January 6, 2024

Rich Chigga, rapper muda Indonesia

Musik sudah menjadi bagian dari hidup. Berbagai acara yang dirayakan pun pasti juga ditemani musik yang mendukung. Penghargaan terhadap musik juga tak main-main. Meski sendiri terdiri dari banyak genre. Ada rock, jazz, pop, hip hop, bahkan dangdut yang merupakan khas dari negara tercinta kita, Indonesia.

Rich Chigga, rapper muda belia Indonesia ini menggebrak dunia musik. Tak hanya di tanah air, Rich Chigga ternyata juga menggemparkan dunia musik Hollywood. Video musik isengnya yang berisi dirinya yang sedang bernyanyi rap, ternyata mampu menarik perhatian banyak musisi hip hop di Hollywood. Siapa sih Rich Chigga ini?

1. Rapper Muda Tanah Air

Brian Imanuel saat kecil
Brian Imanuel saat kecil

Masih sangat muda, Rich Chigga yang terlahir dengan nama Brian Imanuel ini ternyata baru saja menginjak usia 16 tahun. Saat ini Brian sedang menjalani home schooling. Musik hip hop yang diusungnya dalam video klip rap yang berjudul Dat $tick ternyata menarik perhatian dari banyak pihak. Banyak yang kagum dengan kreatifitas anak muda seperti Brian ini. Namun, tak sedikit pula yang meremehkan dan menyebut bahwa kepopuleran Brian sebagai Rich Chigga tak akan bertahan lama seperti artis yang terkenal lewat sosial media lainnya.

2. Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Rich Chigga belajar bahasa Ingrris secara otodidak
Rich Chigga belajar bahasa Ingrris secara otodidak

Musik hip hop dengan nyanyian ala rap yang dilakukan oleh Rich Chigga menggunakan bahasa Inggris di keseluruhan liriknya. Banyak orang yang menganggap bahwa Brian Imanuel adalah salah satu anak ingusan dari California yang sedang menghabiskan waktu bermain bersama dengan teman-temannya. Lalu, Brian pun memberi konfirmasi bahwa dirinya lahir dan besar di Jakarta. Pun Brian mengakui bahwa dirinya belum pernah sekali pun menginjakkan kakinya di Amerika serikat. Brian menjelaskan bahwa bahasa Inggrisnya bisa sesempurna itu adalah hasil dari belajarnya secara otodidak dari internet. loh.

3. Rapper Kulit Putih Selain Eminem

Brian Imanuel, aka Rich Chigga
Brian Imanuel, aka Rich Chigga

Seperti yang kita tahu, selama ini rapper yang melanglang buana di blantika musik Hollywood adalah berkulit hitam. Saat Eminem muncul sebagai rapper kulit putih dengan percaya diri pun sempat mendapat cibiran. Rich Chigga rupanya sempat pula disinggung perihal ini. Namun, bukannya menjawab, Chigga hanya menjelaskan bahwa ia tak ingin membahas masalah ras sedikitpun. Hal ini dikarenakan, hingga kini ras masih menjadi isu penting, terlebih di luar sana, Amerika.

4. Video Klip Amatirnya Ditonton Lebih dari 11 Juta Kali

Rich Chigga saat tampil di WTF 2106
Rich Chigga saat tampil di WTF 2106

Video klip musik pertamanya, yang berjudul Dat $tick, diunggah pada awal bulan 2016 ini. Tepatnya pada tanggal 22 Februari 2016, Brian Imanuel dengan nama panggungnya, Rich Chigga mengunggah video musik rap pertamanya. Hingga kini, baru berselang 6 bulan saja, video Chigga sudah diputar lebih dari 11 juta kali, loh. Sejak menjadi fenomena di dunia maya, tawaran bernyanyi live pun berdatangan. Akhirnya, untuk pertama kalinya, Chigga tampil live di We The Fest 2016. Penampilan Chigga pun mendapat sambutan yang sangat hangat.

5. Dapat Pujian dari Para Rapper Dunia


Diputarnya video musik Chigga hingga jutaan kali ini tak lepas dari pengaruh komentar-komentar positif yang dilontarkan oleh rapper kelas dunia. Para musisi dunia di genre musik serupa seperti Flatbush Zombies, 21 Savage, Cam’ron, dan Ghostface Killah ternyata memberi respon positif pada kreatifitas Chigga, loh. Jadi, meski banyak yang mencibir, Chigga memutuskan untuk terus bermusik dan berkarya. Wah, ditunggu nih album studionya, ya Chigga.

Well, rasanya bukan sekali ini saja artis tanah air yang kreatif mendapat kecaman dari negeri sendiri, sedangkan mendapat pujian dari luar negeri. Hmm, kalau si artis memilih berkarya di luar negeri nanti dibilangnya nggak sayang Indonesia. Bagaimana menurutmu, nih?..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *