Seleb Indonesia

10 Seleb Ngetop di Indonesia Yang Kalah Dalam Pilkada

Oleh -

Belakangan ini, dunia pemerintahan juga ramai diduduki oleh para selebriti. Banyak sekali kalangan artis yang mencoba peruntungan mereka di pilkada yang lalu. Bahkan seakan, tidak cukup mereka melenggang di beberapa stasiun televisi sehingga mereka juga ingin melenggang di dunia pemerintahan.

Para artis ini memang memiliki ‘nama’ yang cukup terkenal di daerah masing-masing. Dan, mudah juga bagi mereka untuk menemukan popularitas di tengah maraknya saingan atau calon-calon kepala darah maupun wakil rakyat lainnya. Namun sayang, hanya mereka yang dipercaya dan dipilih rakyat yang bisa menjadi wakil rakyat atau kepala daerah.

Ada beberapa nama yang terpilih untuk menjadi wakil rakyat dan ada juga nama-nama yang kalah dalam pilkada. Nah, di antara kalangan artis yang mencalonkan diri saat pilkada kemarin, berikut ini adalah daftar mereka yang gagal untuk menjadi pemimpin.

1. Saipul Jamil –  Mencoba Peruntungan Jadi Calon Wakil Walikota

Nama Saipul Jamil juga sangat popular di kalangan masyarakat. Tidak hanya itu, dia juga terkenal kontroversial yang membuat namanya sering kali disebutkan di beberapa berita selebriti. Dengan popularitasnya yang lumayan banyak, mantan suami Dewi Persik ini maju sebagai wakil walikota mendampingi Ruhyadi Kirtam Sanjaya.

Saipul Jamil
Saipul Jamil

Namun sayangnya, dunia politik masih belum berpihak pada Ipul. Dia kalah dalam pilkada di mana dia maju melalui partai PPP. Lawannya dalam pemilihan tersebut memang bisa dikatakan cukup kuat. Sehingga, Ipul pun tak mampu untuk masuk ke putaran yang kedua. Setelah kekalahan tersebut, penyanyi dangdut tersebut pun langsung memangkas rambutnya hingga botak yang diyakini dapat membuang sial.

2. Helmy Yahya –  2 Kali Ikut Pilkada, Kalah Semua

Tidak menyerah setelah kekalahan pada periode pertama, di pilkada tahun selanjutnya nama Helmy Yahya masih terdaftar sebagai calon pemimpin. Jika di periode pertama dia gagal mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Sumetara Selatan pada tahun 2008 yang lalu, di periode selanjutnya dia pun gagal untuk maju sebagai Bupati di salah satu kota di Sumatera Selatan.

Helmy Yahya
Helmy Yahya

Boleh dikata, rakyat masih belum mempercayai Helmy Yahya sebagai pemimpin mereka. Melihat Helmy yang tidak mudah menyerah ini, apakah di periode selanjuta dia masih belum kapok untuk mencalonkan diri? Kita tunggu saja di pilkada selanjutnya.

3. Ikang Fawzi – Bersama Istri, Sama-Sama Kurang Hoki di Bidang Politik

Selain penyanyi dangdut Saipul Jamil, sang rocker pun juga ikut mengadu nasib di dunia pemerintahan. Adalah Ikang Fawzi yang maju mencalonan diri sebagai wakil bupati Lampung Selatan di periode 2010-2014. Namun sayangnya, pemilik nama asli Akhmad Zulfikar Fawzi ini masih belum bernasib baik di pilkada tersebut.

Ikang Fawzi
Ikang Fawzi

Dalam pilkada tersebut, rocker Ikang Fawzi mendampingi Zainudin Hasan yang merupakan adik kandung menteri kehutanan, Zulkifli Hasan. Dan, mereka harus menelan kekalahan karena tidak sanggup melawan pasangan Rycko Menoza dan Eki Setyanto.

 4. Primus Yustisio –  Gagal Pilkada, Jadi Anggota DPR

Tak ketinggalan, aktor tampan juga pernah mencalonkan diri dalam pilkada Subang tahun 2008 yang lalu. Berbeda dengan artis lain yang ada dukungan dari berbagai partai, Primus justru maju secara independen. Dia maju sebagai wakil mendampingi Imas Aryumningsih yang berasal dari partai Golkar.

Primus Yustisio
Primus Yustisio

Dalam pilkada tersebut, suami Jihan Fahira ini harus menelan pahitnya kekalahan. Akan tetapi, kekalahannya dalam pilkada 2008 tersebut tak membuatnya menyerah. Dia tetap terjun ke dunia politik. Dan, dia pun terpilih menjadi anggota DPR yang didukung oleh Partai Amanat Nasional.

5. Dede Yusuf – Maju Yang Kedua, Tumbang Lawan Deddy Mizwar

Pada awalnya, Dede Yusuf merupakan artis yang terjun ke dunia politik dan menjadi wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ahmad Heryawan. Dan, di periode pilkada selanjutnya, pemilik nama asli Yusuf Macan Effendi ini maju mencalonkan diri sebagai Gubernur langsung yang didampingi oleh Lex Laksmana.

Dede Yusuf
Dede Yusuf

Akan tetapi, rakyat masih mempercayakan kursi kepemimpinan pada sang senior Ahmad Heryawan yang didampingi oleh artis kondang Deddy Mizwar. Sehingga, dia juga harus menyerahkan kursi wakil Gubernur pada aktor dan sutradara Deddy Mizwar yang kemudian menggantikannya sebagai wakil Gubernur mendampingi senior Ahmad Heryawan.

6. Emilia Contessa –  Tidak Mau Kalah Dengan Artis Muda

Menapak jejak bu Megawati, Emilia Contessa adalah satu-satunya calon bupati perempuan yang mencalonkan diri di Kabupaten Banyuwangi pada pilkada 2010 kemarin. Dalam pilkada tersebut, dia berpasangan dengan Achmad Zainuri dan mendapat dukungan dari partai Gerindra, PAN, dan Republikan serta lima partai lainnya.

Emilia Contessa
Emilia Contessa

Tapi sayangnya, penyanyi senior ini harus mengakui lawannya, yakni pasangan Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko. Meski sudah mendapat dukungan dari beberapa partai besar, namun suara yang diperoleh masih belum mampu mengantarkannya ke kursi pemerintahan di Banyuwangi.

7. Derry Drajat –  Maju Dari Jalur Independen

Aktor dan presenter Derry Drajat juga pernah mencoba mengadu nasib di dunia pemerintahan. Dia pernah maju mencalonkan diri sebagai wakil walikota Depok mandampingi Gagah Gunu Sumatri pada pilkada 2010 yang lalu. Sama halnya dengan aktor tampan Primus Yustisio, dia maju melalui jalur independen.

Derry Drajat
Derry Drajat

Akan tetapi, dia dan calon walikota harus menerima kekalahan atas pasangan Nur Mahmudi Ismail dan Idris Abdul Somad. Ya, dalam pilkada tersebut, Derry Drajat dan pasangan harus bisa menerima pahitnya kekalahan sebagai walikota dan wakil walikota.

8. Nurul Qomar –  Maju Terus Pantang Mundur

Seakan tak mau kalah dengan para artis dan penyanyi, comedian Nurul Qomar juga turut mencoba peruntungan di dunia politik. Dalam pilkada tahun 2005, personel trio komedi Empat Sekawan ini maju sebagai calon bupati di kabupaten Indramayu yang didampingi oleh Dedi Wahidi. Dan di belakang itu, dia didukung oleh Partai Kebangkitan Bangsa.

Komar
Komar

Namun, apalah daya, Qomar masih belum dipercaya untuk menjadi pemimpin rakyat Indramayu. Dia mengalami kekalahan. Salutnya, kekalahan tak membuatnya menyerah. Dia juga maju untuk anggota DPR RI dan juga berencana untuk maju dalam pilkada Cirebon.

9. Marissa Haque –  Gigih Memperjuangkan Kebenaran

Mungkin, pasangan selebriti Marissa Haque dan Ikang Fawzi sama-sama memiliki darah politik. Sama halnya dengan rocker Ikang Fawzi, Marissa juga mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Banten untuk mendampingi Zulkiflimansyah. Artis cantik yang juga model ini maju dengan dukungan PKS dan PSI.

Marissa Haque
Marissa Haque

Dan, nasib pun berkata sama. Marissa Haque juga kalah telak dalam pilkada 2006 tersebut. Tak hanya itu, bahkan dia juga pernah mencoba melenggang di Senayan beserta anggota DPR lainnya. Namun karena menolak mendukung Raja Atut dan memilih mencalonkan diri, dia akhirnya di pecat. Dan, pada pemilihan legislatif kemarin, presenter ini pun harus menelan kekalahan.

10. Ratih Sanggarwati –  Mantan Model Yang Mencoba Jadi Bupati

Terjun ke dalam dunia politik, model Ratih Sanggarwati juga mencalonan diri untuk menjadi Bupati Ngawi, Jawa Timur pada pilkada 2010 kemarin. Dengan didampingi oleh Khoirul Anam, Ratih mencalonkan diri dengan mendapat dukungan dari partai PPP dan PKB.

Ratih Sanggarwati
Ratih Sanggarwati

Nama Ratih hanya memperpanjang daftar artis yang gagal di pilkada beserta dengan nama-nama kondang yang disebutkan tadi. Ratih beserta Khoirul Anam kalah telak. Mereka harus mengakui kekuatan lawan, yakni pasangan Budi Sulistyono dan Ony Anwar Harsono.

Baca Juga :6 Seleb Pria Indonesia Ini Pilih Jadi Wanita, Apa Alasannya?

Next

Apakah Kamu Setuju?