Entertainment Seleb Indonesia

Sebelum Citra Kirana, 6 Seleb Cantik Ini Dulu Juga Pernah Jadi ‘Biduan Dangdut’

Oleh -

Siapa yang tak kenal dengan Citra Kirana. Seleb satu ini namanya kian melambung usai sukses memerankan tokoh perempuan berhijab bernama Rumana dalam sinetron ‘Tukang Bubur Naik Haji’. Kini Citra kebagian peran dalam sinetron terbaru dari SinemArt yang berjudul ‘Orang-orang Kampung Duku’. Di sini ia tak lagi diminta melanjutkan perannya sebagai wanita yang bersahaja seperti sebelumnya, namun justru memainkan tokoh seorang penyanyi dangdut.

Berperan sebagai penyanyi dangdut tentunya akan jadi tantangan tersendiri bagi Citra. Namun tahukah kamu bahwa sebelum ini, ada cukup banyak seleb Indonesia yang juga pernah kebagian peran serupa di film maupun sinetron? Tidak hanya sekedar numpang lewat, bahkan ada di antara seleb cantik ini yang namanya kian melejit berkat akting memorablenya sebagai biduan dangdut.

Penasaran? Inilah 5 artis cantik Indonesia yang pernah berperan sebagai biduan dangdut.

1. Titi Kamal

Titi Kamal sebelumnya lebih dikenal dengan peran sebagai gadis SMA atau wanita dengan penampilan elegan. Oleh karena itu tidak sedikit pemirsa yang mengangkat alis ketika melihat istri dari Christian Sugiono ini mendapatkan peran utama dalam film ‘Mendadak Dangdut’ yang diarahkan oleh Rudy Soedjarwo.

Di sini Titi memainkan tokoh yang bernama Petris. Ia dikisahkan sebagai vokalis band rock, yang sering berselisih dengan manajernya, Yulia (Kinaryosih). Suatu hari, mereka terlibat dalam kasus ditemukannya heroin dalam jumlah besar. Ogah mendekam di penjara, Petris dan Yulia melarikan diri dari kejaran polisi. Dalam pelarian itu mereka berjumpa orkes dangdut yang membutuhkan penyanyi. Sebagai trik untuk mengelabui aparat, Yulia kemudian meminta Petris untuk naik panggung dengan nama samaran Iis.

Film ini terbilang cukup sukses di pasaran. Akting Titi pun mendapatkan banyak pujian. Selain itu, ia juga menuai sukses lewat aksinya membawakan soundtrack film yang berjudul ‘Jablay’, singkatan dari Jarang Dibelai.

2. Luna Maya

Aktris dan model kelahiran Bali, Luna Maya, ternyata juga pernah mendapat peran sebagai penyanyi dangdut. Ia kebagian tugas menghidupkan tokoh Selasih, di film ‘Janda Kembang’ yang juga dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman dan Rifat Sungkar.

Dalam film yang dirilis pada 2009 ini, Selasih atau akrab dipanggil Asih merupakan warga baru yang datang ke daerah pinggiran Jakarta bernama Pulo Bantal. Asih berprofesi sebagai penyanyi dangdut yang tergabung dalam grup pimpinan Pak Dodi (Ringgo). Wajahnya yang cantik dan suaranya yang merdu membuat banyak pria tertarik padanya. Namun ia kemudian mendapat julukan Janda Kembang karena sering menyendiri dan tak punya pasangan.

3. Audi Marissa

Audi Marissa pernah menguji kemampuan aktingnya dengan memerankan seorang penyanyi dangdut. Kekasih Rayn Wijaya ini sempat mendadak menjadi seorang biduan dangdut, ketika ia memainkan peran sebagai tokoh ‘Mirah Delima’ dalam sinetron yang berjudul ‘Kampung Akik’.

Dalam sinetron yang tayang di SCTV pada 2015 ini, Mirah merupakan seorang penyanyi dangdut yang memiliki kisah asmara dengan seorang pemuda bernama Samsul. Sayang hubungan keduanya tak mendapat restu dari Ibu Mirah, karena status Samsul yang miskin dan menjadi pemulung.

‘Kampung Akik’ ditayangkan selama 14 episode. Berkat perannya sebagai Mirah, Audi Marissa mendapatkan penghargaan sebagai Aktris Pemeran Pendamping Ngetop di SCTV Awards 2015.

4. Dian Sastro

Dian Sastro dikenal sebagai artis yang selektif dalam memilih peran. Oleh karena itu cukup banyak yang penasaran ketika mendengar artis cantik ini terlibat dalam proyek film ‘3 Doa 3 Cinta’. Pasalnya, dalam film ini Dian memainkan peran seorang penyanyi dangdut dengan image seksi dan bercita-cita untuk menjadi artis terkenal.

Film arahan Nurman Hakim ini mempertemukan kembali Dian dengan Nicholas Saputra. Nico memainkan tokoh Huda, seorang anak pesantren yang merantau ke Jakarta demi mencari sang ibu. Di ibu kota ia kemudian bertemu dengan seorang penyanyi dangdut bernama Dona Satelit (Dian). Seiring dengan berjalannya waktu, mulai tumbuh benih-benih cinta di antara mereka berdua.

Akting Dian dan Nico agaknya mampu memuaskan para kritik di luar negeri. Hal ini terbukti dengan kesuksesan ‘3 Doa 3 Cinta’ masuk menjadi nominasi resmi dalam Dubai International Film Festival 2008 dan Busan International Film Festival 2009. Film ini juga mendapat Grand Jury Prize dalam keikutsertaannya di Vesoul Film Festival di Perancis pada 2009.

5. Nirina Zubir

Nirina Zubir juga pernah merasakan sensasi memainkan peran sebagai penyanyi dangdut di layar lebar. Mantan VJ MTV ini pernah memerankan tokoh yang pandai melantunkan lagu berirama melayu dalam film ‘Get Married’.

Dalam film ini Nirina berperan sebagai tokoh bernama Mae, cewek tomboy yang memiliki tiga orang sahabat Eman (Aming), Beni (Ringgo Agus Rahman), dan Guntoro (Desta). Dikisahkan bahwa orang tua Mae khawatir sikap tomboy putri mereka akan membuatnya tak bisa mendapatkan jodoh dan menikah.

Mae sendiri memang tidak dikisahkan sebagai penyanyi dangdut dalam film ini. Namun ada satu scene di mana ia menyanyikan lagu lawas ciptaan A Rafiq yang berjudul ‘Pandangan Pertama’, namun dengan aransemen bernuansa rock dari band Slank.

Nggak selamanya musik dangdut itu kampungan, justru musik asli Indonesia ini harus kita lestarikan sebelum keburu diklaim sebagai budaya negara lain. Next

Apakah Kamu Setuju?