Seleb Indonesia

Nostalgia 5 Serial Paling HITS Era Tahun 90an, Mana Favoritmu?

Oleh -

Era tahun 90an, dunia hiburan Indonesia disemarakkan oleh sinetron yang seakan menjadi tontonan wajib setiap hari. Tak ketinggalan, serial anak yang selain sebagai penghibur juga membuat anak betah di depan teve seharian.

Berikut ini merupakan 5 serial paling memorable yang populer bagi kalian yang lahir tahun 90an. Nostalgia yuk!

1. Keluarga Cemara

Sebelum sinetron Ganteng-Ganteng Srigala yang sangat populer di kalangan remaja sekarang, anak tahun 90an disuguhkan drama serial Keluarga Cemara yang lebih menekankan pada keluarga dan cara meraih mimpi. Meski sudah lewat satu dekade drama serial tersebut berakhir, namun cerita dan para pemainnya masih melekat di hati.

Keluarga Cemara
Keluarga Cemara

Ditambah lagi, soundtrack Keluarga Cemara yang masih terngiang jelas hingga sekarang. Harta yang paling berharga adalah keluarga.. Istana yang paling indah adalah keluarga.. Puisi yang paling bermakna adalah keluarga.. Mutiara tiada tara adalah keluarga.. Mutiara tiada tara adalah keluarga.

2. Tuyul dan Mbak Yul

Setelah cerita tentang keluarga, serial yang membawakan kisah makhluk lain yang dikemas dalam cerita yang lucu juga tak kalah populer. Salah satunya, Tuyul dan Mbak Yul yang diperankan oleh Ony Syahrial, Dominique Sanda, dan Tia Ivanka. Serial garapan sutradara Arizal ini mencapai puncak kejayaannya pada tahun 2000an.

Tuyul dan Mbak Yul
Tuyul dan Mbak Yul

Ceritanya, Mbak Yul menemukan tuyul kecil yang insyaf bernama si Ucil yang kabur dari dunianya setelah dikejar oleh dua algojo dari bangsanya. Saat lari, Ucil bertemu dengan Si Kentung, tuyul besar yang kemudian menjadi sahabatnya. Dan setelah bertemu dengan Mbak Yul, Ucil pun jadi baik dan suka menolong orang yang susah.

3. Jinny oh Jinny

Tak ketinggalan, serial Jinny oh Jinnya yang juga menjadi tontonan wajib kawula muda 90an. Bagus/Bagas yang diperankan oleh Indra Brugman tidak sengaja menemukan kerang raksasa yang ternyata berisikan jin cantik bernama Jinny. Keduanya pun memutuskan untuk menjadi sahabat. Namun saat Bagus dekat dengan wanita lain, Jinny mulai merasakan cemburu.

Jinny oh Jinny
Jinny oh Jinny

Alhasil, Jinny yang diperankan oleh Diana Pungky suka usil pada wanita yang dekat dengan bagus. Ditambah lagi, dua rekan Bagus yang super kocak yakni Jaka dan Pak Broto. Saking populernya, serial tersebut muncul lagi dengan judul yang beda, Jinny Lagi Jinny Lagi di SCTV dan Untung Ada Jinny di ANTV.

4. Jin dan Jun

Jin dan Jun merupakan sinteron yang tayang dari tahun 1996 dan akhirnya tamat pada tahun 2001. Serial yang dimainkan oleh Sahrul Gunawan ini menceritakan tentang persahabatan antara manusia Junaidi atau Jun dan kaum jim yang super kocak. Apalagi, Om Jin dengan pakaian ala Timur Tengah serta karpet terbang ajaibnya kerap mengerjai teman-teman Jun yang usil.

Jin dan Jun
Jin dan Jun

Pada tahun 2003 hingga 2008, serial Jin dan Jun kembali tayang dengan menghadirkan wajah baru. Tak lagi dimainkan oleh Sahrul Gunawan, Jun kemudian diperankan oleh Didi Riyadi yang tak kalah menyita perhatian penonton.

5. Saras 008

Saras, pahlawan kebajikan, pembela kebenaran, pembasmi kejahatan. Bagi kalian yang lahir di era 90an tentu tidak asing dengan tagline tersebut. Yup, itu merupakan tagline yang sering kalian dengar saat menonton sinetron Saras yang tayang pada tahun 1998 hingga tahun 2000 di Indosiar.

Saras 008
Saras 008

Kostum hitam putih dengan huruf S serta topeng yang menutupi mata menjadi ciri khas sang pahlawan dalam serial Saras 008 saat melawan Mister Blek. Yup, Mister Blek berasal dari planet Crysmon dan ingin menguasai bumi. Namun sayang, aksi jahat Mister Blek dapat dihentikan oleh Saras yang diperankan oleh Cindy Dewiana tersebut.

Di antara serial yang fenomenal di atas, serial mana yang membuat kalian enggan melewatkan satu episode pun? Next

Apakah Kamu Setuju?

[infinitsingle]