan banyak di masanya.

Tersanjung
Tersanjung [Image Source]
Tak hanya menghadirkan satu seri saja dalam penayangannya, sinetron yang dibintangi oleh Lulu Tobing, Ari Wibowo, Primus dan Jihan ini ternyata tayang hingga 7 musim dalam kurun waktu mulai tahun 1996 hingga 2005. Bahkan hampir seluruh pemeran utamanya pernah mendapatkan penghargaan.

3. Cinta Fitri

Sempat mendapatkan rekor MURI sebagai sinetron yang memiliki jumlah episode terbanyak, akhirnya film yang dibesut oleh MD Entertaiment ini, kalah banyak dengan sinetron Tukang Haji Naik Bubur. Namun jika melihat berapa banyak seri yang telah dikeluarkan oleh sinetron ini masih terlampau jauh dari Tukang Haji Naik Bubur.

Cinta Fitri
Cinta Fitri [image Source]
Yap, Cinta Fitri masih menyamai rekor Tersanjung sebagai sinetron yang memiliki jumlah seri terbanyak. Pun begitu, sinetron yang diperankan oleh Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar ini masih diingat oleh pecintanya. Apalagi tumpukan penghargaan baik untuk sinetron maupun pemerannya.

4. Si Doel Anak Sekolahan

Dengan jumlah episode mencapai 162, sinetron yang mengusung tema kekeluargaan dan juga budaya ini memang sangat jauh dari rekor juara sinetron dengan jumlah episode terbanyak. Namun, jika melihat jumlah seri tayangan, Si Doel Anak Sekolahan masih menjadi juara bersama dengan Cinta Fitri dan Tersanjung.

Si Doel Anak Sekolahan
Si Doel Anak Sekolahan [Image Source]
Jumlah episode bisa saja sedikit. Namun, sinetron yang disutradarai oleh Rano Karno ini sangat melejit menjadi salah satu acara paling terkenal di awal penayangannya. Bahkan sinetron yang dihuni oleh Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Benyamin Sueb dan Aminah Cendrakasih pernah ditayangkan kembali di tahun 2007 lalu.

5. Raden Kian Santang

Sinetron isu sosial, kekeluargaan hingga percintaan memang mendominasi tema beberapa sinteron di Indonesia. Selain itu tema lain yang juga diminati oleh banyak penikmat sinetron adalah tema laga. Salah satunya adalah sinetron Raden Kian Santang yang diproduksi oleh MD Entertainment.

Raden Kian Santang
Raden Kian Santang [Image Source]
Sinetron yang mengusung tema kolosal ini menceritakan kisah Raden Kian Santang yang merupakan Prabu Siliwangi di Kerajaan Padjajaran. Meski sudah berakhir, pencapaian film satu ini patut diacungi jempol. Ia mendapatkan urutan ketiga sebagai sinetron dengan jumlah episode terbanyak sejumlah 835.

Beberapa sinetron lain juga sempat beradu banyak untuk mendapatkan rekor sebagai sinteron terbanyak di Indonesia. Namun, konsistensi dan kerja keras dalam sebuah tim perlu diperjuangkan agar tidak hanya episode saja yang diperbanyak tetapi juga nilai moralnya yang tersampaikan kepada masyarakat. Setujukan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page