Seleb Indonesia

Mengenal Putri-Putri Cantik di Balik Tembok Keraton Yogyakarta

Oleh -

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar istilah putri raja? Cantik, pintar dan memiliki sifat dan kepribadian yang tak kalah anggun dari rupanya? Ya, Anda harus tahu jika putri raja semacam itu juga ada di Tanah Air kita, tepatnya di Yogyakarta.

Baca Juga: Deretan Istri Komedian Indonesia Yang Cantik dan Mempesona

Yogyakarta dan sekitarnya memang menjadi pusat kebudayaan turun-temurun yang tak lekang oleh zaman. Di daerah ini terdapat keraton tempat tinggal seorang sultan yang hingga saat ini masih langgeng sebagai simbol sejarah dan budaya Indonesia yang teramat kaya. Di balik tembok keraton itulah lahir putri-putri cantik sultan. Termasuk lima orang Putri Sultan Hamengkubuwono X yang saat ini sedang berkuasa berikut ini.

1. GKR Mangkubumi

GKR Mangkubumi sebelum menikah memiliki nama asli Nurmalita Sari. Lahir sebagai putri tertua Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan Ratu Hemas. Sebagai putri tertua banyak sekali peranan dan tugas yang diemban oleh GKR Mangkubumi. Baik di dalam maupun di luar keraton.

GKR Mangkubumi
GKR Mangkubumi [image source]
Keaktifannya di berbagai kegiatan sosial membuatnya dikenal sebagai seorang wanita hebat yang menjadi sumber inspirasi. Apalagi setelah ia menerima gelar sebagai Ratu Mangkubumi, gelar yang menandakan bahwa Sultan telah mengangkatnya menjadi seorang pewaris tahta. Meski sempat dirundung konflik internal dengan kerabat keraton lainnya, GKR Mangkubumi tetap berusaha menjadi seorang putri raja yang baik dan patuh pada orang tuanya. Next

Selanjutnya: GKR Condrokirono

Apakah Kamu Setuju?