Musik

Sides Hadirkan Sisi Lain Afgan

Oleh -

Delapan tahun berkarir di dunia musik tanah air, Afgan merasa dirinya semakin berkembang dari segi bermusik. Dia pun meluncurkan album baru berjudul Sides. Album garapan Trinity Optima Project ini menjadi pembuktian bahwa dirinya kini telah berevolusi menjadi seorang penyanyi dan penulis lagu yang handal.

Penyanyi solo yang memiliki nama lengkap Afgan Syahreza itu mengatakan akan ada banyak kejutan dalam album terbarunya. Selain mengokohkan prestasi sebagai penyanyi, bakatnya dalam mencipta musik benar-benar diasah di sini. Sepuluh dari tiga belas lagu dalam album ini ditulis sendiri olehnya. Dia juga berusaha keras menyajikan berbagai genre musik seperti, pop, soul, R&B, electronic dance, blues, dan orkestra.

“Saya melihatnya saya lebih evolve sebagai penyanyi dan songwriter. Dibilang naik kelas ya itu balik lagi kepada para pendengar. Sebagai pembuat saya hanya merasa berevolusi saja. Dalam album ini, banyak sisi lain diri saya yang terungkap dan orang belum banyak yang tahu. Album ini menggambarkan mengenai apa yang saya rasakan, karena hampir sebagian besar lagunya saya tulis sendiri,” kata Afgan di Jakarta, Rabu (31/8).

Afgan via republika
Afgan via republika

Menurut pria berdarah Minangkabau ini, selain merasa lebih matang dalam musik, album ini juga memiliki makna tersendiri baginya. Banyak perubahan yang telah dirasakan oleh Afgan seiring perjalanan karirnya selama ini. “Maknanya lebih ke statement aja dari saya bahwa ini Afgan yang sekarang. This is what I went through,” ujarnya.

Sides bisa dibilang sebagai karya ambisius Afgan. Pria kelahiran Jakarta, 27 Mei 1989 ini pun menceritakan pembuatan album ini berawal dari keinginannya punya album berjudul Sides. Dari judul inilah dia mengembangkan konsep dan karyanya. Kehadiran musisi asal Inggris, Mark Hill sebagai produser juga tak bisa dipungkiri menempatkan produksi dan kualitas lagu dalam album Sides ke posisi yang semakin berkelas.

Kolaborasi ini ditunjukkan dalam lagu Brand New Day yang kabarnya menjadi single favorit Mark. Dua lagu lain yang digarap bersama Mark berjudul Count on Me dan Thinkin About. Dalam lagu Rollercoaster dan X, Afgan menggandeng penyanyi dan rapper asal Malaysia, Sonaone. Mereka berkolaborasi dalam lagu, olahan musik, penulisan lirik. Dia menyanyikan lagu karya juara Singapore Idol, Taufik Batisah yang berjudul Knock Me Out.

Afgan juga menggandeng dua penyanyi tanah air, Yura Yunita dan Rayi Putra. Album Sides hadir secara eksklusif dalam aplikasi musik Yonder Music Indonesia dan Malaysia. CD album ini juga dapat diperoleh di 1200 gerai Alfamidi dan Lawson dengan harga Rp 25 ribu. Sides telah terjual hingga 6.000 keping melalui jalur penjualan ini. Next

loading...

Apakah Kamu Setuju?